• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Olahraga untuk Wanita Menopause

5 Olahraga untuk Wanita Menopause yang Bisa Dicoba

Olahraga untuk Wanita Menopause – Untuk para wanita, pada saat usianya mencapai 40 atau 50 tahun, menopause akan terjadi. Hal ini menyebabkan hormon reproduksi berhenti, yang ditandai dengan siklus menstruasi yang berakhir secara alami.

Apalagi, pada masa menopause, wanita menjadi rentan terhadap peningkatan berat badan. Lalu, apa olahraga yang bisa dicoba untuk wanita menopause? Silahkan kamu simak sebagai berikut.

Mengapa Olahraga Penting?

Jumlah aktivitas yang semakin berkurang membuat wanita menopause berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan dan menumpuknya lemak di daerah pinggang.

Menurunnya kadar hormon estrogen pada wanita menopause, menyebabkan nafsu makan yang lebih besar dan kehilangan hasrat untuk melakukan aktivitas fisik. Akibatnya, massa otot wanita menopause semakin berkurang.

Berkurangnya hormon estrogen juga dapat menurunkan tingkat metabolisme. Alhasil, tubuh memiliki cadangan lemak yang lebih dan berat badan cenderung meningkat.

Oleh sebab itu, olahraga sangat penting untuk dilakukan oleh wanita yang mengalami menopause agar terhindar dari kenaikan berat badan yang terlalu drastis. Dengan olahraga yang rutin, berat badan dapat dikontrol. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi.

Manfaat Olahraga pada Masa Menopause

Berolahraga secara rutin pada masa menopause memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  • Menurunkan risiko penyakit perapuhan tulang atau osteoporosis.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
  • Meningkatkan resistensi insulin.
  • Menjaga persendian dan otot agar lebih kuat.
  • Meredakan depresi dan gangguan kecemasan.
  • Meningkatkan mood.

Dengan berbagai manfaat tersebut, maka mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin. Dengan demikian, kamu dapat terbebas dari berbagai gangguan kesehatan pada masa lansia nanti.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk wanita menopause? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Olahraga untuk Wanita Menopause yang Bisa Dicoba

Berikut ini adalah lima jenis olahraga untuk wanita menopause yang bisa dicoba.

1. Kardio

Kardio merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan detak jantung dan kerja paru-paru lebih dari biasanya. Kardio juga dapat membantu menurunkan berat badan, untuk wanita menopause. Selain itu, risiko penyakit yang mungkin terjadi saat menopause, contohnya penyakit jantung dan osteoporosis (kerapuhan tulang) dapat dicegah melalui kardio. Beberapa jenis kardio yang dapat dilakukan oleh wanita menopause, antara lain:

  • Berjalan
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Menari

2. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan adalah olahraga yang efektif untuk mengurangi lemak di perut dan membangun jaringan otot. Latihan kekuatan juga diperlukan oleh wanita menopause untuk membantu memperlambat kondisi osteoporosis atau kerapuhan tulang.

Olahraga latihan kekuatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengangkat alat berat atau pipa resistensi. Disarankan wanita menopause menggunakan bantuan pelatih. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya cedera.

3. Circuit training

Circuit training adalah olahraga yang mengombinasikan aerobik dengan latihan kekuatan. Olahraga ini efektif untuk membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan pada wanita menopause.

4. Yoga

Yoga dapat dilakukan untuk melatih pernafasan dan melepas rasa stres. Yoga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk memaksimalkan olahraga, yoga dapat dilakukan bersamaan dengan aerobik, latihan kekuatan, atau olahraga lainnya.

5. Zumba

Zumba merupakan olahraga yang cukup populer. Olahraga zumba dilakukan dengan sekelompok orang, sehingga kamu tidak akan mudah bosan. Gerakan zumba dapat membakar kalori dan melatih otot-otot di tubuh.

Itulah olahraga yang dapat dilakukan oleh wanita menopause. Melakukan olahraga memang penting untuk menurunkan berat badan bagi wanita pada saat menaopause. Namun, tentunya olahraga harus disertai dengan mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori, serta tidur yang cukup dan berkualitas. Agar terhindar dari anemia, rajin mengonsumsi zat besi juga sangat disarankan. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Wanita Menopause

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *