• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil

Deretan Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil

Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil – Kesehatan ibu hamil perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah vitamin B complex. Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan untuk ibu hamil saja, tapi jenis vitamin yang satu ini juga sangat baik untuk kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Lantas, apa saja manfaat lainnya? Simak berikut ini.

Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk dirinya sendiri serta janin yang sedang dikandungnya. Berikut ini adalah deretan manfaat vitamin B complex untuk ibu hamil yang wajib kamu tahu.

1. Vitamin B1 (thiamin)

Vitamin B1 bermanfaat untuk perkembangan otak janin. Oleh karena itu, usahakan selalu penuhi kebutuhan vitamin B1 selama masa kehamilan. Vitamin B1 sendiri bisa didapatkan dari sumber-sumber makanan seperti gandum, kacang polong, ikan salmon, pasta dari gandum, dan juga sereal.

2. Vitamin B2 (riboflavin)

Selanjutnya yaitu vitamin B2 yang sangat penting untuk kesehatan mata dan juga kulit ibu hamil. Selain itu, vitamin yang satu ini juga berperan penting dalam perkembangan penglihatan, kulit, pertumbuhan tulang, otot, dan saraf janin. Asupan vitamin B2 bisa kamu dapatkan dari kacang almond, kacang polong, ubi jalar, wortel, gandum, brokoli, bayam, keju, susu, telur, dan juga yoghurt.

3. Vitamin B3 (niacin)

Vitamin B3 bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi mual pada ibu hamil. Sedangkan untuk janin, vitamin B3 bermanfaat untuk perkembangan otak, sistem saraf, dan juga kesehatan kulitnya. Asupan vitamin B3 bisa kamu dapatkan dari sumber makanan seperti biji bunga matahari, chia seeds, dada ayam, kacang merah, dan juga ikan tuna.

4. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Ibu hamil mungkin sering mengalami kram kaki yang menyiksa. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengonsumsi vitamin B5 yang mengandung asam pantotenat. Vitamin B5 sendiri bisa kamu dapatkan dari kuning telur, beras merah, kacang mete, dan juga brokoli.

Ingin membeli suplemen dan vitamin B complex untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin B6 penting untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin. Dengan rajin mengonsumsi vitamin B6, si kecil pun bisa terhindar dari berat badan lahir yang rendah, cacat lahir, serta menjaga glukosanya tetap sehat. Asupan vitamin ini bisa kamu dapatkan dari bawang putih, kacang polong, ubi jalar, buncis, alpukat, beras merah, bayam, pisang, dan juga pepaya.

6. Vitamin B7 (biotin)

Ibu hamil juga sering mengalami rambut rontok, kuku rapuh, dan ruam pada kulit. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena kekurangan vitamin B7. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, pastikan kamu telah mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B7 cukup tinggi seperti susu, gandum, jamur, alpukat, bayam, brokoli, jamur, keju, kuning telur, daging ayam, kentang, dan kacang kedelai.

7. Vitamin B9 (asam folat)

Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin B9 atau asam folat juga merupakan asupan yang sangat penting untuk ibu hamil. Memiliki asupan vitamin B9 yang cukup selama masa kehamilan bisa mengurangi risiko bayi cacat lahir, bibir sumbing, cacat jantung, dan bisa mencegah anemia. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang satu ini, konsumsilah bayam, kacang-kacangan, dan juga kecambah.

8. Vitamin B12 (cobalamin)

Terakhir, ada pula vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, vitamin B12 juga dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada sistem saraf tulang belakang janin. Sumber makanan yang mengandung vitamin B12  cukup tinggi antara lain, ikan salmon, udang, yoghurt, daging sapi, keju, dan juga produk susu.

Nah, itulah deretan manfaat vitamin B complex untuk ibu hamil. Untuk itu, selalu penuhi kebutuhan vitamin tersebut dari sumber-sumber makanan ataupun suplemen tambahan yang mengandung vitamin B complex cukup tinggi.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *