• shopee-bigramadhansale-1920x745
Obat Jerawat Alami untuk Anak Remaja

5 Kandungan Obat Jerawat Alami untuk Anak Remaja

Obat Jerawat Alami untuk Anak Remaja – Jerawat adalah gangguan kesehatan kulit yang dialami oleh seseorang sejak masa remaja. Tapi, tahukah kamu jerawat yang tumbuh ketika remaja itu berbeda dengan jerawat yang tumbuh saat dewasa? Perbedaan ini yang kemudian membuat kulit kamu memerlukan perawatan yang berbeda.

Perbedaan Jerawat Remaja dan Dewasa

Membutuhkan perawatan yang berbeda, simak perbedaan jerawat pada masa remaja dan dewasa berikut ini.

  • Jerawat masa remaja

Jerawat yang tumbuh ketika kamu masih remaja, biasanya dipengaruhi oleh hormon androgen. Ketika tubuh sedang mengalami peningkatan hormon tersebut, misalnya ketika masuk ke siklus menstruasi, jerawat bisa tumbuh di area pipi, dahi, hingga hidung.

Dalam prosesnya, hormon androgen yang meningkat menyebabkan sebuah kelenjar bernama sebasea, menghasilkan minyak berlebih terutama pada bagian wajah. Ketika produksi minyak berlebihan, pori-pori akan tersumbat bersama dengan kotoran-kotoran dan bakteri, yang selanjutnya menimbulkan jerawat.

Nah, yang membedakannya dengan jerawat dewasa, jerawat masa remaja cenderung cepat hilang. Sebab, sel di masa remaja lebih cepat beregenerasi dibandingkan ketika seseorang sudah beranjak dewasa.

Official Store Pyfa Health
  • Jerawat dewasa

Regenerasi sel usia seseorang di atas 30 tahun lebih lambat dari sebelumnya. Jangan kaget kalau jerawat lebih lama hilang dibanding ketika kamu masih muda. Jerawat dewasa biasanya muncul di sekitar rahang, dagu, dan mulut.

Penyebab jerawat orang dewasa timbul, lebih kepada gaya hidup yang kurang sehat, disertai dengan beban pikiran berat yang menimbulkan stres. Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol jika kamu merasa jerawat sering muncul di permukaan kulit.

Dalam beberapa kondisi, jerawat juga tumbuh karena kamu memakan makanan olahan, junk food, camilan yang mengandung banyak gula, dan produk susu. Makanya, kalau kamu semakin dewasa, sering sekali mendengar anjuran menjaga pola hidup sehat dan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh, bukan?

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Kandungan Obat Alami untuk jerawat Anak Remaja

Kulit remaja masih sangat muda dan sehat. Jangan tergesa-gesa memakai obat penawar jerawat yang mengandung kandungan kimia tinggi untuk kulit remaja. Karena, bisa jadi bukan jerawatnya saja yang sembuh, tapi kulit juga menjadi rusak dan rentan terhadap gangguan.

Sebaiknya, kamu menggunakan kandungan obat jerawat alami untuk anak remaja. Inilah beberapa bahan atau kandungan alami yang baik untuk mengatasi jerawat pada anak remaja.

1. Green tea

Green tea bukan bahan alami yang sulit ditemukan. Dari minuman saja, semakin banyak restoran yang menyediakan minuman green tea untuk kamu nikmati. Begitupun untuk perawatan wajah, banyak produk perawatan yang menawarkan kandungan green tea.

Green tea mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan inilah yang dapat membantu mengatasi jerawat, dengan mengurangi peradangan kulit dan melindunginya dari kerusakan oksidatif. Ada juga kandungan catechin yang akan melawan bakteri dan mengontrol keseimbangan hormon anak remaja.

2. Tea tree

Banyak yang mengira tea tree adalah kandungan yang terdapat pada teh. Padahal, sebetulnya tidak. Meski begitu, tea tree memiliki manfaat baik untuk wajah, terutama untuk mengatasi jerawat remaja.

Tea tree dapat mengempeskan jerawat yang tumbuh di wajahmu, tanpa memberikan efek samping yang berarti. Bahan alami ini juga dapat mengeringkan komedo dan noda hitam yang timbul karena jerawat.

Tea tree dikenal sama efektifnya dengan Benzoyl peroxide. sama-sama dapat mengobati jerawat, namun lebih unggul sebab bersifat alami. Cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit wajah yang sensitif.

Baca Juga: 6 Vitamin untuk Kulit Cantik dan Sehat.

3. Prebiotic

Kalau kamu masih remaja dan terganggu dengan jerawat di wajah, coba cari produk perawatan yang mengandung prebiotic sebagai obat jerawat alami untuk anak remaja. Bahan alami ini akan membantu kulit wajah menghilangkan bakteri-bakteri penyebab jerawat.

Selain dapat membasmi bakteri jahat penyebab jerawat, prebiotic juga dapat mengembalikan warna kulit. Kalau benar-benar alami, kamu bisa memperoleh kandungan ini dari pisang, bawang putih, dan bawang merah.

4. Willow bark

Willow bark adalah kandungan lain dari obat jerawat alami untuk anak remaja. Bahan ini dapat meningkatkan kemampuan pergantian sel-sel kulit. Selanjutnya, akan menyeimbangkan produksi sebum alami kulit.

Keberadaan willow bark dalam produk perawatan kulit akan menenangkan dan mengurangi warna kemerahan yang muncul pada kulit. Fungsi ini biasa disebut anti-inflamasi. Kandungan Propionibacterium acnes dan Staphylococcus aureus di dalam willow bark juga dapat mencegah jerawat datang kembali.

5. Witch hazel

Witch hazel mungkin jarang ditemukan di produk perawatan kulit lokal. Memang, bahan ini biasanya terdapat di produk perawatan kulit wajah asal Amerika. Sama seperti willow bark, witch hazel juga memiliki fungsi anti-inflamasi yang akan menenangkan jerawat.

Pada witch hazel juga terdapat kandungan astringent yang akan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah, menghaluskan pori-pori, dan mencegah timbulnya noda baru. Bahan ini dipercaya tidak akan merusak produksi minyak alai dan membuat kulit kering.

Baca Juga: Rahasia Kulit Glowing Seo Dal Mi di Film Startup yang Bisa Kamu Contek.

Sekarang kamu sudah tahu bukan jika jerawat remaja membutuhkan sentuhan yang lebih ringan karena kulitnya masih muda? Kandungan obat jerawat alami untuk remaja di atas bisa kamu perhatikan ketika sedang memilih produk perawatan kulit wajah.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *