• shopee-bigramadhansale-1920x745

Antiinflamasi

Antiinflamasi – Jika mendengar informasi tentang antiinflamasi, mungkin beberapa orang belum memahaminya. Hal tersebut bisa terjadi karena istilah yang satu ini sangat jarang digunakan pada orang awam. Meskipun begitu, antiinflamasi sering menimpa kita dalam keadaan tertentu. Nah, jika ingin tahu apa itu antiinflamasi, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Antiinflamasi Adalah...

Pengertian Antiinflamasi Adalah…

Antiinflamasi adalah suatu obat yang mampu mengatasi peradangan pada tubuh. Umumnya, peradangan tersebut bisa terjadi karena serangan mikroorganisme. Biasanya, gejala pada inflamasi adalah panas pada tubuh, adanya bercak merah, bengkak, hingga sakit pada bagian tertentu. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah obat antiinflamasi dalam dua bagian. Pertama adalah antiinflamasi non steroid (AINS) dan kedua yaitu antiinflamasi steroid (AIS).

Apa Itu Antiinflamasi Non Steroid dan Steroid?

Secara garis besar, obat antiinflamasi non steroid adalah sebuah obat yang sering menggunakan resep dokter dan dijual bebas. Obat tersebut tentunya sudah teruji secara klinis sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat. Sedangkan, obat antiinflamasi steroid adalah sebuah obat dengan efek yang lebih kuat. Selain itu, antiinflamasi steroid juga dapat mengobati berbagai peradangan lainnya seperti radang usus, asma, radang mata, dan masih banyak lagi. Selain kedua obat tersebut, ada pula berbagai jenis obat antiinflamasi alami yang bisa kamu coba.

Jenis-jenis Obat Antiinflamasi Alami

Jenis-jenis Obat Antiinflamasi Alami

Ketika kamu merasakan peradangan, pastinya dokter akan memberikan obat antiinflamasi. Akan tetapi, menggunakan obat-obatan tentunya memiliki efek samping. Untunglah ada beberapa obat antiinflamasi alami yang jauh lebih aman. Berbagai obat antiinflamsi alami tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kunyit

Siapa sangka, salah satu rempah-rempah yang sering kamu temukan di dapur ini adalah obat antiinflamasi alami. Biasanya, kunyit dijual dalam bentuk bubuk ataupun rimpang jika menemukannya di pasar. Di dalam kunyit terdapat zat yang bernama kurkumin. Dengan adanya kurkumin tersebut, sangat ampuh sebagai antiinflamasi karena dalam zat tersebut terdapat banyak antioksidan.

2. Jahe

Selanjutnya, ada pula jahe yang memang sudah lama dikenal sebagai tanaman obat alami. Kandungan zat dalam jahe memiliki sifat antiinflamasi yang cukup banyak, yakni sitokin dan enzim siklooksigenase. Dalam beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa jahe dapat mengobati tubuh seperti radang sendi.

3. Kayu manis

Obat antiinflamasi yang terakhir adalah kayu manis. Salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma khas tersebut memiliki antibakteri penyebab sakit tenggorokan. Untuk lebih memaksimalkan kandungan obat dalam kayu manis, kamu bisa mencampurkannya pada masakan atau minuman seperti susu dan madu. Saat ditambahkan pada segelas air hangat, maka khasiatnya bisa lebih terasa.

Makanan yang Mengandung Antiinflamasi

Makanan yang Mengandung Antiinflamasi

Selain rempah-rempah, obat antiinflamasi juga terdapat dalam makanan. Jangan pernah remehkan peradangan di dalam tubuh. Sebab, hal tersebut membuat kondisinya menjadi lebih parah. Bahkan, tidak jarang dapat menyerang tubuh lainnya jika keadaan sudah kronis. Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung antiinflamasi.

1. Buah-buahan

Tentunya, di dalam buah-buahan sangat banyak mengandung vitamin. Bahkan, beberapa buah yang ada saat ini memiliki antiinflamasi. Contohnya yaitu seperti beri, alpukat, anggur, tomat, dan ceri. Buah-buah tersebut sudah terbukti memiliki zat antiinflamasi yang sangat tinggi. Selain itu, di dalam buah yang sudah disebutkan tadi juga memiliki zat untuk menurunkan terjadinya kanker.

2. Brokoli, jamur, dan paprika

Beralih ke sayur-sayuran. Ada pula beberapa sayuran yang memiliki zat antiinflamasi. Brokoli misalnya, sayuran yang satu ini memiliki zat antioksidan yang sangat banyak. Sementara jenis jamur seperti shiitake, portobello, serta truffle memiliki zat bernama fenol yang juga dapat digunakan sebagai antiinflamasi.

Lalu, bagaimana dengan paprika? Di dalamnya, terkandung zat quercetin untuk mengatasi peradangan. Ditambah lagi, di dalam paprika juga terdapat zat sarkoidosis untuk mengatasi munculnya sel-sel yang terkena peradangan pada tubuh.

3. Coklat

Makanan coklat banyak disukai orang karena sangat nikmat. Namun, tidak hanya rasanya saja yang enak, tetapi juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat pada tubuh. Kandungan flavonoid pada coklat sangat berguna untuk antiinflamasi. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan khasiatnya, pastikan kandungan kakaonya minimal 70%.

4. Ikan

Selama ini, ikan dianggap sebagai sumber protein. Namun, faktanya ikan juga memiliki zat antiinflamasi. Kandungan asam lemaknya mempunyai efek sebagai obat peradangan pada tubuh. Berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan antiinflamasi antara lain salmon, sarden, kembung, dan teri.

Obat antiinflamasi sebenarnya sangat banyak di pasaran. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa obat alami yang bisa kamu gunakan seperti poin di atas. Untuk merawat kulit, gunakan produk yang memiliki efek antiinflamasi seperti Calmosan Cream, DI-HERB, dan Pyderen Emulsion. Namun, jika gejala radang belum sembuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini

Manfaat Jahe untuk Kesehatan – Sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan dalam pengobatan tradisional, jahe memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman rimpang satu ini memang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Diketahui bahwa dalam 100 gram jahe terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persen karbohidrat, 9 persen …

Kenali 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini Selengkapnya »

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

5 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya – Ada banyak jenis sayuran di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi mungkin sayur bayam, kangkung, atau daun pepaya. Tapi, sayuran seperti daun kelor juga bisa menjadi pilihan. Daun kelor sebetulnya adalah tanaman yang biasa tumbuh di India, tapi familiar juga di negara tropis …

5 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya Selengkapnya »

Cara Mengobati Batuk Pada Anak

7 Cara Mengobati Batuk pada Anak

Cara Mengobati Batuk Pada Anak – Setiap orang bisa terserang penyakit, baik usianya dewasa ataupun masih anak-anak. Salah satu penyakit yang cenderung sering dialami seseorang adalah batuk. Awalnya, tak jarang orang dewasa menyepelekan batuk, persepsi berubah semenjak pandemi Covid-19. Ada hal lain yang lebih mengkhawatirkan yaitu jika batuk menyerang anak-anak. Anak-anak belum sepenuhnya memahami kalau …

7 Cara Mengobati Batuk pada Anak Selengkapnya »

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam

Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam – Telinga adalah organ penting pada tubuh manusia. Sejak menginjak sekolah dasar, pengetahuan memberikan informasi bahwa telinga berfungsi menjaga keseimbangan tubuh. Selain fungsi utamanya yaitu membiarkan manusia untuk mendengar berbagai suara. Tapi, telinga tidak selalu sehat. Setelah melakukan kerja kerasnya setiap hari, telinga juga bisa lelah. Kamu mungkin pernah …

7 Cara Mengobati Sakit Telinga Bagian Dalam Selengkapnya »

Cara Mengobati Luka Bakar

5 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah

Cara Mengobati Luka Bakar – Luka bakar bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti ketika memasak di dapur, risiko kecelakaan mungkin terjadi. Luka bakar sendiri merupakan kondisi terjadinya kerusakan pada permukaan kulit akibat panas yang mengenai kulit secara langsung. Risiko luka bakar bisa terjadi karena adanya kontak langsung dengan sumber panas, seperti setrika, korek api, percikan air mendidih, …

5 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah Selengkapnya »