• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Vitamin D3 untuk Ibu Hamil

Yuk, Ketahui 4 Manfaat Vitamin D3 untuk Ibu Hamil

Manfaat Vitamin D3 untuk Ibu Hamil – Seperti yang kita tahu, ibu hamil membutuhkan nutrisi tambahan yang lebih lengkap untuk dirinya dan kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Sebab, setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna juga oleh si kecil dan mempengaruhi tumbuh kembangnya di sana.

Salah satu asupan nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil adalah vitamin D3. Meski sering dianggap remeh dan tidak terlalu diperhatikan, nyatanya komponen nutrisi yang satu ini memegang peran yang cukup krusial dalam tumbuh kembang janin. Terutama terkait kesehatan tulang dan otak.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan pembahasan lebih lanjut mengenai apa saja manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil. Penasaran, kan? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Kenapa Ibu Hamil Memerlukan Asupan Gizi yang Lengkap?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari vitamin D3 untuk ibu hamil, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai kenapa sih asupan gizi pada ibu hamil harus sangat diperhatikan.

Official Store Pyfa Health

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, asupan nutrisi pada ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Nutrisi ini juga yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak nantinya.

Gaya hidup seorang ibu hamil yang kurang baik atau tidak memperhatikan asupan nutrisi tentu dapat merugikan janinnya juga. Sebagai contoh, ibu hamil yang sembarangan dalam mengonsumsi makanan maupun minuman dapat membuat kondisi janinnya mengalami kelainan kesehatan. Kelainan ini dapat berupa fisik maupun mental, mulai dari kurangnya berat badan saat lahir, cacat bawaan, gangguan tumbuh kembang, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk itu, bagi mereka yang sedang dalam kondisi hamil harus benar-benar memperhatikan setiap asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Mengonsumsi buah, sayur dan makanan bergizi yang lain harus rutin dilakukan agar perkembangan janin tetap sehat dan terhindar dari risiko cacat bawaan.

Baca Juga: Perbedaan Vitamin D dan D3 yang Jarang Diketahui.

Mengonsumsi vitamin D3 yang ideal untuk ibu hamil berkisar antara 400 hingga 800 IU. Namun pada kondisi tertentu dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin tersebut lebih dari 2000 IU. Meski tergolong dosis yang cukup besar, namun jumlah tersebut dianggap masih aman untuk memenuhi kebutuhan janin dan ibunya.

Ingin membeli suplemen dan vitamin D3 untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

Manfaat Vitamin D3 untuk Ibu Hamil

Nah, setelah membahas mengenai alasan pentingnya asupan gizi yang lengkap bagi seorang ibu hamil di atas. Vitamin D3 merupakan salah satu asupan nutrisi yang harus selalu diperhatikan. Komponen ini dapat diperoleh dari konsumsi kuning telur, minyak ikan, salmon, sarden, tuna, jamur kancing, dan masih banyak lagi lainnya. Di bawah ini adalah beberapa manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil.

1. Membantu peran perkembangan otot dan tulang janin

Selain berguna untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan gigi ibu hamil, vitamin D3 juga dapat digunakan untuk membantu perkembangan otot dan tulang pada si kecil dalam kandungan.

Ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin ini dapat membuat kondisi janinnya mengalami kelainan tulang seperti rakitis. Kondisi tersebut membuat tulang pada si kecil menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

2. Menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil

Preeklampsia merupakan salah satu masalah serius dalam kehamilan. Jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini dapat mengancam jiwa ibu hamil dan janinnya.

Secara sederhana, preeklampsia merupakan sebuah kondisi komplikasi di mana ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi disertai dengan kandungan protein dalam urin yang tinggi pula. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan dapat memicu terjadinya kejang, stroke, koma bahkan hingga kematian.

Nah, berbagai macam penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin D yang cukup dapat membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi tersebut.

3. Menurunkan risiko asma pada si kecil

Terdapat berbagai macam penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko asma atau gangguan pernapasan.

Ibu hamil yang melakukan konsumsi vitamin D3 secara cukup dan rutin dapat menurunkan persentase risiko asma tersebut pada buah hatinya. Hal ini didukung oleh dua penelitian yang dilakukan secara acak pada anak-anak yang ibunya mengonsumsi vitamin D selama masa kehamilan. Dikatakan bahwa anak tersebut cenderung tidak mengalami alergi pada debu atau tungau serta memiliki faktor risiko yang rendah terhadap asma.

4. Menurunkan risiko terjadinya kelahiran prematur

Bayi yang terlahir secara prematur biasanya lebih berisiko tidak bisa diselamatkan. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan bayi tersebut yang harus segera mendapatkan penanganan intensif, lantaran beberapa organnya belum berkembang secara sempurna.

Nah, manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan faktor risiko terjadinya kelahiran prematur ini. Pernyataan tersebut didukung dengan berbagai macam penelitian terkait manfaat vitamin D pada masa kehamilan.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh University of California. Di mana pada penelitian tersebut disebutkan bahwa konsumsi vitamin D yang cukup dapat menjaga imunitas tubuh janin. Sehingga akan terhindar dari risiko terjadinya infeksi atau peradangan yang memicu terjadinya kelahiran prematur.

Baca Juga: 3 Perbedaan Vitamin D3 dan Vitamin D2 Berdasarkan Manfaatnya.

Demikianlah artikel mengenai manfaat vitamin D3 untuk ibu hamil kali ini. Pada intinya, ibu hamil harus senantiasa memperhatikan asupan gizi yang ia konsumsi. Sebab bagaimana pun, janin dalam kandungan akan menyerap nutrisi yang sama seperti yang dikonsumsi oleh ibunya. Kekurangan vitamin D atau nutrisi yang lain dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil maupun si kecil.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D3 untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *