• shopee-bigramadhansale-1920x745

Asam Lambung

Asam Lambung – Asam lambung naik atau orang-orang sering menyebut penyakit ini sebagai maag adalah suatu kondisi ketika perut terasa sakit. Tidak hanya di bagian itu saja, bahkan pada bagian dada pun terasa panas karena asam lambung naik sampai di bagian esofagus atau bagian kerongkongan. Hal tersebut membuat seseorang merasa nyeri di bagian ulu hati.

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Faktor penyebab asam lambung naik ada banyak sekali. Secara medis, penyebab utama asam lambung bisa naik adalah melemahnya otot di bagian kerongkongan. Ketika kejadian asam lambung naik, otot tidak bisa menutup ketika asam lambung naik menuju kerongkongan. Nah, penyebab otot tersebut bisa melemah adalah sebagai berikut:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Usia.
  • Sedang memiliki kandungan.
  • Terkena penyakit Scleroderma dan Hernia Hiatus.
  • Stres atau depresi berlebihan.
  • Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman dengan zat keasaman tinggi.
  • Merokok.

Beberapa poin di atas merupakan faktor paling umum terjadinya asam lambung. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, kamu harus mematuhi beberapa poin di bawah ini.

  • Kurangi atau hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik.
  • Sering berolahraga dan selalu perhatikan pola makanan sehat.
  • Minum obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter.
  • Kelola stres agar tidak sampai membebani tubuhmu sendiri.
  • Istirahat yang cukup.

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari asam lambung, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Makanan yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

Makanan yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

Dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas, ada faktor makanan yang sebaiknya kamu waspadai. Beberapa contoh makanan yang tidak boleh dikonsumsi ketika asam lambung naik adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang memiliki lemak tinggi

Contoh makanan dengan lemak tinggi adalah makanan gorengan, olahan susu yang memiliki banyak lemak, daging yang cukup banyak lemak, bahkan hingga snack ringan. Berbagai makanan dengan lemak tinggi tersebut sangat besar membuat asam lambung naik. Tidak hanya itu saja, makanan berlemak pun bisa menyebabkan penyakit lain seperti obesitas.

2. Buah-buahan dengan zat asam tinggi

Pada dasarnya, buah-buahan adalah makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Setidaknya, kamu harus kurangi beberapa buah yang memiliki zat asam tinggi seperti jeruk, nanas, dan tomat.

3. Coklat

Makanan seperti coklat juga memiliki zat lemak yang sangat tinggi. Hal tersebut seperti pada poin awal bahwa makanan berlemak sangat berpengaruh pada asam lambung. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu kurangi dulu makan coklatnya, ya.

4. Makanan pedas

Makan makanan pedas memang sungguh nikmat. Akan tetapi, penyebab asam lambung naik juga berasal dari makanan pedas. Apalagi, jika kamu konsumsi terlalu berlebihan, maka tidak hanya mulas saja yang didapatkan.

Ciri-ciri Sakit Asam Lambung Ringan

Ciri-ciri Sakit Asam Lambung Ringan

Sakit asam lambung memang sangat kecil kemungkinannya untuk menyebabkan kematian. Meskipun begitu, kamu tetap tidak boleh meremehkan penyakit satu ini. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin akan menjalar ke penyakit lainnya.

Beberapa ciri sakit asam lambung ringan adalah terasa panas pada bagian dada atau juga sering disebut heartburn. Kondisi tersebut akan semakin terasa ketika kamu berbaring atau sedang makan makanan penyebab asam lambung naik. Selain itu, sering bersendawa, mudah kenyang, sakit tenggorokan, mual, batuk tanpa dahak, dan muntah merupakan ciri umum asam lambung naik dalam taraf ringan.

Mengenal Asam Lambung dan Gejalanya

Mengenal Asam Lambung dan Gejalanya

Gejala asam lambung naik setiap orang bisa saja berbeda-beda. Akan tetapi, kita bisa melihat dari kondisi sebagai berikut:

  • Nyeri ulu hati.
  • Sulit menelan makanan.
  • Terasa asam dan pahit pada lidah.
  • Sering batuk pada malam hari.
  • Gigi rusak.
  • Sakit di bagian dada.

Jika kamu merasakan hal-hal yang sudah disebutkan tadi, maka bisa jadi ada gejala asam lambung secara umum. Apabila gejalanya semakin parah seperti demam dan muntaber, maka jauh lebih baik segera periksa ke dokter. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi obat asam lambung, seperti Fudan 50 mg, Fudan 100 mg, dan Fudan Sirup untuk mengurangi dan mengatasi keluhan asam lambung tersebut.

Makanan yang Mengandung Gas

Daftar Makanan yang Mengandung Gas Cukup Tinggi

Makanan yang Mengandung Gas – Saat kita mengonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi, maka perut bisa terkena kembung. Bahkan, tidak jarang juga kita pun akan lebih sering bersendawa hingga buang gas atau kentut. Pada dasarnya memang tidak berbahaya, akan tetapi, hal tersebut cukup mengganggu aktivitas kita. Jenis Makanan yang Mengandung Gas Makanan yang memiliki karbohidrat …

Daftar Makanan yang Mengandung Gas Cukup Tinggi Selengkapnya »

Sayur untuk Penderita Asam Lambung

Penting Diketahui, Inilah 5 Sayur untuk Penderita Asam Lambung

Sayur untuk Penderita Asam Lambung – Pada seseorang yang menderita asam lambung, terkadang sangat sulit memilih makanan yang tepat. Jika sampai salah mengonsumsinya, maka bisa menyebabkan asam lambung naik. Bahkan, bisa jadi lebih parah dari sekadar asam lambung naik. Untuk kamu yang belum tahu, penyakit asam lambung atau nama ilmiahnya adalah gastroesophageal reflux disease (gerd) …

Penting Diketahui, Inilah 5 Sayur untuk Penderita Asam Lambung Selengkapnya »

Buah Pir untuk Asam Lambung

Apakah Buah Pir untuk Asam Lambung Aman Dikonsumsi? Simak Berikut Ini

Buah Pir untuk Asam Lambung – Penyakit asam lambung yang melanda membuat penderitanya merasa kesakitan dan nyeri di bagian perut. Hal ini tentu sangat mengganggu keseharian. Terdapat berbagai macam makanan yang dipercaya bisa meredakan rasa tidak nyaman akibat asam lambung, salah satunya adalah buah pir untuk asam lambung. Lantas, benarkah buah pir aman untuk asam …

Apakah Buah Pir untuk Asam Lambung Aman Dikonsumsi? Simak Berikut Ini Selengkapnya »

Buah untuk Sakit Maag

6 Buah untuk Meredakan Sakit Maag yang Bisa Kamu Coba

Buah untuk Sakit Maag – Penyakit maag pada seseorang merupakan salah satu penyakit yang cukup menyebalkan. Sebab, ketika terkena penyakit ini, maka harus menjaga pola makan dengan benar. Tidak hanya dari segi pola makannya saja, tetapi juga harus memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut juga berlaku untuk buah-buahan. Maka dari itu, kira-kira buah apa …

6 Buah untuk Meredakan Sakit Maag yang Bisa Kamu Coba Selengkapnya »

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini

Manfaat Jahe untuk Kesehatan – Sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan dalam pengobatan tradisional, jahe memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman rimpang satu ini memang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Diketahui bahwa dalam 100 gram jahe terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen …

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini Selengkapnya »