• shopee-bigramadhansale-1920x745

Asam Amino

Asam Amino – Jika kamu sering melihat tayangan iklan produk vitamin baik itu pada media cetak, elektronik, maupun internet, maka istilah asam amino cukup sering disebutkan. Salah satu zat yang ada dalam tubuh manusia ini memang sangat penting. Bahkan jika kamu sampai kekurangan asam amino, maka tubuh akan mengalami dampak buruk. Sebelum membahas lebih jauh, kita harus ketahui dulu apa itu asam amino berikut ini.

Pengertian Asam Amino Adalah...

Pengertian Asam Amino Adalah…

Pada dasarnya, asam amino adalah sebuah zat yang merupakan bagian dari struktur protein. Dengan kata lain, kandungan protein di dalam makanan yang kamu konsumsi adalah kumpulan berbagai zat asam amino. Zat inilah yang akan diambil dan juga diserap pada sel-sel tubuh kita. Maka dari itu, asam amino juga cukup penting di dalam tubuh.

Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Asam Amino

Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Asam Amino

Dari ulasan yang sudah disebutkan, mungkin kamu sudah ada gambaran tentang makanan sumber asam amino. Pada dasarnya, makanan yang mengandung protein sudah pasti memiliki zat asam amino tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan asam amino tinggi.

1. Daging tanpa lemak

Poin pertama yang akan kita bahas adalah daging tanpa lemak. Perlu kamu ketahui bahwa kandungan protein pada potongan daging yang tidak memiliki lemak adalah 31 gram. Jumlah tersebut tentunya lebih banyak dibandingkan dengan daging yang memiliki banyak lemak. Biasanya, kita temukan pada daging ayam, sapi, kambing, atau domba. Oleh sebab itu, daging tanpa lemak memiliki sumber protein sangat tinggi.

2. Makanan laut

Tidak hanya daging saja, di dalam makanan laut pun memiliki sumber asam amino yang sangat kuat. Berbagai makanan laut atau sering juga disebut seafood ini yang memiliki sumber asam amino adalah Salmon, Halibut, dan Tuna. Selain asam amino, pada jenis ikan tersebut juga memiliki Asam Lemak Omega-3 yang sangat banyak. Tentunya hal tersebut bisa memberikan manfaat pada tubuh kita.

3. Telur dan susu

Pastinya kamu sering mendengar tentang telur dan susu yang termasuk ke dalam makanan “4 Sehat, 5 Sempurna”. Faktanya, telur dan juga olahan susu ini memiliki kandungan bagus untuk tubuh. Salah satunya adalah asam amino yang sangat banyak. Sebagai contoh, pada satu butir telur mempunyai protein sebanyak 6 gram. Lalu, pada satu gelas susu memiliki kandungan protein yang cukup banyak, yakni 8 gram.

4. Kacang kedelai

Dari sektor kacang-kacangan juga memiliki kandungan asam amino yang sangat banyak. Pada dasarnya, jenis biji-bijian memiliki kandungan protein dan asam amino. Namun, khusus untuk jenis Kedelai merupakan jenis biji-bijian dengan kandungan asam amino paling tinggi. Sebagai contohnya, untuk satu gelas kacang kedelai terdapat kandungan protein sebanyak 29 gram.

Manfaat Asam Amino Pada Tubuh

Manfaat Asam Amino Pada Tubuh

Nah, setelah kita mengetahui pengertian asam amino dengan sumbernya, kini pastinya penasaran dengan apa manfaatnya pada tubuh. Ketahuilah jika kita sangat terbantu dengan adanya asam amino. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaatnya pada tubuh.

1. Mencegah terjadinya kerontokan

Adanya asam amino pada tubuh adalah menjaga kesehatan kulit, rambut, dan juga kuku. Kerontokan rambut yang terjadi pada tubuh bisa jadi dikarenakan kekurangan asam amino. Apalagi, kasus kerontokan rambut sangat berkaitan dengan kurangnya zat besi dan juga lisin. Lisin sendiri adalah bagian dari jenis asam amino dalam tubuh.

2. Menjaga kualitas otot

Otot yang ada dalam tubuhmu juga terbentuk dari beragam protein. Artinya, asam amino sangat berpengaruh pada pembentukan otot tubuh. Maka dari itu, jika kamu ingin menjaga kesegaran otot, harus selalu olahraga dan konsumsi makanan yang mengandung asam amino.

3. Menjaga performa jantung

Asam amino juga berperan penting dalam menjaga kerja jantung. Kandungan asam amino memiliki nutrisi yang sangat penting dalam menjaga fungsi kardiovaskular. Bahkan, kejadian berbagai disfungsi jantung berhubungan dengan kurangnya zat asam amino dalam tubuh.

Itulah berbagai penjelasan tentang asam amino dan manfaatnya pada tubuh kita. Jangan lupa untuk sering olahraga, makan makanan sehat, dan konsultasikan pada dokter jika ada keluhan terus-menerus. Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan asam amino kamu dengan mengonsumsi suplemen tambahan seperti Ketocid yang dapat membantu memenuhi asam amino dan memelihara kesehatan tubuh.

Jenis Asam Amino

Jenis-jenis Asam Amino dan Fungsinya untuk Tubuh

Jenis Asam Amino – Jenis asam amino dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan apakah asam amino tersebut bisa diproduksi oleh tubuh atau tidak. Klasifikasi asam amino ini juga memiliki fungsi masing-masing yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya! Simak terus ulasan mengenai jenis asam amino dan fungsinya di sini. Sumber Asam …

Jenis-jenis Asam Amino dan Fungsinya untuk Tubuh Selengkapnya »

Asam Amino Adalah

Apa yang Dimaksud dengan Asam Amino? Simak Penjelasannya di Sini

Asam Amino Adalah – Asam amino adalah salah satu golongan senyawa organik yang paling banyak dipelajari karena fungsinya yang sangat penting dalam organisme, yakni sebagai penyusun protein. Asam amino memiliki fungsi penting dalam metabolisme tubuh dan terbagi menjadi dua kelompok yaitu asam amino esensial dan non-esensial. Klasifikasi Asam Amino Secara umum, struktur dari asam amino …

Apa yang Dimaksud dengan Asam Amino? Simak Penjelasannya di Sini Selengkapnya »

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil – Madu merupakan salah satu sumber makanan yang kaya manfaat. Rasanya yang manis juga dapat menjadi pengganti gula atau pemanis pada makanan. Selain rasa manisnya, madu juga merupakan sumber antioksidan yang baik, serta asam amino yang digunakan untuk tujuan pengobatan. Bagi ibu hamil, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari madu …

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui Selengkapnya »

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

5 Manfaat Labu Kuning untuk Bayi, Apa Saja?

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi – Setiap orang akan melalui proses pertumbuhan yang bertahap semasa hidupnya. Berawal dari bayi, lama kelamaan berubah menjadi dewasa. Kemampuan tubuh juga akan berkembang seiring berjalannya waktu. Saat memproses makanan misalnya, kemampuan bayi untuk mencerna makanan itu masih terbatas. Awalnya, hanya boleh mengonsumsi ASI, butuh waktu untuk bisa memakan makanan …

5 Manfaat Labu Kuning untuk Bayi, Apa Saja? Selengkapnya »