• shopee-bigramadhansale-1920x745
Obat Herbal Batu Ginjal

5 Jenis Obat Herbal Batu Ginjal untuk Pengobatan Secara Alami

Obat Herbal Batu Ginjal – Untuk kamu yang belum tahu, batu ginjal merupakan sebuah benda yang terbentuk dari endapan mineral dan bersarang pada organ ginjal. Ada banyak faktor yang memengaruhi terbentuknya batu ginjal tersebut. Meskipun dinamakan batu ginjal, akan tetapi batu ini bisa terbentuk pada tempat lain selama berada di saluran kemih. Contohnya seperti ureter, kandung kemih, maupun saluran kencing.

Jika ukuran batu ginjal masih kecil, maka akan dibuang melalui urine. Akan tetapi, jika ukurannya sangat besar maka perlu dilakukan pengobatan. Mulai dari menggunakan obat-obatan berdasarkan prosedur medis hingga melalui jalan operasi.

Jenis-jenis Obat Herbal Batu Ginjal

Sebenarnya, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi adanya batu ginjal. Beberapa obat herbal tersebut bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Minum air putih

Air putih merupakan jenis obat batu ginjal alami yang sangat direkomendasikan. Dengan banyak minum air putih, kerja ginjal menjadi lebih lancar untuk dapat memecah mineral. Meskipun begitu, minum air putih tidak bisa otomatis menghancurkan atau minimal menghilangkan batu ginjal. Peran air putih ini hanya untuk membantu mengeluarkan batu yang ada di dalam ginjal agar bisa melewati ureter.

Official Store Pyfa Health

Hal itu dikarenakan cairan yang sudah masuk dapat membantu pembuatan urine. Maka dari itu, minum air putih bisa mendorong batu ginjal agar bisa keluar lebih cepat. Cara tersebut cukup ampuh untuk jenis batu ginjal yang ukurannya kecil. Untuk efektivitas yang lebih besar, sebaiknya konsumsi juga dengan obat batu ginjal dari dokter.

2. Air lemon

Bahan alami lainnya untuk mengatasi batu ginjal adalah air lemon. Kamu bisa mengombinasikan air minum dengan menambahkan lemon segar. Berdasarkan Harvard Health Publishing, lemon yang mengandung asam sitrat ini dapat membantu memecahkan batu ginjal hingga berukuran kecil. Dengan begitu, bisa dibuang melalui urine.

3. Buah delima

Ternyata, buah delima bisa mengatasi batu ginjal secara alami. Pada buah delima terdapat kandungan antioksidan yang sangat banyak ditambah juga dengan polifenol. Cara kerja buah delima ini adalah dapat membantu mineral dan garam berlebih sehingga bisa terbuang melalui urine. Dengan begitu, pengendapan kalsium, urea, hingga asam urat tidak akan terjadi.

4. Cuka apel

Di dalam cuka apel terdapat asam asetat yang dipercaya bisa memecah hingga melarutkan batu ginjal hingga berukuran kecil. Ditambah lagi, cuka apel ini bisa mengurangi rasa sakit hingga radang dari batu ginjal. Hal tersebut juga sudah dibuktikan oleh penelitian dari BJU internasional.

5. Jus seledri

Beberapa kalangan cukup membicarakan jus seledri sebagai obat alami untuk mengatasi batu ginjal. Tidak jauh berbeda dengan sayuran lainnya, di dalam seledri terdapat kalium, vitamin A, vitamin C, dan juga berbagai antioksidan lainnya. Bahkan, kandungan antioksidan di dalam jus seledri bisa meningkatkan produksi urine. Hal tersebut bisa mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal baru.

Cara Alternatif Mengatasi Batu Ginjal

Selain menggunakan obat-obatan herbal, kamu juga bisa menggunakan cara alternatif untuk mengatasi batu ginjal. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut.

Hindarilah minum-minuman berkafein maupun bersoda.

Kurangi makanan yang sangat tinggi oksalat (contohnya seperti bayam dan almond).

Batasi makanan yang tinggi protein hewani, seperti daging, telur, dan makanan laut.

Jika kamu menerapkan berbagai cara di atas, kemungkinan terkena batu ginjal semakin kecil. Pastikan juga untuk selalu konsultasi dengan dokter untuk mengatasi batu ginjal agar tidak mengganggu tubuh.

Demikian berbagai obat herbal batu ginjal secara alami. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Jaga terus kesehatan ginjal kamu dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan vitamin untuk kesehatan ginjal berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Ginjal

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *