• shopee-bigramadhansale-1920x745
Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan?

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan – Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil terus meningkat. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari mengonsumsi susu hamil. Ketika hamil, mungkin kamu sering bertanya-tanya, sebaiknya pada saat usia kandungan berapa bulan mulai minum susu hamil? Lalu, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memilih susu hamil yang baik? Simak penjelasannya berikut ini.

Minum Susu Hamil Sebaiknya Usia Kandungan Berapa Bulan?

Ibu hamil disarankan untuk mulai minum susu hamil pada saat usia kandungan 3 bulan atau saat trimester 1. Sebab, pada usia kandungan 3 bulan atau trimester 1, janin mulai tumbuh dan berkembang, sehingga akan membutuhkan asupan gizi yang memadai.

Ibu hamil sendiri dianjurkan untuk minum susu tersebut sebanyak 3 gelas per hari. Susu hamil tidak hanya menjadi pelengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, tetapi juga berperan penting dalam menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Nutrisi-nutrisi tersebut misalnya saja seperti kalsium, protein, fosfor, kalium, AHA, DHA, vitamin D, hingga asam folat.

Kandungan nutrisi-nutrisi tersebutlah yang membuat susu menjadi salah salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh para ibu. Susu untuk ibu hamil juga tidak hanya bisa diminum pada usia kandungan muda atau trimester pertama, tapi juga dibutuhkan pada saat usia kandungan sudah memasuki trimester kedua hingga trimester ketiga.

Official Store Pyfa Health

Lantas, Apa Manfaat Minum Susu Hamil?

Selain dari makanan, asupan nutrisi dari minuman seperti susu juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian ibu hamil. Susu adalah pelengkap yang menyumbang cukup banyak energi dan zat gizi selama masa kehamilan.

Terpenuhinya asupan nutrisi dari makanan dan minuman bisa membantu para ibu hamil mencapai berat badan ideal dan sehat saat hamil. Itulah sebabnya ibu hamil kerap disarankan untuk minum susu khusus hamil saat sedang mengandung.

Terlebih lagi, susu juga tidak hanya mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh para ibu, tetapi juga untuk mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Misalnya saja kalsium. Kandungan kalsium di dalam susu hamil dapat mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Susu yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Susu hamil yang saat ini banyak beredar di pasaran pada dasarnya adalah susu sapi biasa, namun sudah difortifikasi atau ditambahkan dengan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Agar mendapatkan susu yang bagus untuk ibu hamil, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memilihnya.

1. Perhatikan kandungan gizinya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nutrisi di dalam susu hamil antara lain seperti kalsium, protein, fosfor, kalium, AHA, DHA, vitamin D, hingga asam folat. Beberapa susu khusus kehamilan juga dilengkapi oleh vitamin B6 yang dapat bermanfaat untuk membantu menghilangkan mual saat hamil.

Maka, semakin lengkap kandungan gizi yang dikandung oleh susu hamil, semakin bagus pula susu tersebut untuk diminum selama masa kehamilan.

2. Pilih susu yang sudah dipasteurisasi

Susu hamil yang bagus adalah yang sudah dipasteurisasi. Pasteurisasi sendiri merupakan proses pemanasan susu dengan suhu tinggi yang bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, susu tersebut dinilai aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Hindari minum susu yang belum dipasteurisasi atau susu mentah karena dapat membahayakan kehamilan. Sebab, di dalamnya masih mengandung bakteri sehingga berisiko menyebabkan penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikroba.

Nah, itulah jawaban dari minum susu hamil sebaiknya usia kandungan berapa bulan? Serta penjelasan mengenai manfaat dan kandungan yang bagus dalam susu hamil. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *