• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Vitamin K

Apa Saja Manfaat Vitamin K untuk Tubuh? Berikut Penjelasannya

Manfaat Vitamin K – Salah satu manfaat vitamin K yang umum dan banyak diketahui yaitu bisa menjaga kesehatan dan perkembangan tulang. Vitamin K memainkan peran penting sebagai pencegah osteoporosis dan memelihara kepadatan mineral yang ada pada tulang.

Tulang kita mencapai kekuatan dan kepadatan maksimum ketika berusia 20-30 tahun. Setelah itu, komposisi tulang akan terus menyusut sejalan usia yang terus menua. Hal itu juga diikuti dengan kepadatan mineral tulang yang terus menurun. Oleh karena itu, osteoporosis biasanya menyerang orang di usia usia 50 dan wanita pascamenopause.

Kebutuhan vitamin K penting untuk menjaga tulang tetap sehat, Namun adalah manfaat lainnya, langsung saja berikut ini adalah empat manfaat vitamin K untuk tubuh.

Manfaat Vitamin K untuk Tubuh

Vitamin K memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa sajakah itu? Inilah deretan manfaat vitamin K untuk tubuh yang wajib kamu tahu.

Official Store Pyfa Health

1. Membantu proses mempercepat pembekuan darah

Manfaat vitamin K yang tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan tulang yaitu mempercepat proses pembekuan darah. Berkat vitamin K, darah yang mengalir akibat luka bisa berhenti dengan sendirinya. Selain pendarahan yang terjadi di luar tubuh, vitamin K juga berperan untuk menghentikan perdarahan yang di dalam tubuh.

Bagi wanita, rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin K juga baik untuk menghentikan pendarahan berlebihan selama menstruasi, bahkan bisa mengurangi rasa sakit saat menstruasi berlangsung.

2. Mencegah kanker prostat dan paru-paru

Selain aliran darah, vitamin K juga berperan penting sebagai pencegah munculnya risiko kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru. Penemuan ini diungkapkan dari hasil penelitian yang dilakukan dalam American Journal Clinical Nutrition. Penelitian ini menunjukkan 24.340 orang Jerman berusia 25 hingga 64 tahun yang rutin mendapatkan asupan vitamin K dari makanan seperti sayuran hijau, memiliki risiko lebih kecil untuk terserang kanker ini.

3. Memperlancar aliran darah dan mencegah aterosklerosis

Ada manfaat vitamin K lainnya yang tidak kalah penting, yaitu bisa menjaga asupan kalsium pada di tulang. Peran vitamin K di sini didapat dari vitamin K2, yang berperan dalam mengatur kalsium, sehingga kalsium tidak menetap di pembuluh darah. Kalsium yang menumpuk pada pembuluh darah juga bisa berakibat buruk, yaitu bisa menyebabkan aterosklerosis atau penebalan dan penyempitan pembuluh darah.

Di sisi lain, vitamin K juga berperan untuk menunjang distribusi kalsium dari darah ke tulang, sehingga kondisi kesehatan dan kekuatan tulang tetap terjaga. Dengan begitu, risiko penyumbatan kalsium dalam aliran darah dan gangguan aterosklerosis pun bisa diminimalisir.

4. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya yaitu karena aliran darah yang tidak lancar. Kasus ini kerap terjadi pada pembuluh darah di sekitar jantung. Selain lemak, aliran darah yang mengalami sumbatan bisa terjadi karena kurangnya asupan kalsium dan vitamin K. Kandungan ini berperan peran penting untuk menjaga kalsium tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

Penelitian dilakukan pada tahun 2015 oleh Dr. Katarzyna Mahrez, Koordinator Yayasan Sains dan Kesehatan Internasional di Krakow membuktikan jika jenis vitamin K, yaitu vitamin K2 bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung. Vitamin ini berperan penting untuk mencegah tumpukan kalsium dalam darah, sehingga fleksibilitas arteri bisa terjaga. Dengan begitu, munculnya risiko penyakit jantung bisa ditekan.

Untuk mendapat asupan vitamin K yang cukup, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, stroberi, telur, hati ayam, dan ikan. Nah, itulah pembahasan mengenai empat manfaat vitamin K untuk tubuh. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *