• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Vitamin B

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Vitamin B – Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang punya peranan penting untuk tubuh. Zat yang satu ini dapat memberikan pertumbuhan hingga perkembangan untuk fungsi tubuh. Apakah kamu ingin tahu apa saja jenis-jenis dan manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh? Yuk, ikuti ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis dan Manfaat Vitamin B

Pada dasarnya, di dalam tubuh kita terdapat delapan jenis vitamin B complex. Dari delapan jenis vitamin B tersebut ada berbagai manfaat yang berbeda-beda. Beberapa jenis dan manfaat vitamin B di dalam tubuh adalah sebagai berikut.

  • Vitamin B1

Jenis yang pertama adalah vitamin B1. Vitamin yang memiliki nama latin thiamine ini memiliki peran untuk menjaga sistem saraf di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B1 juga berperan dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sebuah energi.

Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B1 melalui telur, roti dari biji-bijian utuh, susu, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, dan juga sayuran seperti kacang polong. Untuk wanita, kebutuhan vitamin B1 yang diperlukan adalah 0,8 mg. Sedangkan pada pria adalah 1 mg setiap harinya.

Official Store Pyfa Health
  • Vitamin B2

Jenis yang kedua adalah vitamin B2 yang memiliki nama latin riboflavin. Kelebihan dari vitamin ini adalah dapat menjaga kulit dan juga mata kita agar tetap sehat. Untuk wanita, jumlah konsumsi yang dibutuhkan adalah 1,1 mg. Lalu, untuk pria ada di kisaran 1,3 mg. Manfaat lain dari vitamin B2 ini adalah dapat menjaga sistem saraf sehingga tetap sehat, mencerna zat karbohidrat, protein, serta lemak dalam makanan.

Sumber vitamin B2 ada di dalam makanan seperti ikan, sayuran, nasi, dan susu. Akan tetapi, sebaiknya makanan tidak boleh terpapar sinar matahari. Sebab, hal tersebut bisa merusak kandungan vitamin B2 di dalam makanan tersebut.

  • Vitamin B3

Vitamin B3 atau yang bisa juga disebut dengan niacin merupakan jenis vitamin B yang dapat menjaga sistem saraf agar tetap bekerja baik. Selain itu, vitamin B3 juga dapat menjaga kesehatan kulit serta mengubah makanan menjadi sumber energi.

Untuk mendapatkan sumber vitamin B3 adalah dari susu, kacang-kacangan, telur, ikan, dan juga daging sapi. Jumlah kebutuhan harian pada wanita adalah 13 mg. Sedangkan pada pria ada di kisaran 17 mg.

  • Vitamin B5

Vitamin B5 dapat membantu pertumbuhan tubuh dan juga sangat penting dalam produksi hormon. Vitamin B5 juga dapat mengubah makanan menjadi energi. Vitamin yang memiliki nama latin Pantothenic acid ini dapat ditemukan pada makanan seperti daging sapi, tomat, telur, brokoli, daging ayam, nasi merah, dan juga kentang.

  • Vitamin B6

Vitamin yang satu ini dapat membantu pembentukan hemoglobin yang mempunyai peran untuk mengedarkan oksigen dari darah ke tubuh. Vitamin yang memiliki nama latin pyridoxine ini juga berperan untuk mengubah protein dan juga karbohidrat pada makanan menjadi energi.

Untuk bisa mendapatkan sumber vitamin B6, kamu bisa mengonsumsi susu, kentang, ikan, daging ayam, dan juga pisang. Pada wanita, kebutuhan harian vitamin B6 adalah 1,2 mg. Lalu, untuk pria ada di kisaran 1,4 mg.

  • Vitamin B7

Vitamin B7 mempunyai peranan penting untuk memecah lemak dan juga karbohidrat menjadi asam lemak serta glukosa sehingga menjadi energi. Vitamin yang mempunyai nama latin biotin ini juga bermanfaat untuk pertumbuhan kuku dan juga rambut. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin B7 melalui pisang, salmon, sereal, wortel, kembang kol, dan juga hati.

  • Vitamin B9

Vitamin B9 memiliki peranan penting untuk memproduksi sel darah merah, membantu sel-sel tubuh dalam pembuatan, dan juga menjaga DNA. Saat ibu hamil, vitamin yang memiliki nama latin folic acid ini dapat mengurangi risiko bayi cacat. Kamu bisa menemukan sumber vitamin B9 melalui makanan seperti brokoli, kacang, asparagus, bayam, sereal, hingga hati ayam.

  • Vitamin B12

Terakhir adalah vitamin B12 yang sangat penting dalam produksi sel darah merah, proses pembuatan vitamin B9, dan juga mengubah makanan menjadi energi. Untuk orang dewasa, perlu mengonsumsi vitamin yang memiliki nama latin cobalamin ini sebanyak 1,5 mcg dalam sehari. Sumber vitamin B12 ada dalam makanan seperti salmon, daging, keju, susu, dan juga telur.

Demikianlah berbagai jenis dan manfaat vitamin B untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *