• shopee-bigramadhansale-1920x745

Batu Ginjal

Batu Ginjal – Salah satu penyakit yang akan mengganggu proses di dalam tubuhmu adalah batu ginjal. Batu ginjal perlu kamu waspadai karena terbilang cukup banyak diderita oleh orang Indonesia. Gangguan pada ginjal ini bahkan bisa mengancam nyawa seseorang.

Batu ginjal adalah penyakit yang terjadi akibat ada tumpukan garam dan mineral yang mengeras di dalam ginjal. Seperti namanya, terbentuk batu di dalam ginjal, yang perlu segera dikeluarkan. Ketika batu keluar, rasanya akan sangat sakit. Dalam istilah medis, penyakit ini dikenal sebagai renal lithiasis.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Adalah...

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Adalah…

Penyebab penyakit batu ginjal adalah hal pertama yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, selanjutnya akan lebih mudah untuk kamu melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengobatan. Ini dia beberapa penyebabnya.

1. Kurang minum air putih

Orang sering bilang, ‘minum yang banyak, nanti sakit ginjal’. Saran seperti ini harus kamu dengarkan, lho. Karena betul, tubuh membutuhkan asupan cairan setiap harinya. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan mineral mudah mengkristal. Hal tersebutlah yang akan menjadi batu ginjal.

2. Terlalu banyak protein hewani

Makan daging merah memang baik, tapi kalau terlalu banyak tentunya berbahaya. Tidak hanya daging merah saja, tapi kerang-kerangan juga. Protein hewani tinggi di dalamnya dapat meningkatkan asam urat, menurunkan kandungan sitrat, serta menambah kadar keasaman pada air seni. Peningkatan asam urat ini tidak hanya membuat gangguan pada persendian, tetapi juga menyebabkan batu ginjal.

3. Konsumsi garam berlebih

Untuk kamu yang suka makanan asin, hati-hati, ya. Sebab, makanan yang tinggi garam atau sodium dapat menjadi penyebab batu ginjal. Makanan bergaram tinggi dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium di ginjal. Kurangi juga mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan kalengan dan makanan yang diawetkan, ya.

4. Konsumsi oksalat yang tinggi

Makanan tinggi oksalat dapat ditemui pada makanan-makanan sehat dan sayur-sayuran, seperti bayam, belimbing, kacang-kacangan, buah bit, dan lain-lain. Makanya, penting untuk memasukkan nutrisi kalsium pada tubuhmu. Kalsium dapat membantu tubuh memproses oksalat dan mengikatnya bersama kalsium di dalam pencernaan. Dengan begitu, tidak ada pengendapan pada organ ginjal yang selanjutnya menjadi batu ginjal.

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Ciri-ciri Penyakit Batu Ginjal

Ada ciri-ciri penyakit batu ginjal yang wajib kamu ketahui jika sudah cukup parah. Artinya, batu yang terbentuk dalam organ ginjalmu sudah cukup besar. Berbeda jika ukuran batu yang ada di dalam tubuhmu masih relatif kecil, kamu tidak akan menunjukkan gejala apapun. Ciri-ciri penyakit batu ginjal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Air kencing berwarna pink, merah, atau coklat.
  • Rasanya sakit sekali ketika buang air kecil.
  • Air kencing berdarah.
  • Ada bau busuk pada urine.
  • Sering tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil.
  • Buang air kecil dalam jumlah sedikit.
  • Demam apabila terdapat infeksi.
  • Pusing dan muntah.
  • Sakit yang teramat sangat pada perut bagian bawah.
  • Rasa sakit yang ditimbulkan juga bisa berganti-ganti lokasi tergantung ke mana batu tersebut bergerak. Paling sering adalah ketika batu melintasi saluran kandung kemih.

Itulah beberapa ciri-ciri penyakit batu ginjal. Untuk pencegahannya, simak poin selanjutnya berikut ini.

Pencegahan Batu Ginjal

Pencegahan Batu Ginjal

Ada cara yang baik dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit batu ginjal. Dengan sedikit ulasan soal apa penyebabnya, semakin tergambarkan kalau ada beberapa hal yang perlu kamu hindari. Ada beberapa pantangan makanan yang harus kamu perhatikan. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

1. Garam

Penumpukan garam bisa menyebabkan batu ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari menambahkan garam pada makanan kamu, ya. Jangan lupa juga untuk selalu periksa label pada produk olahan untuk mengetahui kadar natrium di dalamnya.

2. Protein hewani

Protein hewani jelas sangat diperlukan tubuh. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah membatasinya. Beberapa protein hewani seperti daging merah, babi, ayam, unggas, ikan, dan telur sebetulnya bisa mengurangi zat kimia dalam urine atau sitrat. Jika sitrat dalam tubuh berkurang dari yang seharusnya, maka pembentukan batu ginjal dapat terjadi.

3. Gula tambahan

Sama seperti pantangan untuk penyakit lainnya, konsumsi gula berlebih juga tidak baik untuk tubuh. Makan dan minuman olahan yang mengandung gula tambahan pun perlu kamu hindari. Sebab, konsumsi sukrosa dan fruktosa yang berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Pengobatan Batu Ginjal

Pengobatan Batu Ginjal

Batu ginjal yang tertinggal di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi, misalnya saja gagal ginjal. Agar terhindar dari hal tersebut, kamu harus segera mengobati batu ginjal. Penanganannya berbeda-beda, tergantung jenis batu dan penyebabnya. Tetapi, secara umum, inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan.

1. Perawatan batu ginjal di dokter

Cara pengobatan batu ginjal yang paling mudah dan pasti adalah mengonsultasikannya dengan dokter. Dokter akan memberikan perawatan medis yang tepat untuk tubuhmu. Misalnya saja, laser pada batu ginjal. Tapi, ada beberapa prosedur perawatan batu ginjal lain di dokter yang perlu kamu tahu.

Pertama, terapi medis tertentu. Jenis pengobatan ini biasa disebut alpha blocker. Terapi ini akan membuat otot ureter terasa rileks sehingga batu bisa keluar dari saluran kencing dengan mudah, dan tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Kedua, operasi batu ginjal. Operasi ini dilakukan jika pengobatan biasa masih belum bisa mengatasi penyakit batu ginjal. Dalam hal ini, batu pada ginjal akan di-laser. Untuk mengikisnya, maka laser batu ginjal perlu segera dilakukan.

Operasi lainnya yaitu membedah ginjal untuk mengangkat batu melalui sayatan di belakangnya. Atau, bisa juga dengan memasukkan tabung tipis ke dalam uretra.

2. Diet sehat

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengobati batu ginjal adalah diet sehat. Diet sehat merupakan salah satu perawatan alami untuk penyakit batu ginjal. Pada metode ini, kamu harus memilih makanan yang disarankan atau disebut baik untuk melindungi ginjal. Di antaranya adalah kacang merah, seledri, kemangi, anggur, apel, dan buah delima.

Batu ginjal bukan penyakit yang bisa kamu sepelekan. Semoga dengan rangkuman lengkap soal batu ginjal ini, kamu bisa menghindari penyakit ini. Perhatikan penyebab, gejala, pencegahan, hingga pengobatan batu ginjal di atas, ya.

Gejala Sakit Ginjal pada Pria

Berikut Gejala Sakit Ginjal pada Pria yang Jarang Diketahui

Gejala Sakit Ginjal pada Pria – Ginjal merupakan salah satu organ yang berada di bagian belakang atas tubuh kita. Dengan adanya ginjal, maka racun di dalam tubuh kita bisa disaring dan nantinya akan dibuat melalui urine maupun feses. Tidak hanya itu saja, ginjal di dalam tubuh juga dapat mengatur tekanan darah hingga menstimulasi produksi sel-sel …

Berikut Gejala Sakit Ginjal pada Pria yang Jarang Diketahui Selengkapnya »

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang rutin mengeluarkan pembuangan tubuh seperti urine. Semakin banyak kamu minum air putih, semakin lancar pula pembuangan urinemu. Tanda urine yang sehat adalah yang tidak berwarna, karena artinya cairan dalam tubuhmu mencukupi. Jika saluran urine kamu sedang tidak sehat, ada beberapa gejala …

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami dan Cepat Selengkapnya »

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri – Hampir setiap orang pasti pernah mengalami keluhan sakit perut. Sakit perut bisa dirasakan berbeda pada tiap orang tergantung pusat sakit yang ia derita. Bisa saja sakit perut yang diderita hanya terasa nyeri hanya pada bagian kanan atau kiri saja. Nah, artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai sakit …

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri Selengkapnya »

Cara Mengobati Kaki Bengkak

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak

Cara Mengobati Kaki Bengkak – Kaki yang sehat akan menunjang tubuh melakukan banyak kegiatan fisik. Tapi, ada juga kondisi di mana kaki sedang tidak sehat. Misalnya kaki membengkak karena aktivitas fisik yang berlebihan. Kaki bengkak bisa kamu alami karena berdiri terlalu lama. Atau, bisa juga karena kamu duduk dengan posisi kaki yang tidak diubah-ubah dan …

Penyebab dan Cara Mengobati Kaki Bengkak Selengkapnya »

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Bisa Kamu Lakukan

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting. Fungsinya sendiri adalah dapat menyaring zat-zat sisa yang nantinya akan keluar sebagai urin. Selain itu, ginjal juga berfungsi menyaring ada racun pada makanan atau minuman yang kita konsumsi. Racun tersebut akan dibuang bersamaan dengan urine tadi. Sayangnya, masih banyak orang …

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang Bisa Kamu Lakukan Selengkapnya »