• shopee-bigramadhansale-1920x745

Antiseptik

Antiseptik – Salah satu jenis obat-obatan yang dibutuhkan saat kulit terluka adalah antiseptik. Banyak orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan antiseptik, tapi belum tentu semua orang tahu bagaimana cara kerjanya.

Memang, jenis antiseptik sendiri beragam dan semua punya aturan mainnya. Sebagai contoh, ada yang bisa membersihkan luka. Ada juga yang justru bisa menyebabkan iritasi dan akan menghambat penyembuhan luka.

Di sisi lain, beberapa orang juga mengira antiseptik serupa dengan desinfektan. Akibatnya ada saja yang salah kaprah saat menggunakannya. Nah, sebetulnya apa itu antiseptik.

Antiseptik Adalah...

Antiseptik Adalah…

Antiseptik adalah senyawa kimia yang fungsi dasarnya untuk memperlambat atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Salah satunya dapat membunuh kuman. Umumnya, bahan ini digunakan saat menangani luka hingga operasi atau prosedur tertentu yang membuat goresan tertentu pada kulit. Pemakaiannya penting untuk mengurangi risiko infeksi yang dengan kata lain dapat menjaga kebersihan. Antiseptik dikhususkan untuk menjaga kebersihan tubuh. Ada bahan aktif di dalamnya yang bernama biosida. Bahan inilah yang bekerja untuk membunuh bakteri serta kuman.

Jenis-jenis Kegunaan Antiseptik

Jenis-jenis Kegunaan Antiseptik

Sudah disinggung sebelumnya, antiseptik yang tersedia di pasaran itu beragam jenisnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa kegunaan antiseptik bisa berbeda satu sama lain. Beberapa jenis dan kegunaan antiseptik yang perlu kamu tahu, di antaranya yaitu:

1. Alkohol

Larutan ini dikenal dapat menghancurkan kuman. Perlu kamu tahu, alkohol dengan konsentrasi 60-70% lebih efektif sebagai antiseptik jika dibandingkan dengan yang memiliki konsentrasi 90-95%. Tetapi untuk membersihkan luka, alkohol sebetulnya tidak dianjurkan untuk digunakan. Sebab, antiseptik yang satu ini dapat mengganggu kondisi jaringan sekitar luka dan memperlambat penyembuhan luka.

2. Chlorhexidine gluconate (CHG)

Chlorhexidine adalah salah satu jenis antiseptik yang dianjurkan untuk membersihkan luka terbuka. Chlorhexidine gluconate (CHG) misalnya, bekerja dengan merusak dinding bakteri (bakterisidal). Karena tidak bersifat iritatif, larutan ini seringkali digunakan untuk antiseptik tangan dan kulit daerah operasi. Bahkan umumnya, antiseptik ini digunakan untuk berkumur atau diberikan pada sabun antiseptik.

3. Povidone iodine

Povidone iodine adalah antiseptik yang biasa digunakan untuk membersihkan luka yang terkontaminasi, luka yang ada ketika tubuh akan dioperasi, atau membersihkan area kulit yang juga masih sehat. Pada umumnya, ini digunakan untuk mencegah infeksi kuman saat operasi. Larutan ini efektif melawan kuman penyebab infeksi, termasuk Staphylococcus aureus. Meski begitu, kamu harus hati-hati karena antiseptik ini bisa menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa perih, baik pada kulit maupun jaringan sekitar luka. Terkadang, hal ini juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit.

Apa Perbedaan Antiseptik dan Desinfektan?

Apa Perbedaan Antiseptik dan Desinfektan?

Selain definisi dan manfaatnya, kamu juga perlu memahami perbedaan antiseptik dan desinfektan. Setelah ini, kamu akan tahu kapan bisa menggunakan antiseptik dan kapan desinfektan diperlukan.

  • Antiseptik

Antiseptik biasanya mengandung biosida dengan konsentrasi biosida. Bahan ini dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan bahkan membunuhnya. Baik itu virus, bakteri, ataupun jamur. Antiseptik aman digunakan di jaringan tubuh dan tidak merusak jaringan sehat di sekitarnya. Bahan obat ini sering ditemukan di rumah sakit atau fasilitas medis lainnya. Sebab, antiseptik dapat mengurangi risiko infeksi selama operasi dan tindakan dokter lainnya.

  • Desinfektan

Desinfektan merupakan bahan kimia yang dapat membasmi kuman pada benda mati seperti dinding, lantai, gagang pintu, perlengkapan rumah, dan benda-benda lainnya. Tapi perlu kamu tahu, desinfektan tidak bisa membunuh semua mikroorganisme, terutama jenis-jenis yang resisten. Namun, bahan ini bisa menurunkan jumlah yang signifikan pada permukaan benda tersebut. Berbeda dengan antiseptik, desinfektan tidak boleh digunakan pada jaringan tubuh. Sebab, kandungannya yang berbeda berpotensi memicu kanker.

Kini semakin jelas fungsi dari antiseptik, ya. Agar tidak salah membedakan antiseptik dan desinfektan, sebaiknya kamu konsultasikan penggunaannya pada apoteker atau dokter. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kamu.

Kebutuhan Vitamin D Per Hari

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19?

Kebutuhan Vitamin D Per Hari – Di tengah kasus jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 semakin banyak, menjaga kebersihan diri dan juga memperkuat sistem imun tubuh adalah kunci utama agar tubuh tetap sehat. Salah satu vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga imunitas tubuh adalah vitamin D. Jenis vitamin satu ini bersifat larut dalam lemak. Dengan …

Berapa Kebutuhan Vitamin D Per Hari untuk Penderita Covid-19? Selengkapnya »

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati

Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati?

Berapa Lama Corona Bertahan di Benda Mati – Pandemi virus Covid-19 belum juga menemukan jalan keluarnya, khususnya di Indonesia. Protokol kesehatan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya, virus ini dapat menyebar secara cepat dari interaksi sehari-hari. Virus Covid-19 juga dapat bertahan hidup di benda-benda mati. Sebuah studi menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup …

Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Benda Mati? Selengkapnya »

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim – Pandemi virus Covid-19 di Indonesia belum kunjung menemukan titik akhir. Bahkan, semenjak awal kemunculannya hingga kini, jumlah kasus positif virus Corona kian meningkat. Menjelang akhir tahun 2020 jumlah penyebaran virus meningkat dengan drastis. Berdasarkan data dari Worldometers.info, kasus Covid-19 di seluruh dunia pada Minggu pagi (27/12/2020) yakni mencapai …

Bisakah Corona Menular Lewat Hubungan Intim? Ini Jawabannya Selengkapnya »

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri? Ini Jawabannya

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri – Corona menjadi sebuah virus yang sangat populer sepanjang tahun 2020. Bermula di Tiongkok, hanya dalam beberapa bulan saja virus ini menyebar ke berbagai belahan dunia. Tak terkecuali Indonesia. Salah satu hal yang membuat virus Corona ini populer adalah sulit untuk menanganinya. Penularannya bekerja sangat cepat dan penyembuhannya membutuhkan waktu. …

Apa Corona Bisa Sembuh Sendiri? Ini Jawabannya Selengkapnya »

Virus Corona Menyebar Melalui

Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini

Virus Corona Menyebar Melalui – Adakah yang belum mengenal Covid-19 atau virus Corona? Kita semua seharusnya sudah tidak asing lagi, karena virus yang satu ini sudah mengubah cara hidup orang-orang yang tinggal di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Virus ini mulanya muncul di China. Hanya dalam waktu beberapa bulan, virus Corona mulai menyebar ke seluruh …

Waspadai, Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Ini Selengkapnya »