• Banner Blog - Pyfahealth Official Store

Antioksidan

Antioksidan – Tubuh manusia membutuhkan banyak nutrisi. Jika kamu kekurangan nutrisi, kekebalan tubuhmu juga akan melemah. Akibatnya, kamu bisa lebih rentan terhadap beragam penyakit. Namun, jangan khawatir, permasalahan tersebut bisa dicegah selama kamu menjaga asupan baik untuk diri sendiri. Sebut saja, makanan yang bisa menyehatkan sel-sel dalam tubuh. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menyehatkan tubuh misalnya antioksidan.

Mengapa antioksidan ini penting? Pertama, kamu harus tahu dulu apa itu antioksidan dan bagaimana manfaatnya. Zat baik ini sebetulnya bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai jenis makanan, sampai suplemen tambahan yang dijual bebas di pasar.

Apa Itu Antioksidan?

Apa Itu Antioksidan?

Antioksidan adalah sebuah zat yang bisa memperlambat dan mencegah kerusakan sel akibat reaksi aktif dari sentuhan oksidan atau yang lebih dikenal radikal bebas. Nah, perlu kamu tahu, bukan hanya virus dan bakteri jahat yang berbahaya untuk tubuh. Radikal bebas ini juga bisa mengancam kesehatan.

Dalam keadaan terburuk, radikal bebas ini menjadi biang dari penyakit-penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. Darimana datangnya radikal bebas? Radikal bebas dihasilkan dari reaksi kimia yang biasa terjadi di dalam tubuh. Kita bisa menyebutnya oksidasi.

Suatu hal yang mustahil kalau sel tubuh kamu tidak mengalami oksidasi. Apalagi, jika kamu menghirup banyak polusi, melakukan aktivitas berat, dan memiliki penyakit. Oksidasi akan semakin berat terjadi. Stres juga perlu kamu waspadai.

Pada kondisi inilah antioksidan dibutuhkan. Zat ini akan bekerja melawan proses oksidasi tersebut. Meski pada dasarnya tubuh memiliki antioksidan alami, tetapi jika jumlah radikal bebasnya terlalu banyak, tubuh memerlukan asupan tambahan.

Apa Saja Manfaat Antioksidan?

Apa Saja Manfaat Antioksidan?

Manfaat antioksidan yang utama, sekali lagi, untuk memperlambat dan mencegah kerusakan sel. Nah, sel ini berada di seluruh bagian tubuh kita. Artinya, banyak sekali dampak baik antioksidan bagi tubuh kita.

Untuk organ jantung misalnya, antioksidan bisa mencegah kamu mengalami penyakit jantung koroner. Berkat bantuan zat ini, risiko penyakit alzheimer dan stroke karena adanya kerusakan sel di otak dan saraf juga bisa diminimalisir. Kalau untuk kesehatan kulit, keberadaan antioksidan sendiri bisa mencegah penuaan dini.

Begitulah cara kerja antioksidan. Dengan jumlah yang mencukupi, antioksidan akan mengimbangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Kalau kamu kekurangan antioksidan, akan terlihat dari permukaan kulit yang keriput sejak usia muda.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Antioksidan?

Apa Saja Makanan yang Mengandung Antioksidan?

Pernah dengar vitamin C dan vitamin B baik untuk tubuh kulit? Itu benar. Kedua nutrisi ini merupakan antioksidan yang paling banyak dikenal orang. Nah, sebetulnya, kamu juga bisa menemukan antioksidan dari makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Mungkin saja kamu tidak menyadari.

Zat ini banyak terdapat dalam vitamin dan fitonutrien. Mulai dari vitamin E, vitamin C, hingga karotenoid yang banyak terdapat pada buah dan sayur. Tetapi, tidak melulu ada di dua jenis makanan itu saja. Ada beberapa pilihan makanan yang mengandung antioksidan untuk kamu.

1. Coklat hitam (dark chocolate)

Sudah bukan rahasia lagi jika dark chocolate dikenal sebagai ‘coklat baik’ atau coklat yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Alasannya ada pada kandungan makanan ini. Coklat hitam atau dark chocolate mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi.

2. Kopi dan teh

Bersyukurlah jika kamu termasuk penikmat kopi ataupun teh. Dua minuman ini bisa menekan risiko penyumbatan pembuluh darah pada arteri dan melawan sel kanker. Ada kandungan antioksidan baik di dalamnya, di antaranya flavanoid dan polifenol.

3. Biji-bijian

Biji-bijian juga bisa menjadi opsi makanan yang mengandung antioksidan. Contohnya, ada beras merah yang mengandung antioksidan berupa zinc dan selenium. Konsumsi rutin biji-bijian akan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh.

4. Buah-buahan

Buah-buahan banyak mengandung vitamin. Belum lagi serat-seratnya. Nah, antioksidan juga terkandung di dalamnya. Buah yang kaya akan vitamin C seperti mangga, jambu biji, kiwi, dan pepaya juga memiliki antioksidan yang tinggi. Buah yang berwarna merah berwarna merah cerah juga bisa jadi pilihan. Ada kandungan antosianin tinggi di dalamnya, yang juga merupakan antioksidan. Buah ini contohnya adalah stroberi dan buah naga merah.

5. Sayur-sayuran

Sayur juga mengandung nutrisi berupa antioksidan yang diperlukan tubuh. Salah satunya yaitu daun bayam. Sayur ini mengandung antioksidan tinggi dan beta karoten untuk menekan risiko kanker. Selain bayam, ada pula brokoli yang memiliki kandungan serupa.

Sekarang kamu sudah lebih mengenali antioksidan dan manfaatnya, nih. Banyak pilihan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Kalau ingin asupan lebih, suplemen seperti LDLox, Imudator, dan Imudator Sirup juga bisa kamu konsumsi. Atau, untuk si kecil, kamu juga bisa memberikannya Kidimun Sirup, namun sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu, ya.

Makanan yang Baik untuk Ginjal

8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu

Makanan yang Baik untuk Ginjal – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh vital dan memegang fungsi penting. Ginjal berfungsi sebagai penyaring sisa metabolisme dan mengeluarkannya melalui urin. Mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dapat membantu dan mengoptimalkan kerja ginjal. Apabila fungsi kerja ginjal terganggu, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Ginjal bekerja dengan menyaring kotoran …

8 Jenis Makanan Ini Baik untuk Ginjal Kamu Selengkapnya »

Makanan yang Mengandung Antioksidan

6 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Makanan yang Mengandung Antioksidan – Antioksidan adalah satu satu molekul yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adalah zat yang terbentuk di dalam tubuh saat terjadi proses metabolisme. Radikal bebas berisiko merusak sel dalam tubuh dan menimbulkan penyakit serius. Radikal bebas dapat mengakibatkan kanker, meningkatnya risiko kerusakan ginjal, penyempitan pembuluh darah, …

6 Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi Selengkapnya »