• shopee-bigramadhansale-1920x745
Persendian yang Terjadi Antara Tulang Lengan Atas dan Bahu Disebut Sendi

Persendian yang Terjadi Antara Tulang Lengan Atas dan Bahu Disebut Sendi?

Persendian yang Terjadi Antara Tulang Lengan Atas dan Bahu Disebut Sendi? – Tubuh manusia terdiri dari beragam tulang dan sendi, sehingga tidak banyak yang tahu apa saja nama dan peran dari masing-masing tulang dan sendi tersebut. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai persendian yang terletak antara tulang lengan dan atas bahu. Ternyata, masih banyak lho yang belum tahu nama dan peran sendi tersebut. Langsung saja, berikut pembahasanya.

Persendian yang terjadi antara tulang lengan atas dan bahu disebut sendi peluru atau endartrosis. Apa sih sendi peluru itu? Lalu, mengapa dinamakan sendi peluru?

Apa Itu Sendi Peluru?

Sendi peluru merupakan sendi yang memiliki bentuk di mana bagian ujung satunya berbentuk bongkol atau kapsul, sehingga membuat sendi ini mirip seperti peluru yang masuk ke tulang lain yang memiliki bentuk cekung. Sendi peluru bisa kamu temukan pada bagian tulang lengan atas dengan bahu, atau pada tulang paha dan tulang pinggul.

Sendi Peluru Merupakan Sendi Diartrosis, Apa Itu Sendi Diartrosis?

Sendi diartrosis merupakan sendi yang bisa digerakkan secara bebas dan leluasa. Dari jenisnya sendiri, sendir diartrosis terbagi menjadi lima jenis. Salah satunya yaitu sendi peluru. Untuk lebih membantu kamu mengenal sendi ini, berikut penjelasannya.

Official Store Pyfa Health

1. Sendi peluru

Seperti penjelasan sebelumnya, sendi peluru merupakan jenis sendi yang memungkinkan kamu untuk melakukan gerakan secara bebas. Salah satu contohnya bisa kamu temukan pada tulang lengan atas, tulang belikat, ataupun pada bagian tulang pinggul dan paha. Namanya sendiri diambil karena bentuknya yang sedikit membulat dan masuk ke ujung tulang lain yang berongga, seperti peluru yang masuk kedalam tulang. Sendi inilah yang memungkinkan kamu bisa menggerakan bagian tulang tertentu secara bebas.

2. Sendi engsel

Sesuai dengan namanya, sendi ini diibaratkan sebagai engsel pintu, yaitu bisa bergerak membuka ataupun menutup. Dengan kata lain, sendi ini hanya bisa bergerak satu arah saja. Gerakan tersebut yaitu ke depan atau belakang. Sendi engsel bisa kamu temui di antara tulang siku dan tulang lutut.

3. Sendi putar

Sesuai dengan namanya, pasti kamu sudah bisa menebak fungsi sendi yang satu ini, bukan? Sendi putar merupakan salah satu jenis sendi yang memungkinkan anggota tubuh bisa bergerak secara memutar. Gerakan memutar ini bisa kamu temukan pada tulang tengkorak dan tulang leher. Sendi ini jugalah yang membuat kamu bisa menggerakan leher secara memutar, mengangguk, ataupun menggelengkan.

4. Sendi pelana

Sendi ini memungkinkan kamu melakukan dua gerakan, yaitu ke depan-belakang dan samping. Sesuai dengan namanya, sendi ini hanya berfungsi sebagai penghubung antara dua tulang di mana bentuknya seperti pelana. Sendi pelana bisa kamu temukan pada pangkal ibu jari.

5. Sendi geser

Sendi geser berperan sebagai penghubung pada bagian tulang yang berbentuk datar. Sesuai dengan namanya, kerja sendi ini yaitu bergeser di atas tulang lainnya. Sendi ini bisa kamu temukan pada tulang pergelangan tangan dan kaki.

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai sendi peluru, yaitu persendian yang terjadi antara tulang lengan atas dan bahu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *