• shopee-bigramadhansale-1920x745
Menu Diet Saat Puasa

6 Rekomendasi Menu Diet Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba

Menu Diet Saat Puasa – Untuk beberapa orang, menjalankan diet merupakan hal yang sangat sulit. Godaan makanan baru terus mengancam ketika program diet dijalankan. Saat memasuki bulan Ramadhan, hal ini bisa menjadi poin penting untuk melaksanakan program diet.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa di bulan Ramadhan umat islam diwajibkan untuk berpuasa. Artinya, aktivitas makan hanya bisa dilakukan saat sahur dan sesudah adzan maghrib. Untuk memastikan program diet kamu tetap berhasil, yuk simak rekomendasi menu diet saat puasa berikut ini.

Rekomendasi Menu Diet Saat Puasa yang Bisa Kamu Coba

Inilah enam rekomendasi menu diet saat puasa. Dengan begitu, program diet kamu bisa tetap berhasil dijalankan saat bulan puasa nanti.

1. Sayur sop

Di dalam sayur terkandung berbagai macam vitamin, serat, dan juga mineral yang penting untuk tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi sayuran pada bulan puasa harus ditingkatkan. Apalagi, di dalam sayur sangat sedikit kandungan lemak. Hal ini sangat pas sebagai menu buka puasa untuk yang menjalani program diet.

Official Store Pyfa Health

Contoh sayuran yang sangat tinggi serat antara lain bayam, brokoli, hingga wortel. Kamu bisa manfaatkan untuk membuat sayur sup dari bahan-bahan tersebut.

2. Dada ayam panggang

Saat kita diet, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi daging. Sebab, daging juga dibutuhkan oleh tubuh, yakni sumber protein hewani. Menu daging yang cocok untuk program diet saat berbuka puasa adalah dada ayam panggang.

Untuk membuatnya pun tidak perlu susah-susah, karena cukup ditambahkan sedikit garam dan lada saja. Ditambah lagi, waktu masaknya pun terbilang singkat. Hal ini membuat kamu cepat menyajikannya.

3. Ikan kukus

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya dengan protein, vitamin, dan juga mineral. Untuk jenis ikan salmon dan tuna bahkan memiliki kandungan tambahan seperti omega 3 dan juga asam lemak. Hal itu membuat jantung jadi lebih sehat.

Untuk kamu yang menjalani program diet, bisa mengonsumsi ikan kukus. Namun, ingat! Tidak boleh konsumsi ikan yang digoreng ya jika kamu sedang diet.

4. Sayur pecel

Bisa dikatakan, sayur pecel merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Menu yang berasal dari Jawa Timur ini sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu menyiapkan bumbu dan berbagai jenis sayuran yang sudah dikukus. Panganan ini sangat pas untuk menu diet saat buka puasa.

5. Capcay

Capcay juga merupakan sebuah makanan kombinasi antara sayuran, telur, dan bakso. Dengan kandungan yang tanpa lemak dan kalori, ini sangat pas untuk menu diet. Apalagi, kombinasi tersebut menjadikan rasanya lezat sekaligus sehat. Jadi, mau buka puasa dengan capcay?

6. Buah-buahan

Ya, buah-buahan adalah salah satu makanan yang cukup wajib untuk program diet. Hal ini dikarenakan, buah-buahan kaya dengan serat dan memiliki pengaruh besar dalam program diet. Kamu bisa sahur maupun buka puasa dengan makan buah-buahan terlebih dahulu.

Namun, pastikan kamu mengonsumsi buah murni tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya. Maka dari itu, saat buka puasa sebaiknya konsumsi buah yang masih segar baik dalam bentuk jus atau dimakan langsung.

Aturan Diet Saat Puasa

  • Melakukan program diet di bulan puasa memiliki beberapa aturan yang harus kamu ikuti. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.
  • Pilih makanan yang merupakan sumber energi.
  • Perhatikan porsi makan agar tidak berlebihan baik saat sahur maupun buka puasa.
  • Tetap olahraga saat berpuasa. Sebaiknya, pilih olahraga yang tidak terlalu berat.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, biji olahan, berminyak, makanan olahan, dan sayuran bertepung.

Demikian enam rekomendasi menu diet saat buka puasa. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *