• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan – Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh semua umat Islam di bulan Ramadhan. Tahukah kamu bahwa ternyata tidak hanya pahala saja yang kita dapatkan dengan berpuasa, tapi juga terdapat berbagai manfaat puasa bagi kesehatan? Simak ulasannya dalam artikel kali ini, ya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi semua umat Islam. Ibadah puasa Ramadhan sendiri memiliki banyak keutamaan, misalnya mendapatkan pengampunan dosa, meninggikan derajat, dan juga mendapatkan pahala. Selain itu, manfaat puasa untuk kesehatan tubuh kita juga terus diteliti dan rupanya terbukti bahwa puasa sangat baik untuk kita, berikut ini adalah ulasannya.

1. Dapat menjaga kesehatan mata

Puasa Ramadhan memiliki pengaruh secara langsung terhadap kesehatan mata baik ditinjau dari fisiologi tekanan intraokuler, hingga kadar air mata, dan juga fungsi lensa mata, karena asupan cairan pada saat sahur. (Kerimoglu et al. (2010). Effect of altered eating habits and periods during Ramadan fasting on intraocular pressure, tear secretion, corneal and anterior chamber parameters.)

2. Baik untuk penderita kolesterol

Pubmed Health (2014) menjelaskan bahwa kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang dapat ditemukan di semua sel tubuh manusia, yang terbagi menjadi dua yaitu LDL (low-density lipoprotein) atau yang dikenal dengan lemak jahat karena dapat menyebabkan obesitas, obstruksi/sumbatan pada pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit jantung, dan HDL (high-density lipoprotein) atau yang dikenal dengan lemak baik karena lemak ini akan membantu membuang kolesterol keluar dari tubuh.

Official Store Pyfa Health

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Aklamari Mohajeri pada tahun 2013, dengan judul Dose Ramadan Fasting Affects Inflammatory, menjelaskan bahwa puasa Ramadhan secara signifikan menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Proses penurunan kadar lemak tersebut dimulai pada pertengahan hingga akhir waktu bulan Ramadhan. Hasil penelitian tersebut juga didukung penelitian lain bahwa responden dengan penyakit diabetes mellitus atau kencing manis yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga mengalami penurunan kadar kolesterol.

3. Dapat melawan kegemukan

Sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot, kemudian selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Setelah gula digunakan, lemak menjadi sumber energi berikutnya sehingga dapat mengurangi berat badan.

4. Dapat melawan kanker

Penelitian yang dilakukan Bragazzi, N. L tahun 2016, Ramadan Fasting and Patients with Cancer: State-of-the-Art and Future Prospects menyebutkan bahwa puasa Ramadhan ternyata dapat memperbaharui sel dan sistem kekebalan tubuh khususnya pada sel yang dapat mengendalikan pertumbuhan kanker.

5. Untuk detoksifikasi

Gerak dan aktivitas tubuh saat berpuasa menghasilkan energi yang cukup bagi manusia untuk berbagai aktivitas, sekaligus berperan aktif dalam melumpuhkan racun dan zat-zat asam yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Itulah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita. Bagaimana? Kini, kamu sudah tahu apa saja manfaat dari berpuasa, bukan? Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *