• shopee-bigramadhansale-1920x745

HDL Kolesterol

HDL Kolesterol – Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata kolesterol? Kebanyakan pasti berpikir kalau hal yang satu ini jahat dan tidak baik untuk tubuh karena dapat mengganggu kesehatan. Nyatanya, kolesterol tidak melulu jahat, lho.

Meskipun bisa membahayakan kesehatan, kolesterol juga dibutuhkan tubuh, karena setidaknya ada dua jenis utama, yakni HDL (high-density lipoprotein) si kolesterol baik dan LDL (low density lipoprotein) si kolesterol jahat. Kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu kolesterol baik atau HDL kolesterol, dan bagaimana cara mendapatkannya. Yuk, simak pada artikel berikut ini.

HDL Kolesterol Adalah...

HDL Kolesterol Adalah…

Seperti sudah disinggung sebelumnya, HDL memang dikenal dengan sebutan kolesterol baik. Tentu hal tersebut bukan tanpa sebab, karena HDL memang merupakan lipoprotein berdensitas tinggi yang terbentuk dari protein dan lemak. Nah, predikat HDL sebagai kolesterol baik ini didapat karena HDL dapat mengangkut kolesterol ‘jahat’, trigiliserida, lipoprotein berdensitas rendah, serta lemak berbahaya dan mengembalikannya ke dalam hati untuk diproses dan diurai. Maka, ketika HDL kolesterol telah mencapai hati, nantinya hati akan mengurai LDL lalu mengubahnya menjadi empedu dan akhirnya akan mengeluarkannya dari tubuh. Selain itu, sebuah riset juga telah membuktikan bahwasanya orang-orang dengan kadar kolesterol HDL sehat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit arteri koroner.

Berapa Kadar HDL Kolesterol Normal?

Berapa Kadar HDL Kolesterol Normal?

Pada dasarnya, kadar ideal HDL di dalam tubuh adalah 60 miligram/desiliter (mg/dL) atau lebih. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kadar HDL dalam tubuh stabil di kisaran 40 sampai 60 mg/dL. Sebuah organisasi yang berfokus pada kesehatan hati, American Heart Association, juga menganjurkan kita untuk rutin menjalani pemeriksaan kolesterol begitu memasuki usia 20 tahun. Semakin cepat mendeteksinya bersama dokter, tentu semakin baik. Maka, jika tubuh seseorang memiliki kadar LDL yang tinggi dan kadar HDL yang rendah, dokter mungkin akan fokus memberikan penanganan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Pada kasus tersebut, biasanya dokter akan meresepkan obat statin, seperti atorvastatin dan simvastatin sebagai penanganan kondisi tersebut.

HDL Kolesterol Tinggi, Apa Artinya?

HDL Kolesterol Tinggi, Apa Artinya?

Namun, bagaimana jika kadar HDL dalam tubuh justru amat tinggi? Penelitian menunjukkan bahwa kadar HDL yang meningkat hingga melebihi 90 mg/dL tidak juga memberikan manfaat lebih banyak. Justru hal tersebut dapat membahayakan tubuh. Hal tersebut sudah diteliti pada sebuah riset yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan kadar HDL yang sangat tinggi memiliki risiko kematian dan penyakit kardiovaskular lebih tinggi.

Sementara itu, penyebab tingginya kadar HDL kolesterol dalam tubuh sendiri dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, faktor genetik, gaya hidup, dan karena adanya penyakit penyerta atau bawaan. Kadar HDL yang tinggi juga tak selalu dapat dijadikan sebagai prediktor kesehatan karena fungsinya yang dapat terganggu pada beberapa kondisi. Contohnya pada pasien dengan diabetes mellitus, penyakit koroner, wanita yang sudah menopause, dan penyakit ginjal kronis.

Lalu, Bagaimana Cara Menurunkan HDL Kolesterol?

Lalu, Bagaimana Cara Menurunkan HDL Kolesterol?

Apabila kadar HDL jenis tertentu terlalu tinggi, seperti jenis HDL-C, dapat membahayakan kesehatan khususnya pada beberapa orang dengan kondisi khusus. Maka, untuk mengatasinya, kamu dapat menjaga kadar HDL tetap normal dengan membatasi asupan gula serta makanan dan minuman manis, mengurangi santapan yang mengandung kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans, serta meningkatkan konsumsi lemak tidak jenuh tunggal. Kamu juga bisa menambah asupan plant stanol sebanyak 2 gram per hari, mengonsumsi sayur dan berolahraga secara teratur.

HDL Kolesterol Rendah, Apa Artinya?

HDL Kolesterol Rendah, Apa Artinya?

Sementara kondisi kadar HDL disebut rendah apabila berada di angka kurang dari 40 mg/dL. Usahakan supaya kadar HDL pada tubuh berada pada kisaran 40 dan 60 mg/dL dan di atas 60 mg/dL merupakan kadar yang optimal. Jika kolesterol HDL rendah, berakibat memicu menyempitnya atau pengapuran pembuluh darah yang lebih dikenal dengan sebutan aterosklerosis. Lebih jauh lagi, para ahli dari American Heart Association menyebutkan bahwa, kondisi ini merupakan faktor penyebab dari serangan jantung, gejala gagal jantung, dan gagal ginjal.

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan HDL Kolesterol?

Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan HDL Kolesterol?

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. HDL kolesterol dapat meningkat apabila kamu mengonsumsi asam lemak Omega 3, konsumsi buah dan sayur, serta olahraga yang rutin agar tubuh selalu bugar. Atau, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen seperti Original-E untuk meningkatkan HDL kolesterol dan vitamin E dalam tubuh.

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah yang Ditandai dengan Tingginya Tekanan Darah Disebut

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah yang Ditandai dengan Tingginya Tekanan Darah, Disebut?

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah yang Ditandai dengan Tingginya Tekanan Darah, Disebut? – Sistem peredaran darah atau yang biasa disebut dengan sistem kardiovaskuler merupakan sistem organ yang berfungsi untuk mendistribusikan oksigen serta zat dan nutrisi penting ke dalam sel, begitu juga sebaliknya. Sistem ini juga membantu menstabilisasi suhu dan pH tubuh. Terganggunya sistem peredaran darah …

Penyakit pada Sistem Peredaran Darah yang Ditandai dengan Tingginya Tekanan Darah, Disebut? Selengkapnya »

Sayuran Penurun Kolesterol

7 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol, Apa Saja?

Sayuran Penurun Kolesterol – Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan zat kolesterol untuk tubuh. Contohnya seperti pembentuk sel, pembentuk hormon, pelindung tubuh dari berbagai penyakit, hingga pembentukan empedu. Akan tetapi, jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol terlalu banyak, maka hal itu malah menimbulkan penyakit. Jenis-jenis Sayuran Penurun Kolesterol Jenis kolesterol yang membahayakan tubuh adalah kolesterol …

7 Jenis Sayuran Penurun Kolesterol, Apa Saja? Selengkapnya »

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah?

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah? – Tersumbatnya aliran darah seseorang, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. Pasalnya, darah berperan penting sebagai pembawa oksigen ke otak. Terganggunya aliran darah tentu akan berdampak pada kinerja otak dalam menggerakan tubuh. Hal ini dikarenakan organ dan jaringan tubuh terhubung dengan pembuluh darah …

Cara yang Benar untuk Menjaga Kesehatan Alat Peredaran Darah Adalah? Selengkapnya »

Kandungan Kolesterol dan Kalori yang Cukup Tinggi Juga Dapat Menyebabkan

Kandungan Kolesterol dan Kalori yang Cukup Tinggi Dapat Menyebabkan Apa Saja?

Kandungan Kolesterol dan Kalori yang Cukup Tinggi Juga Dapat Menyebabkan – Jika kita berbicara tentang kolesterol dan kalori, maka selalu berhubungan dengan penyakit. Padahal, kedua senyawa ini sejatinya sudah ada di dalam tubuh kita. Hanya saja, ketika jumlah kolesterol maupun kalori sudah berlebihan di dalam tubuh, maka hal tersebut bisa berdampak buruk. Hubungan Kolesterol dan …

Kandungan Kolesterol dan Kalori yang Cukup Tinggi Dapat Menyebabkan Apa Saja? Selengkapnya »

10 Makanan Penurun Kolesterol

10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

10 Makanan Penurun Kolesterol – Salah satu faktor penentu kadar kolesterol di dalam tubuh kita adalah makanan. Apalagi, sekarang kita sering menemukan berbagai jenis makanan baru yang dapat menggugah selera. Akan tetapi, di balik makanan yang enak tersebut dapat memicu penyakit yang membahayakan tubuh seperti kolesterol. Seberapa Besar Efek Makanan Terhadap Kolesterol? Pengaruh makanan pada …

10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja? Selengkapnya »