• shopee-bigramadhansale-1920x745

Desinfektan

Desinfektan – Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, penggunaan masker dan cairan pembersih tangan seperti hand sanitizer, antiseptik, dan desinfektan begitu dibutuhkan. Berbicara tentang desinfektan, cairan yang satu ini memang begitu ramai dibicarakan sejak kemunculan pandemi Covid-19. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu apa itu cairan desinfektan. Nah, jika kamu penasaran mengenai apa artinya, berikut ulasannya.

Cairan Desinfektan Adalah...

Cairan Desinfektan Adalah…

Pada dasarnya, desinfektan adalah sebuah cairan kimia yang digunakan sebagai penghambat atau bahkan pembunuh sebuah mikroorganisme di benda mati. Berbagai mikroorganisme yang bisa mati oleh desinfektan antara lain, bakteri, virus, dan jamur. Cairan desinfektan ini memang mengandung alkohol sebanyak 60 hingga 70% dengan tambahan zat antiseptik lainnya.

Jenis-jenis Desinfektan

Jenis-jenis Desinfektan

Ada berbagai jenis desinfektan yang perlu kamu ketahui. Simak berikut ini.

1. Alkohol

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa cairan desinfektan mengandung alkohol. Perlu kamu ketahui bahwa alkohol sendiri merupakan senyawa kimia yang paling sering digunakan sebagai bahan desinfektan. Umumnya, desinfektan jenis alkohol sering kamu temukan di rumah sakit ataupun di tempat kesehatan lainnya.

2. Aldehid

Selain alkohol, jenis desinfektan lainnya yang sering digunakan adalah aldehid. Bisa dikatakan, aldehid memiliki sifat sporicidal dan juga fungisida. Untuk kamu yang belum tahu, aldehid sendiri memiliki sifat sporicidal dan juga fungisida. Maka dari itu, untuk membasmi jamur yang menempel pada benda-benda mati, aldehid lebih sering digunakan.

3. Klorin

Nama klorin mungkin cukup sering didengar oleh sebagian orang. Klorin memiliki asam hipoklorit yang dapat menghambat terjadinya oksidasi glukosa dalam sel mikroorganisme. Dengan melakukan penghambatan tersebut, maka sel mikroorganisme tersebut akan sulit berkembang biak dengan cepat.

4. Iodin

Jenis desinfektan pada iodin sering digunakan pada proses desinfektan air pada skala lebih kecil. Dengan menggunakan dua tetes iodin bisa membuat air yang keruh menjadi jernih. Sayangnya, iodin ini sulit mematikan spora dan non korosif. Namun, iodin sangat efektif untuk mematikan hampir semua sel bakteri.

5. Fenol

Jenis desinfektan yang terakhir adalah Fenol. Dengan menggunakan bahan antibakteri yang konsentrasinya sebesar 1 sampai 2 persen, fenol sangat ampuh membunuh bakteri. Sifat dasar fenol adalah stabil, toksik, tahan lama, berbau menyengat, dan bahkan jika tersentuh bisa menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati saat menggunakan fenol tersebut.

Berbagai Macam Kegunaan Desinfektan

Berbagai Macam Kegunaan Desinfektan

Kegunaan desinfektan sendiri cukup beragam, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Membersihkan benda-benda yang sering dipegang

Berbeda dengan hand sanitizer yang lebih berfungsi membersihkan bakteri dan virus pada tangan, untuk cairan desinfektan sendiri lebih sering digunakan untuk membersihkan benda-benda yang kotor seperti pegangan pintu, meja, lantai, dan lain sebagainya. Cairan desinfektan juga sangat jarang dipakai pada kulit karena bisa memicu iritasi maupun kanker.

2. Membunuh mikroorganisme dengan sangat cepat

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yakni dapat membunuh mikroorganisme dengan sangat cepat. Berbagai macam mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur dapat dibersihkan dengan memakai cairan satu ini. Namun, tentunya harus menggunakan jenis cairan yang tepat agar para mikroorganisme tersebut dapat mati.

Cara Membuat Larutan Desinfektan

Cara Membuat Larutan Desinfektan

Selain bisa membelinya di apotek, kamu juga bisa membuat larutan desinfektan sendiri. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

Alat yang disiapkan:

  • Botol semprot.
  • Botol kaca yang memiliki tutup.
  • Gelas ukur.
  • Kain microfiber atau lap flanel (bisa juga kain lembap).
  • Sarung tangan (sebaiknya yang sekali pakai).
  • Masker bedah atau masker operasi.

Bahan yang disiapkan:

  • 2 sendok makan atau sekitar 30 ml cairan pemutih pakaian pada satu liter air.
  • Air bersih.

Cara pembuatan:

  • Tuanglah cairan pemutih tadi pada botol kaca. Setelah itu, tambahkan air dengan perbandingan 1:2.
  • Selanjutnya, tutup botol kaca tersebut dan kocok dengan perlahan.
  • Kocoklah sampai air terlihat sudah berwarna putih keruh layaknya pemutih.
  • Jika sudah terlihat bercampur, silahkan bagi larutan cairan pemutih pakaian tersebut pada botol semprot yang sudah disiapkan.
  • Larutan desinfektan pun sudah siap dipakai. Kamu bisa memakainnya sesuai kebutuhan.

Itulah pengertian cairan desinfektan dan manfaatnya. Semoga kamu selalu terjaga dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Kebutuhan Vitamin D Per Hari

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19?

Kebutuhan Vitamin D Per Hari – Di tengah kasus jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 semakin banyak, menjaga kebersihan diri dan juga memperkuat sistem imun tubuh adalah kunci utama agar tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh adalah vitamin D. Jenis vitamin satu ini bersifat larut dalam lemak. Dengan …

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19? Selengkapnya »

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati

Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati?

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati – Pandemi virus Covid-19 belum juga menemukan jalan keluarnya, khususnya di Indonesia. Protokol kesehatan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya, virus ini dapat menyebar secara cepat dari interaksi sehari-hari. Virus Covid-19 juga dapat bertahan hidup di benda-benda mati. Sebuah studi menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup …

Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati? Selengkapnya »

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim – Pandemi virus Covid-19 di Indonesia belum kunjung menemukan titik akhir. Bahkan, semenjak awal kemunculannya hingga kini, jumlah kasus positif virus Corona kian meningkat. Menjelang akhir tahun 2020 jumlah penyebaran virus meningkat dengan drastis. Berdasarkan data dari Worldometers.info, kasus Covid-19 di seluruh dunia pada Minggu pagi (27/12/2020) yakni mencapai …

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya Selengkapnya »

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri? Ini Jawabannya

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri – Corona menjadi sebuah virus yang sangat populer sepanjang tahun 2020. Bermula di Tiongkok, hanya dalam beberapa bulan saja virus ini menyebar ke berbagai belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia. Salah satu hal yang membuat virus Corona ini populer adalah sulit untuk menanganinya. Penularannya bekerja sangat cepat dan penyembuhannya membutuhkan waktu. …

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri? Ini Jawabannya Selengkapnya »

Virus Corona Menyebar Melalui

Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini

Virus Corona Menyebar Melalui – Adakah yang belum mengenal Covid-19 atau virus Corona? Kita semua seharusnya sudah tidak asing lagi, karena virus yang satu ini sudah mengubah cara hidup orang-orang yang tinggal di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Virus ini mulanya muncul di China. Hanya dalam waktu beberapa bulan, virus Corona mulai menyebar ke seluruh …

Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini Selengkapnya »