• shopee-bigramadhansale-1920x745
Perbedaan Vitamin D dan D3

Perbedaan Vitamin D dan D3 yang Jarang Diketahui

Perbedaan Vitamin D dan D3Vitamin D merupakan salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang satu ini sangat bermanfaat khususnya pada kesehatan tulang, jantung, otak, dan juga otot. Meskipun vitamin D ini jarang dibahas, namun fungsinya sama besar dengan jenis vitamin lain seperti vitamin A maupun C.

Berbicara tentang vitamin D, sebenarnya memiliki bagian lainnya yang bernama vitamin D3. Meskipun memiliki nama yang sama, sebenarnya ada perbedaan antara vitamin D dan D3. Beberapa perbedaan keduanya adalah sebagai berikut.

Perbedaan Vitamin D dan D3

Inilah perbedaan vitamin D dan D3 yang jarang diketahui. Dengan begitu, kamu bisa paham apa yang membedakan vitamin D dan D3.

1. Bentuk vitamin

Sebelumnya, sudah kita singgung bahwa vitamin D merupakan “induk” dari jenis vitamin D lainnya seperti D3 dan D2. Bisa dikatakan, vitamin D3 adalah bentuk paling alami atau bentuk aktif dari vitamin D. Nama ilmiah untuk vitamin D3 adalah kolekalsiferol.

Official Store Pyfa Health

Selain itu, vitamin D masih memiliki bentuk lain yang bernama D2. Nah, vitamin D2 juga masih satu keluarga dengan vitamin D sebagai “induk”nya. Untuk jenis vitamin D2 disebut dengan ergokalsiferol.

2. Sumber berasal

Untuk sumber vitamin D dan D3 ini memiliki sedikit perbedaan. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari langsung. Sebenarnya, vitamin D3 juga ada di sinar matahari. Akan tetapi, vitamin D3 juga bisa ditemukan pada sumber makanan khususnya jenis hewani.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin D3 antara lain ikan berlemak, minyak ikan, kuning telur, mentega, dan juga daging. Selain dari sumber makanan, vitamin D3 juga bisa didapatkan dari suplemen makanan. Maka dari itu, beberapa suplemen makanan vitamin D yang kamu konsumsi adalah jenis vitamin D3.

3. Fungsi utama

Sebelumnya juga kita sudah pahami bahwa vitamin D memiliki fungsi untuk kesehatan tulang, jantung, otak, dan juga otot. Nah, vitamin D3 berfungsi sebagai penyempurna asupan vitamin D di dalam tubuh kita.

Pada dasarnya, sumber utama vitamin D adalah dari sinar matahari. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki waktu yang sama untuk berjemur. Maka dari itu, kita juga membutuhkan vitamin D3 melalui makanan dan juga suplemen. Dengan begitu, kebutuhan vitamin D di dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Ingin membeli suplemen dan vitamin D serta D3? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Jumlah Asupan Vitamin D dan D3 di Dalam Tubuh

Jika dilihat berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, manusia membutuhkan asupan vitamin D sebanyak 15 mikrogram (mcg) baik untuk pria dan wanita. Angka tersebut termasuk pada jenis vitamin D2 maupun D3. Jika dilihat dari jumlahnya, vitamin D3 lebih banyak beredar di dalam tubuh kita.

Meskipun secara angka yang dikeluarkan AKG sudah ada, namun bukan berarti berlaku untuk semua orang di dunia. Sebab, setiap manusia memiliki perbedaan dari sisi geografis, warna kulit, dan juga makanan. Oleh sebab itu, angka tersebut hanya berlaku untuk Indonesia saja.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Vitamin D3 untuk Kesehatan Pria.

Cara Menggunakan Vitamin D dengan Baik

Baik vitamin D dan D3 harus didapatkan secukupnya. Penggunaan suplemen juga harus diatur dengan baik terutama ketika asupan vitamin dan mineral dari makanan tidak bisa terpenuhi. Harus diperhatikan bahwa suplemen vitamin D3 adalah pelengkap, bukan sebagai pengganti nutrisi dalam makanan.

Beberapa kondisi yang sangat membutuhkan suplemen makanan adalah saat terkena penyakit, hamil, atau sedang mengonsumsi obat yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Konsumsilah vitamin D3 sesuai petunjuk kemasan atau dari dokter.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D3 dan Manfaatnya.

Demikianlah beberapa perbedaan vitamin D dan D3 yang jarang diketahui banyak orang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan selalu jaga kesehatan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D dan D3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *