• shopee-bigramadhansale-1920x745

Asam Folat

Asam Folat – Tubuh membutuhkan banyak nutrisi agar dapat menjalankan berbagai fungsinya. Sederhananya, kamu perlu makan kalau mau menjaga kesehatan. Makanan ini lah yang memberikan nutrisi untuk tubuh.

Nutrisi yang penting bagi tubuh juga ada banyak sekali. Salah satu di antaranya adalah asam folat. Mengapa begitu? Begini kira-kira penjelasannya.

Asam Folat Adalah...

Asam Folat Adalah…

Sebelum membahasnya lebih jauh, asam folat adalah salah satu jenis vitamin dari kelompok vitamin B kompleks. Karakter fisiknya, dia dapat larut dalam air. Kalau dari fungsi, asam folat termasuk unsur penting dalam sintesis DNA (deoxyribo nucleic acid).

Bicara soal DNA, asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Asupan ini dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi yang dikandungnya. Kemungkinan besar, memang sudah banyak orang yang tahu tentang ini.

Tapi, perlu kamu tahu, keberadaan asam folat itu penting untuk kesehatan tubuh. Tidak sesederhana hanya baik untuk para ibu hamil.

Lalu, Asam Folat Untuk Apa?

Lalu, Asam Folat Untuk Apa?

Asam folat merupakan nutrisi yang bisa membantu tubuh kamu memproduksi sel-sel baru dan mempertahankannya. Zat ini juga dikenal dapat mencegah perubahan DNA yang dapat memicu kanker. Bukan berarti karena baik untuk kesehatan, kamu boleh memberikan asupan asam folat pada tubuh, dengan jumlah yang tinggi, ya.

Apapun itu, sebelum kamu tahu lebih jauh kebaikan asam folat, kamu perlu pahami dulu kalau semua berlebihan tidak selalu baik manfaatnya. Tubuh yang memiliki asam folat berlebih, akan mengalami beberapa gangguan sebagai berikut ini.

1. Ruam merah di kulit

Asam folat berlebih akan memicu bakteri atau virus tumbuh dengan mudah. Termasuk bakteri dan virus yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Kamu mungkin belum tentu akan langsung menyadarinya, karena tidak sedikit penyakit yang menyebabkan gangguan ruam merah di kulit.

2. Mual

Sebelum ruam merah di kulit muncul, gejala pertama yang biasanya akan kamu rasakan ketika ada asam folat berlebih di tubuhmu adalah mual-mual. Alasannya, karena kadar asam folat berlebihan di tubuh akan meningkatkan asam lambung. Mirip-mirip yang dengan gejala maag.

3. Insomnia

Ketika kandungan asam folat di tubuh kamu terlalu tinggi, artinya kondisi tubuh jadi tidak seimbang. Jangan kaget kalau kamu mengalami gangguan tidur atau insomnia, ya.

4. Kesemutan hingga mati rasa

Tubuh dapat sering mengalami kesemutan hingga bahkan mati rasa, kalau di dalamnya terdapat kelebihan asam folat. Penyebab utamanya yaitu tubuh tidak dapat menyerap vitamin B12. Kelebihan asam folat membuat jumlah vitamin B9 terlalu tinggi, kemudian mengganggu penyerapan vitamin B12.

5. Kejang tubuh

Tubuh yang mati rasa akan sangat mengganggu. Sayangnya, tidak hanya itu saja yang bisa kamu rasakan kalau memiliki kelebihan asam folat. Tubuh kamu juga akan mengalami kejang jika ini terjadi.

Manfaat dan Fungsi Asam Folat

Manfaat dan Fungsi Asam Folat

Sekarang, mari fokus pada manfaatnya. Asam folat adalah vitamin B yang kamu perlukan agar tubuhmu dapat memproduksi DNA dan sel-sel di dalamnya. Pembentukan sel darah merah juga bergantung pada nutrisi ini. Berikut penjabarannya.

1. Mendukung pembentukan sel tubuh

Untuk membentuk sel, asam folat berkolaborasi dengan vitamin lain. Dalam hal ini, vitamin B12 dan vitamin C saling mendukung tubuh memecah, menggunakan, sampai membentuk protein baru. Protein ini yang kemudian bergerak membentuk sel darah merah dan DNA yang telah disebutkan sebelumnya.

2. Terhindar dari anemia

Asam folat berguna untuk membentuk sel darah merah. Artinya, jumlah darah dalam tubuh sesuai dengan asupan asam folat yang kamu konsumsi. Jika kamu kekurangan asam folat, produksi sel darah merah akan terganggu. Sebaliknya, dengan nutrisi yang cukup, kamu dapat terhindar dari gangguan kekurangan sel darah merah atau anemia.

3. Menjaga kadar kolesterol

Asam folat juga dapat mengontrol kadar kolesterol pada tubuh. Kandungan asam folat sendiri salah satunya adalah vitamin B9 yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Asam Folat untuk Promil

Asam Folat untuk Promil

Selanjutnya, manfaat asam folat untuk kehamilan. Bagi kamu yang sedang menjalankan program hamil, ini yang perlu kamu tahu.

Mencegah bayi lahir dengan cacat

Pada awal kehamilan, asam folat akan membantu mencegah keguguran. menghindari risiko depresi akibat tekanan berlebihan saat hamil, serta mencegah kelahiran prematur pada bayi.

Jika kamu kekurangan nutrisi ini, kamu bisa menambahkannya dari makanan bergizi. Atau, bisa juga suplemen tambahan dengan jumlah yang sesuai kebutuhan.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil perlu banyak nutrisi untuk kebutuhan dirinya dan juga bayi di kandungannya. Berbicara tentang nutrisi, salah satu jenis yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Asam folat sendiri sangat penting baik untuk tubuh. Bahkan, tidak hanya ibu hamil saja, bagi siapapun juga sangat membutuhkan asam folat tersebut.

Asam folat sendiri merupakan suatu bentuk sintesis dari folat atau sering juga disebut vitamin B9. Untuk ibu hamil sendiri, jumlah asam folat yang dibutuhkan mencapai 600 mikrogram per harinya. Apabila ibu pernah melahirkan bayi dengan cacat, maka kebutuhan asam folat bisa mencapai 4.000 mikrogram.

Tentunya poin selanjutnya adalah mengetahui apa saja manfaat asam folat tersebut. Khususnya pada ibu hamil, kebutuhan asam folat sangat penting seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Mencegah terjadinya cacat pada bayi

Asam Folat berperan penting untuk perkembangan janin agar tidak terkena cacat sejak dini. Contoh risiko cacat akibat kekurangan asam folat adalah anensefali dan juga spina bifida. Untuk kamu yang belum tahu, anensefalus merupakan suatu kondisi saat bayi dilahirkan tanpa adanya otak serta tulang tengkorak. Bayi dengan keadaan tersebut akan meninggal saat dilahirkan.

Sedangkan untuk spina bifida adalah kelainan pada bayi yang membuatnya memiliki lubang pada tulang belakang serta saraf tulang belakang. Bayi yang terkena cacat ini bisa mengalami komplikasi. Contohnya seperti sulit berjalan, adanya infeksi otak dan juga pada saraf tulang belakang, sulit berkembang, bahkan bisa menyebabkan cacat permanen.

2. Mencegah terjadinya keguguran

Manfaat lainnya asam folat ini adalah mencegah terjadinya keguguran. Keguguran sendiri adalah hilangnya janin atau bisa juga kematian janin pada saat usia kehamilan masih muda. Keguguran bisa terjadi ketika usia janin kurang dari 20 minggu.

Asam folat juga bermanfaat untuk menurunkan potensi terjadinya gangguan pada kehamilan. Contohnya seperti kelahiran prematur dan berbagai gangguan lainnya pada saat masih di kandungan.

3. Mengurangi risiko bayi terkena bibir sumbing

Bibir sumbing merupakan kondisi bibir bagian atas terbelah. Bibir sumbing juga merupakan salah satu cacat bawaan yang berisiko pada bayi ketika lahir. Dengan tercukupinya asam folat, maka risiko bayi terkena bibir sumbing rendah.

4. Mengurangi risiko bayi terkena preeklamsia

Berdasarkan penelitian, asam folat juga dapat menurunkan risiko bayi mengalami preeklamsia. Preeklamsia sendiri merupakan suatu kondisi saat bayi terkena komplikasi saat kehamilan. Contohnya seperti terjadi tekanan darah tinggi, mengalami bengkak-bengkak, hingga adanya peningkatan kadar protein di dalam urine.

Kondisi ini juga sangat berbahaya untuk ibu itu sendiri. Sebab, ibu hamil yang terkena Preeklamsia dapat berpotensi kejang-kejang dan tentunya hal tersebut berbahaya.

5. Mengurangi potensi anemia

Kekurangan darah atau anemia juga merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Jika ibu hamil sampai terkena anemia bisa menyebabkan terjadinya komplikasi pada kehamilan. Bahkan, risiko kematian pada ibu dan bayinya juga besar. Di sinilah kebutuhan asam folat begitu penting pada tubuh.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Salah satu cara untuk menambah asam folat pada tubuh adalah mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Beberapa contoh makanan yang memiliki sumber asam folat adalah sebagai berikut.

  • Buah-buahan, contohnya alpukat, pepaya, dan juga jeruk.
  • Hati sapi.
  • Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, selada, dan juga kentang.
  • Telur.
  • Susu kedelai dan juga sereal.

Selain makanan tersebut, kamu juga bisa menambahkan suplemen khusus yang mengandung asam folat, tentunya harus dengan anjuran dokter.

Efek Samping Asam Folat

Efek Samping Asam Folat

Tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, salah satunya vitamin. Vitamin pun ada banyak jenisnya. Vitamin B adalah jenis vitamin yang tidak bisa kamu lewati. Manfaatnya baik untuk tubuh.

Kalau bicara soal nutrisi, ini memang agak panjang. Vitamin B sendiri terbagi dalam beberapa macam, karena itu vitamin B sering disebut vitamin B complex. Kali ini, mari kita pelajari tentang asam folat. Bagaimana manfaatnya untuk tubuh dan apa pula efek samping asam folat sendiri.

Manfaat Asam Folat

Asam folat adalah vitamin B9, bagian dari vitamin B complex. Vitamin ini dikenal baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Kira-kira begini manfaat dan fungsi utama dari asam folat.

1. Menghindari anemia

Anemia adalah gangguan tubuh yang terjadi ketika seseorang kekurangan sel darah merah. Tubuh akan terasa cepat lelah dan kamu juga cenderung tampak lesu. Hal ini membuat kamu tidak dapat beraktivitas secara optimal.

Salah satu manfaat dari asam folat yaitu membentuk sel darah merah. Kekurangan asam folat akan membatasi produksi sel darah merah. Kadarnya akan selalu di bawah normal. Konsumsi asam folat yang cukup akan membuat kamu terhindar dari anemia.

2. Membentuk sel-sel

Asam folat juga memiliki manfaat baik untuk pembentukan sel. Ketika berkolaborasi dengan vitamin B12 dan juga vitamin C, nutrisi-nutrisi ini akan membantu tubuh untuk memecah, menggunakan, hingga membentuk protein baru.

Senyawa protein yang terbentuk dari kolaborasi asam folat dan nutrisi lain inilah yang selanjutnya membantu pembentukan sel darah merah. Tidak hanya itu, asam folat juga berlanjut memproduksi DNA, fondasi dasar tubuh yang membedakan informasi genetik satu orang dengan orang lainnya.

3. Mencegah bayi lahir cacat

Karena asam folat berperan penting untuk produksi DNA, keberadaannya mendukung kesehatan seseorang. Konsumsi asam folat yang cukup dapat mencegah bayi lahir dengan cacat. Baik cacat pada otak maupun saraf, seperti anensefali dan spina bifida. Asam folat juga memengaruhi pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin.

Efek Samping Asam Folat

Setiap hal yang kurang atau berlebih itu tidak baik. Karena itu sudah beberapa kali disebutkan untuk mengonsumsi asam folat secukupnya. Ini bahayanya atau efek samping asam folat, jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Mual

Kamu akan merasa mual kalau terdapat asam folat berlebih di dalam tubuh. Karena asam folat yang berlebih akan meningkatkan asam lambung. Di samping merasa mual, kamu juga bisa mengalami gangguan pencernaan lain seperti diare.

2. Insomnia

Tidak hanya sistem pencernaan yang terusik karena tubuh kamu kelebihan asam folat. Kondisi seperti ini juga memicu gangguan tidur. Kondisi tubuh yang tidak seimbang bisa membuat kamu sulit tidur atau insomnia.

3. Kesemutan hingga mati rasa

Kelebihan asam folat akan membuat kamu sering mengalami kesemutan. Kondisi terburuknya bahkan tubuh kamu mati rasa. Gejala ini muncul karena asam folat berlebih membatasi tubuh menyerap vitamin lain, yaitu vitamin B12.

4. Gangguan kejang

Kesemutan mungkin belum seberapa. Hal lain yang dapat terjadi kalau tubuh kamu kelebihan asam folat adalah kejang-kejang. Gangguan kejang ini terjadi akibat sistem tubuh yang bekerja dalam kondisi yang tidak seimbang.

5. Ruam merah pada kulit

Saat ruam merah pada kulit muncul, orang mungkin mengira itu adalah alergi. Memang betul, tapi bisa jadi ada alasan lain gangguan seperti ini muncul pada kulitmu. Kelebihan asam folat akan memicu bakteri dan virus yang dapat menyebabkan iritasi kulit, tumbuh seketika. Inilah yang menjadikan ruam-ruam merah timbul.

6. Autisme pada janin

Kekurangan asam folat akan menyebabkan cacat lahir pada bayi. Tapi, kelebihannya juga bisa meningkatkan risiko janin tumbuh dengan kondisi autisme. Karena itu, konsumsi asam folat dengan kadar yang cukup saja untuk tubuhmu, ya.

Rekomendasi Kadar dan Dosis Asam Folat

Kamu mungkin bingung berapa kadar atau dosis asam folat yang benar-benar baik untuk tubuh. Kadar asam folat yang cukup itu tergantung pada usia seseorang. Inilah rekomendasi dosis asam folat yang perlu kamu jaga.

  • Di bawah usia 3 tahun: Dosis harian 150 mcg hingga batas toleransi 300 mcg.
  • Usia 4-8 tahun: Dosis harian 200 mcg hingga batas toleransi 400 mcg.
  • Usia 9-13 tahun: Dosis harian 300 mcg hingga batas toleransi 600 mcg.
  • Remaja dan dewasa: Rata-rata dosis harian 400 mcg hingga batas toleransi 800 mcg.
  • Ibu hamil dan menyusui: Dosis harian 400 sampai 600 mcg tergantung kebutuhan, hingga batas toleransi 1.000 mcg.

Itulah informasi penting yang perlu kamu catat, ketika mengonsumsi asam folat. Selain manfaat, pahami baik-baik juga efek samping asam folat yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 dikenal sebagai nutrisi yang penting bagi ibu hamil. Kenyataannya, manfaat asam folat tidak sebatas itu.

Memang, pembentukan gen dipengaruhi oleh nutrisi ini, tapi semua orang juga membutuhkan asam folat, salah satunya untuk menyehatkan mental. Kalau diuraikan, kira-kira begini manfaat asam folat.

  • Membantu pembentukan sel darah merah dan DNA.
  • Memelihara fungsi sel tubuh.
  • Menyehatkan mental.
  • Mengurangi risiko pikun demensia.
  • Mencegah penyakit seperti anemia, jantung, dan kanker.
  • Menjaga kesehatan kulit, kuku, hingga rambut.

Itulah manfaat asam folat. Kalau kebutuhan setiap harinya, bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Untuk usia 1-8 tahun umumnya membutuhkan 150-200 mcg, usia 9-13 tahun memerlukan 300 mcg, usia 14 tahun ke atas butuh sekitar 400 mcg. Sementara kebutuhan ibu hamil yaitu 600 mcg, dan ibu menyusui sekitar 500 mcg.

Sekarang mari fokus pada topik utama. Darimana kamu bisa memperoleh manfaat asam folat? Berikut ini adalah 10 jenis makanan yang mengandung asam folat. Kamu bisa memilihnya sesuai selera.

1. Sayuran hijau

Kalau disebut sayuran hijau, berarti ada banyak pilihan untuk kamu. Sayuran hijau mulai dari bayam sampai kale adalah makanan yang mengandung asam folat tinggi dan rendah kalori. Konsumsi sayuran hijau yang rutin juga dapat menekan risiko penyakit kanker.

2. Telur

Telur adalah makanan yang mudah ditemukan di Indonesia. Konsumsi telur yang rutin dapat menyehatkan tubuh karena kaya akan nutrisi, termasuk asam folat. Satu buah telur ukuran besar mengandung 23,5 mcg asam folat, lho.

3. Legum

Legum adalah makanan yang masuk dalam kelompok jenis biji-bijian. Kamu mungkin lebih mengenalnya sebagai kacang-kacangan, seperti kacang merah atau kacang polong.

Karena legum sendiri banyak jenisnya, kandungan asam folat antara satu jenis legum dengan jenis lainnya juga berbeda-beda. Yang pasti, legum termasuk makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Satu cangkir atau sekitar 177 gram kacang merah contohnya, mengandung 131 mcg asam folat.

4. Asparagus

Asparagus termasuk jenis sayuran yang dilabeli dengan harga yang cukup tinggi. Harga memang tidak berbohong, karena asparagus adalah makanan yang mengandung asam folat dan berbagai macam vitamin serta mineral lainnya. Setengah cangkir atau sekitar 90 gram asparagus saja bisa mengandung 134 mcg asam folat.

5. Hati ayam

Tidak semua orang senang memakan bagian khusus perdagingan, seperti hati ayam. Memang rasanya agak berbeda dengan bagian daging lainnya. Tapi sebetulnya, hati ayam adalah makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Kalau kamu memakan 100 gram hati ayam, setidaknya kamu akan mendapatkan 1.000 mcg asam folat.

6. Hati sapi

Hati sapi tidak terlalu berbeda dengan hati ayam. Sifatnya sama, sama-sama mengandung asam folat yang tinggi. Kalau kamu mengonsumsi 85 gram hati sapi, kamu bisa memperoleh 212 mcg asam folat atau sekitar 54% dari kebutuhan harian, lho.

7. Pepaya

Mengonsumsi buah juga sama seperti mengonsumsi bagian daging. Ada yang suka dan ada yang tidak. Kalau kamu suka pepaya, memakannya akan membuat kamu memperoleh asam folat yang dibutuhkan tubuh. Dalam 140 gram pepaya mentah, terdapat 53 mcg asam folat.

8. Pisang

Pisang bisa menjadi alternatif buah-buahan yang mengandung asam folat. Kandungannya cukup tinggi juga. Ketika kamu memakan satu buah pisang ukuran sedang, ada 23,6 mcg asam folat di dalamnya.

9. Jeruk

Jeruk terkenal kaya akan vitamin C, baik jeruk biasa yang berwarna orange, hingga jeruk lemon yang berwarna kuning. Padahal, masih banyak kandungan nutrisi lain dalam buah ini, misalnya saja asam folat. Pada satu buah jeruk ukuran besar, terdapat kandungan 55 mikrogram asam folat di dalamnya.

10. Alpukat

Alpukat sering disebut sebagai jenis buah-buahan yang cukup berat karena mudah mengenyangkan. Tekstur dan rasanya yang unik juga memiliki kelebihan yaitu mengandung banyak nutrisi. Tak terkecuali asam folat yang dalam setengah buahnya mengandung 82 mcg asam folat.

Selain dari makanan, asam folat juga dapat kamu peroleh dari berbagai suplemen tambahan. Kebanyakan orang yang mengonsumsi asam folat adalah ibu yang tengah hamil. Memang begitu karena ibu hamil membutuhkan asupan asam folat lebih besar dari orang dewasa normal.

Asam Folat untuk Pria

Asam Folat untuk Pria

Bukan hanya diperlukan oleh wanita, terdapat berbagai manfaat asam folat untuk pria yang baik bagi kesehatan, lho. Meskipun umumnya selama ini orang menganggap asupan asam folat hanya dibutuhkan oleh wanita hamil dan bayi dalam kandungan, ternyata pria juga turut membutuhkan asam folat.

Untuk pria, asam folat juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari menjaga kualitas sperma, mencegah anemia, hingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit.

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa kebutuhan asam folat tiap pria berbeda-beda, tergantung pada usianya. Pria yang berusia 13 tahun ke atas, kebutuhan asam folat harian yang disarankan adalah 400 mikrogram/hari. Nah, berikut ini sejumlah manfaat yang dapat diperoleh pria dari asupan asam folat.

1. Meningkatkan kualitas sperma

Manfaat penting asam folat bagi pria adalah untuk menjaga kualitas sperma agar tetap prima. Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jumlah asam folat yang rendah di dalam tubuh pria dapat menurunkan kualitas spermanya. Lebih lanjut lagi, bukan hanya untuk menjaga kualitas sperma, asupan asam folat yang cukup juga bisa meningkatkan jumlah sperma.

2. Cegah risiko anemia

Apabila pria memenuhi asupan asam folat yang cukup, ia sudah pasti dapat terhindar dari risiko penyakit anemia. Pasalnya, asupan asam folat mempunyai peranan yang amat penting dalam produksi sel darah merah.

Perlu diketahui, penyakit anemia sendiri merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Kondisi ini disebabkan dari berbagai faktor, salah satunya adalah kadar asam folat yang rendah di dalam tubuh.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Asupan nutrisi dari asam folat juga mampu untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung pada pria. Hal tersebut dikarenakan asam folat dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko munculnya penyakit jantung.

4. Mencegah risiko penyakit kanker

Pada sejumlah studi menunjukkan bahwa asam folat dipercaya mampu mencegah pertumbuhan beberapa jenis kanker. Jenis-jenis kanker itu seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker pankreas, kanker usus besar, dan kanker leher rahim. Namun, tentu hasil studi ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas asam folat dalam mencegah penyakit kanker tersebut.

5. Mengatasi depresi

Pria cenderung lebih mudah depresi dibandingkan wanita. Hal ini diamini pada sebuah hasil survei online bernama Berland Strategy yang melibatkan 1.001 pria adalah fakta bahwa hampir setengah dari pria tersebut (49 persen) merasa bahwa dirinya lebih tertekan daripada yang mereka katakan pada orang-orang terdekat dalam hidupnya.

Nah, fungsi asupan asam folat lainnya adalah mampu untuk memperbaiki kondisi depresi. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan asam folat dapat merangsang produksi neurotransmitter di dalam otak, seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Maka, asam folat seringkali ditambahkan ke dalam obat antidepresan.

Sumber Asam Folat Alami

Tubuh manusia belum dapat memproduksi asam folat secara alami. Oleh karenanya, kita harus memenuhi kebutuhan asupan nutrisi ini salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat. Berikut ini sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi asupan folat dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.
  • Buah segar atau jus buah.
  • Telur.
  • Sayuran berdaun hijau tua (bayam, asparagus, brokoli).
  • Hati.
  • Makanan laut.

Meski demikian, apabila kamu menderita alergi, sebaiknya berhati-hati ketika memilih makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Kamu juga dapat memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi suplemen seperti Ferospat dari Pyfa Health. Namun, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

Buah yang Mengandung Asam Folat

Buah yang Mengandung Asam Folat

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel-sel baru serta baik untuk kesuburan. Tak, heran jika pasangan yang sedang dalam proses program hamil umumnya diberikan suplemen harian asam folat.

Namun, ternyata asam folat juga bisa kita dapatkan dari makanan, lho. Salah satu jenis makanan yang mengandung asam folat adalah buah-buahan. Nah, berikut ini jenis buah yang mengandung asam folat tinggi yang harus kamu ketahui.

1. Jeruk

Jeruk memang salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin. Begitu juga dengan asam folat. Bahkan, buah yang satu ini menduduki peringkat tertinggi. USDA menyebutkan bahwa pada satu butir jeruk memuat sekitar 30-50 mcg asam folat.

2. Pepaya

Buah dengan kandungan asam folat yang tinggi lainnya adalah pepaya. Buah ini mengandung asam folat dalam dosis yang cukup tinggi karena sanggup memenuhi AKG hingga 29%. Menurut penelitian, pada satu buah pepaya diperkirakan mengandung 115 mcg asam folat. Bahkan, tak hanya asam folat, tubuh pun jadi lebih kuat dan sehat berkat tingginya kandungan vitamin C dari pepaya.

3. Strawberry

Setidaknya, pada semangkuk kecil strawberry kamu dapat memperoleh asam folat sebanyak 25 mcg yang setara dengan 6,5% AKG. Kamu juga bisa memakan strawberry sebagai buah pereda nyeri haid. Jadi, jangan tunggu lagi, jadikan strawberry sebagai salah satu menu cemilan sehat sehari-hari yang menambah asupan asam folat untuk tubuh.

4. Raspberry

Masih di keluarga berry, buah dengan kandungan asam folat tinggi selanjutnya adalah raspberry. Kandungan kadar asam folat dalam secangkir raspberry memang masih di bawah strawberry, namun tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang satu ini. Pada secangkir penuh raspberry, terkandung 14 mcg asam folat, jumlah ini sudah mampu memenuhi 4% AKG.

5. Alpukat

Buah alpukat juga menjadi buah dengan kandungan asam folat yang tinggi, lho. Apabila kamu mengonsumsi 1 cangkir potongan alpukat, tubuhmu diperkirakan mendapat asupan folat sebanyak 90 mcg atau setara dengan 22% AKG. Bukan cuma itu saja, buah yang berbiji besar ini juga kaya akan serat, asam lemak sehat, dan vitamin K.

6. Buah bit

Buah berwarna merah keunguan yang satu ini memang dikenal punya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Tak heran, karena bit memang menjadi sumber antioksidan alami dan sangat baik untuk membersihkan liver. Bit juga menjadi buah dengan kandungan asam folat yang tinggi. Buah bit mengandung 136 mcg asam folat (34% AKG) tersebut.

7. Pisang

Pisang juga mengandung asam folat yang tinggi jika dikonsumsi. Pada sebuah pisang yang berukuran besar, terkandung asam folat sebanyak 27 mcg. Kamu juga akan memperoleh bonus lain ketika mengonsumsi buah kesukaan monyet tersebut, yaitu serat tinggi dan mood yang lebih baik.

8. Peach

Peach mungkin memang bukan buah yang menduduki posisi pertama sebagai buah yang mengandung asam folat terbanyak. Meski begitu, buah satu ini juga tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, pada satu butir buah peach berukuran besar memang hanya memuat 7 mcg asam folat saja, tapi buah ini juga memiliki banyak manfaat. Sejumlah manfaatnya yaitu dapat menurunkan darah tinggi dan baik untuk penderita diabetes.

Nah, itulah tadi deret nama-nama buah dengan kandungan asam folat yang tinggi. Namun, selain buah-buah di atas, kamu juga dapat memperoleh asam folat dari makanan lain seperti lentil, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, hingga asparagus.

Buah untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil

Apa Saja Buah untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil? Simak Berikut Ini

Buah untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil – Apakah ada buah untuk menghentikan pendarahan saat hamil? Artikel kali ini akan mengulas mengenai jenis-jenis buah yang dipercaya berkhasiat untuk menghentikan pendarahan saat hamil. Kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu sekaligus saat yang paling mendebarkan bagi calon orang tua. Bagaimana tidak, semua orang tua tentunya menginginkan proses kehamilan …

Apa Saja Buah untuk Menghentikan Pendarahan Saat Hamil? Simak Berikut Ini Selengkapnya »

Buah untuk Menaikkan Tensi

Penting Diketahui, Inilah Jenis Buah untuk Menaikkan Tensi

Buah untuk Menaikkan Tensi – Terdapat kondisi kesehatan dimana terjadinya tekanan darah rendah atau disebut juga dengan hipotensi yang cukup berbahaya terhadap kesehatan. Untuk itu, diperlukan adanya upaya menaikkan tekanan darah, salah satunya dengan mengonsumsi buah yang menaikkan tensi. Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi tekanan darah dibawah normal yang terjadi karena adanya ketidakseimbangan …

Penting Diketahui, Inilah Jenis Buah untuk Menaikkan Tensi Selengkapnya »

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui – Ibu menyusui membutuhkan asupan gizi yang seimbang agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas. Salah satu cara memenuhi gizi tersebut adalah dengan dengan mengonsumsi buah yang bagus untuk ibu menyusui yang akan dihadirkan dalam artikel kali ini. Menyusui merupakan cara alami untuk memberikan asupan gizi yang terbaik pada awal …

Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui Selengkapnya »

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil – Manfaat buah pir bagi ibu hamil ternyata cukup penting untuk kesehatan ibu dan janinnya. Seperti yang telah diketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup dan seimbang agar perkembangan janin yang dikandungnya juga sehat. Ibu hamil memerlukan tambahan zat gizi untuk pertumbuhan janin, plasenta, dan …

7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui Selengkapnya »

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan?

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan – Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terus meningkat. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari mengonsumsi susu hamil. Ketika hamil, mungkin kamu sering bertanya-tanya, sebaiknya pada saat usia kandungan berapa bulan mulai minum susu hamil? Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memilih susu hamil yang baik? Simak …

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan? Selengkapnya »