• shopee-bigramadhansale-1920x745
Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang

Apa Saja Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang?

Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang – Apa kamu pernah merasa payudara terasa nyeri dan juga kencang? Kondisi tersebut tidak bisa dianggap remeh karena bisa jadi kamu mengidap penyakit serius. Contohnya seperti kanker payudara yang memang memiliki ciri-ciri seperti itu. Akan tetapi, kamu tidak perlu takut berlebihan karena faktanya payudara yang terasa nyeri dan kencang juga sering dialami oleh seluruh wanita di dunia.

Di dalam dunia kesehatan payudara, keadaan tersebut memiliki istilah bernama mastalgia. Kondisi mastalgia sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari payudara yang sakit ketika disentuh, serta payudara yang terasa panas dan juga terasa kencang pada kondisi tertentu. Ketika wanita merasakan mastalgian, maka kondisi tersebut bisa terus-menerus atau bahkan lama.

Penyebab Payudara Terasa Nyeri dan Kencang

Memang sebelumnya kita sudah mengetahui istilah mastalgia untuk kondisi payudara terasa nyeri dan kencang. Akan tetapi, kita tetap harus tahu apa penyebab utama kondisi ini bisa terjadi. Maka dari itu, beberapa kemungkinan yang terjadi adalah sebagai berikut.

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon bisa jadi penyebab rasa nyeri pada payudara. Biasanya, perubahan hormon ini bisa terlihat pada siklus haid pada wanita. Kadar hormon estrogen dan juga progesteron yang berubah dapat memicu kondisi payudara. Contohnya seperti pembengkakan, nyeri, dan juga terasa kencang.

Official Store Pyfa Health

Untuk perubahan kadar hormon tersebut, biasanya berlangsung selama dua sampai tiga hari sebelum haid. Bahkan, rasa sakitnya akan terus berlangsung ketika haid terjadi. Di sini, kamu bisa catat tanggal haid dan juga rasa sakit di payudara. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui polanya.

Baca Juga: Ciri-ciri Wanita Sudah Memasuki Masa Menopause.

2. Bra yang kurang pas

Selain karena perubahan hormon, bisa jadi penyebab lainnya adalah penggunaan bra yang kurang pas. Maksud dari kurang pas ini adalah ukurannya yang terlalu kecil atau bahkan terlampau besar. Layaknya sebuah pakaian penggunaan bra yang tidak pas membuat adanya tekanan pada payudara sehingga rasa nyeri dan kencang pun akan dirasakan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan payudara? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Minum obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan juga bisa memicu adanya rasa sakit pada payudara. Beberapa contoh obat-obatan yang bisa memicu rasa sakit di payudara antara lain obat gangguan mental, obat untuk kardiovaskular atau jantung, hingga obat yang memiliki efek pada hormon reproduktif.

4. Terjadi cedera pada payudara

Tidak jauh berbeda dengan organ tubuh lainnya, payudara juga bisa mengalami cedera atau luka. Biasanya, cedera pada payudara bisa terjadi karena terkena kecelakaan, ketika olahraga, bahkan bekas operasi di sekitar payudara.

Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa terasa tajam, nyeri sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Jika merasakan keadaan ini, sebaiknya periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Proses menyusui

Untuk kamu yang sudah memiliki anak, menyusui juga bisa menjadi sumber rasa sakit di payudara. Beberapa kejadian ketika menyusui antara lain cara bayi yang kurang tepat ketika menghisap payudara atau puting sering digigit oleh bayi.

Rasa sakit ketika menyusui terbilang sering umum terjadi. Akan tetapi, ketika rasa nyeri tersebut masih terasa terus-menerus, maka segera bicarakan dengan dokter.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Wanita Menopause yang Bisa Dicoba.

Cara Mengatasi Rasa Nyeri dan Kencang pada Payudara

Untuk langkah mengatasi hal tersebut, kamu bisa coba gunakan beberapa poin di bawah ini.

  • Selalu gunakan bra yang pas dan nyaman.
  • Lakukan kompres dengan air hangat ketika sakit muncul.
  • Selalu perhatikan asupan makanan.
  • Lakukan olahraga.
  • Hindari merokok.

Jika beberapa poin di atas sudah dilakukan namun masih ada masalah, maka segera hubungi dokter. Itulah beberapa poin penyebab payudara nyeri dan kencang. Semoga artikel ini bermanfaat. Jaga terus kesehatan payudara kamu. Inilah beberapa rekomendasi produk untuk menjaga kesehatan payudara.

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Payudara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *