• shopee-bigramadhansale-1920x745
Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur pada Pagi Hari

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur pada Pagi Hari? Ini Jawabannya

Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur pada Pagi Hari? – Semenjak pandemi virus Covid-19 belum juga usai, ada satu saran menarik yang terus digaungkan oleh pihak kesehatan. Anjuran tersebut adalah berjemur di bawah sinar matahari pada saat pagi hari. Tentunya, hal ini membuat kita bertanya-tanya, mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari?

Sinar UV dan Dampaknya pada Tubuh

Banyak yang belum tahu bahwa sinar matahari yang selalu menyorot bumi dari pagi hingga sore memiliki tiga jenis. Jika dilihat dari gelombangnya, tiga jenis sinar matahari tersebut adalah UVA, UVB, dan UVC. Untuk sinar yang memiliki gelombang pendek bernama UVC. Sedangkan untuk gelombang yang panjang adalah UVA.

Dari tiga jenis sinar tersebut, memiliki dampak yang berbeda-beda pada tubuh. Contohnya saja saat kulit terkena jenis sinar UVA, maka kulit mengalami penuaan hingga keriput. Lalu, saat kulit terkena sinar matahari jenis UVB, maka bisa menyebabkan kanker, DNA kulit rusak, hingga menyebabkan kulit terbakar.

Golongan Indeks UV

WHO telah mengeluarkan panduan untuk melihat indeks sinar UV yang baik untuk tubuh. Untuk panduan tersebut telah dibagi menjadi sebelas golongan. Kamu bisa lihat daftarnya di bawah ini.

Official Store Pyfa Health

1. Indeks 1-2

Pada jenis yang pertama, risiko berbahaya pada kulit terbilang rendah. Akan tetapi, tidak boleh terkena tubuh lebih dari dua jam.

2. Indeks 3-5

Untuk jenis yang kedua, risiko berbahayanya tergolong sedang. Artinya, kamu tidak boleh berjemur selama 30 sampai satu jam karena bisa membuat kulit terbakar.

3. Indeks 6-7

Pada bagian ini, risiko bahaya pada kulit tinggi. Di sini, kita harus menggunakan pelindung tambahan seperti baju tertutup, topi, dan krim tabir surya.

4. Indeks 8-10

Di sini, risiko pada kulit sangat berbahaya. Artinya, kamu tidak boleh keluar rumah sama sekali.

5. Indeks 11 ke atas

Pada bagian indeks yang satu ini memiliki risiko ekstrem. Sama dengan poin sebelumnya, kamu tidak keluar rumah sama sekali.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Alasan Mengapa Kita Dianjurkan untuk Berjemur pada Pagi Hari

Meskipun terdengar berbahaya, namun sinar UV tersebut memiliki waktu yang berbeda-beda dalam sehari. Pasalnya, intensitas radiasi UV relatif rendah pada waktu tertentu. Dengan begitu, sinar matahari yang dirasakan pada kulit relatif aman. Bahkan, pancarannya bisa membantu tubuh kita dalam membentuk vitamin D. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui indeks UV di sekitar kita.

Untuk indonesia sendiri, ada waktu berjemur yang sangat aman sebelum pukul 09.00 pagi. Jika kamu melewatkannya, sebenarnya kita juga bisa berjemur pada sore hari sekitar jam 15:00. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara tropis yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Dengan begitu, indeks UV di Indonesia terbilang tinggi dibandingkan negara lainnya.

Baca Juga: Ciri-ciri Kekurangan Vitamin D yang Mudah Dikenali.

Tips Berjemur Agar Efektif

Agar kita bisa mendapatkan hasil maksimal ketika berjemur, maka beberapa tips yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Durasi berjemur di bawah matahari hanya sekitar 5 hingga 15 menit.
  • Menggunakan sunscreen jenis SPF 30 agar tidak terjadi kanker kulit.
  • Pakai sunscreen saat 15 menit sebelum berjemur. Hal ini dilakukan agar kandungannya dapat terserap sempurna.
  • Pastikan sinar matahari dapat mengenai tubuh secara langsung.
  • Ketika Indeks UV ada di angka sedang, menggunakan pakaian lengan panjang.
  • Tambahkan olahraga ringan agar dapat lebih sehat.
  • Minum banyak air putih setelah berjemur.

Baca Juga: 6 Gejala Kekurangan Vitamin D yang Umum Terjadi.

Demikian beberapa poin tentang mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *