• shopee-bigramadhansale-1920x745
Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari?

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari? – Lalat seringkali hinggap pada makanan. Walaupun hanya sebentar, tapi apakah kita boleh tetap memakan makanan tersebut? Jawabannya tentu adalah tidak. Lantas, mengapa makanan yang dihinggapi oleh lalat sebaiknya kamu hindari?

Mengapa Makanan yang Dihinggapi oleh Lalat Sebaiknya Kamu Hindari?

Jawabannya adalah karena meskipun lalat memiliki bentuk yang kecil, tetapi lalat penuh dengan beragam jenis bakteri dan juga kuman, yang berpotensi dapat membahayakan kesehatan.

Rata-rata lalat membawa 200 jenis bakteri di dalam tubuhnya. Ratusan bakteri itu tersebut juga termasuk kotoran dan makanan busuk yang sebelumnya sudah lalat tersebut hinggapi, lho. Jadi, sebaiknya kamu hindari atau buang makanan yang sudah dihinggapi lalat tersebut, ya.

Nantinya, bakteri-bakteri dan kotoran tersebut bisa menyebar dengan sangat cepat dan dampaknya bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Official Store Pyfa Health

Bakteri yang dibawa oleh lalat adalah E. coli dan Salmonella. Kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan diare hingga penyakit tifus.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Tifus dan Cara Pengobatannya.

Penyakit lain yang bisa disebabkan oleh bakteri-bakteri lainnya dari lalat adalah kolera, infeksi mata, dan infeksi kulit.

Alasan lainnya adalah karena hampir semua lalat yang mendarat di makanan kamu akan muntah di atasnya. Lalat tidak bisa mengunyah, jadi lalat akan mengeluarkan enzim pencernaan ke atas makanan sebelum menelannya lagi.

‘Muntahan’ lalat tersebut tidak bisa bertahan hidup lebih lama di permukaan makanan. Namun, saat kamu memakan makanan yang sudah dihinggapi lalat, ‘muntahan’ lalat yang berbentuk kuman dan bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dan langsung memicu infeksi. Jadi, sebaiknya kamu membuang makanan yang dihinggapi lalat.

Cara Mencegah Lalat Hinggap di Makanan

Untuk menghindari bakteri dari makanan yang sudah dihinggapi lalat, kamu tetap bisa mencegah lalat untuk hinggap di makanan kamu, kok. Salah satunya adalah selalu menutup makanan dengan penutup makanan apapun.

Jangan biarkan makanan kamu terbuka begitu saja. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan makanan di lemari agar aman dari hinggapan lalat.

Jadi kesimpulannya, makanan yang sudah dihinggapi lalat sebaiknya dibuang atau jangan dimakan, ya. Karena makanan yang sudah dihinggapi lalat banyak mengandung bakteri yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Penyakit-penyakit tersebut nantinya bisa membuat kamu mengalami sakit perut, atau yang lebih parahnya bakteri atau virus yang dibawanya bisa membuat kamu mengalami sakit parah lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *