• shopee-bigramadhansale-1920x745
Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung

Penyebab Diego Maradona Meninggal, Diduga Akibat Serangan Jantung – Legenda sepak bola asal Argentina, Diego Armando Maradona, dikabarkan meninggal pada Rabu, 25 November 2020, pada malam hari. Ia menutup usia di tahun ke 60 dalam hidupnya. Berita ini menjadi kabar duka bagi di seantero jagat, karena Maradona dikenal sebagai atlet berbakat di ajang sepak bola dunia.

Pada masanya, Maradona bermain dengan sangat impresif di lapangan hijau. Aksi memukau karena kemampuannya meliuk-liukan tubuh untuk menjaga bola tetap dalam kendalinya. Keahliannya membawa harum nama klum maupun Timnas Argentina. Lalu, apa penyebab kematiannya?

Penyebab dan Kronologi Diego Maradona Meninggal

Berbagai media mengabarkan Maradona meninggal karena jantungnya mendadak terhenti di rumahnya. Kejadian sebetulnya bermula begini. Maradona dibawa ke di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina, pada awal November. Setelah menjalani pemeriksaan, Maradona ternyata harus dioperasi pada Selasa (3/11/2020). Hasil pemeriksaan CT scan menunjukkan adanya hematoma subdural.

Hematoma subdural adalah kumpulan darah yang meramaikan permukaan otak. Kumpulan darah tersebut tepatnya ada di antara dua lapisan pelindung otak, duramater, dan arachnoid. Kumpulan atau gumpalan darah biasanya muncul karena terjadi benturan atau pukulan keras di bagian kepala.

Official Store Pyfa Health

Beruntung pada saat itu, operasi yang dijalani Maradona berjalan lancar. Ia pun mendapat izin untuk pulang kembali ke kediamannya pada pertengahan Desember. Tidak ada kabar lagi dari Maradona. Hingga beberapa waktu lalu, ia menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Penyebab Diego Maradona meninggal ini mengagetkan semua orang, karena banyak orang yang menilainya hidup sehat karena merupakan seorang atlet. Usut punya usut, pada November tahun lalu, ternyata Giannina Maradona, putri Diego Maradona, mengungkapkan kondisi kesehatan ayahnya menurun akibat gaya hidup yang sembrono ketika masih muda. Maradona ternyata sempat kecanduan obat-obatan terlarang.

Ingin membeli suplemen atau vitamin untuk kebutuhan harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Serangan Jantung

Mari mengenal lebih jauh, apa itu serangan jantung. Serangan jantung adalah gangguan jantung serius yang terjadi akibat aliran darah ke otot jantung terhambat. Aliran darah ini adalah kunci jantung dapat bekerja. Ketika aliran darah terhenti, jantung tidak dapat menjalankan fungsinya untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Penyebab utama serangan jantung sebetulnya adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi pada kondisi tubuh yang mana pada pembuluh yang memasok darah ke jantung, itu tersumbat. Penyumbatan bisa terjadi karena ada timbunan kolesterol yang mengeras atau membentuk plak di dinding pembuluh darah kamu.

Gejala serangan jantung

Ada beberapa gejala serangan jantung yang perlu kamu ketahui. Waspadai jika ini terjadi, bisa jadi kamu sedang mengalami serangan jantung. Akibatnya fatal, dapat menghilangkan nyawa seseorang, seperti yang terjadi pada Maradona.

  • Nyeri dada
  • Sesak napas atau napas berat
  • Keringat dingin
  • Gelisah
  • Pusing

Pengobatan serangan jantung

Jika kamu mengalami serangan jantung, kamu harus segera mendapatkan penanganan khusus. Seseorang harus segera membawa kamu ke dokter, atau ke instalasi gawat darurat di rumah sakit. Semakin cepat kamu ditangani, semakin baik untuk jantungmu.

Jika diperlukan, dokter akan menganjurkan mekanisme tertentu agar jantung dapat menjalankan fungsinya, di saat jantungmu sudah tidak bugar. Misalnya berupa pemberian obat-obatan atau pun pemasangan ring pada jantung. Metode pengobatan yang akan diterapkan pada kamu, tergantung pada tingkat parahnya serangan jantung, dan juga waktu terjadinya keluhan.

Pencegahan serangan jantung

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini juga berlaku untuk menghindari serangan jantung. Sebab, pada keadaan tertentu, resiko kematian akibat serangan jantung tidak dapat dihindari.

Ingat yang dikatakan anak Maradona, bahwa kesehatan ayahnya menurun karena gaya hidup yang buruk di usia muda. Untuk mencegah serangan jantung, kamu memang harus menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti:

  • Berhenti merokok
  • Tidak meminum minuman beralkohol
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengelola stres dengan baik
  • Memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh dan serat
  • Menghilangkan lemak yang menumpuk, baik di perut atau pun di bagian tubuh lainnya
  • Mengobati diabetes dan hipertensi, jika kamu memiliki riwayat penyakit ini

Kematian maradona memberikan kesedihan di seluruh dunia. Pengalamannya di lapangan hijau patut untuk dikenang. Penyebab meninggalnya atlet ini juga mengingatkan diri untuk hidup sehat. Kamu jangan menyerah untuk terus hidup sehat, ya. Jika perlu, konsumsi suplemen pengontrol kolesterol untuk mencegah terjadinya serangan jantung, misalnya saja seperti LDLox dari Pyfa Health. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *