• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Penting! Ini 7 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil – Pisang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Begitu juga untuk ibu hamil, pisang dapat memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan pada masa kehamilan. Nah, kali ini akan dibahas mengenai tujuh manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Pisang ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil. Berikut ini adalah deretan manfaat pisang untuk ibu hamil yang wajib kamu tahu.

1. Kaya akan asam folat

Sudah banyak diketahui bahwa buah pisang menjadi salah satu sumber asam folat alami yang tinggi. Nah, manfaat asam folat pun sangat dibutuhkan bagi perempuan hamil. Pasalnya, senyawa asam folat memainkan peran penting dalam perkembangan saraf dan otak dan susuk tulang belakang.

Maka, jika dikonsumsi secara rutin, buah pisang dapat mencegah defisiensi asam folat yang berisiko menyebabkan bayi lahir prematur atau risiko cacat lahir. Jadi, jangan absen ya untuk menjadikan pisang sebagai menu harian di saat hamil, ya.

2. Mencegah kaki bengkak

Pembengkakan pada kaki umum terjadi pada perempuan yang sedang mengandung. Hal ini terjadi disebabkan oleh potassium yang tidak mencukupi, seperti dilansir oleh American Pregnancy Association.

Untuk itu, penting untuk memenuhi asupan potassium bagi ibu hamil karena akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan. Pisang mengandung potassium dan dapat membantu mencegah dan mengurangi pembengkakan secara alami.

Baca Juga: Kenali Ciri Bayi Sehat Dalam Kandungan Usia 8 Bulan.

3. Kandungan vitamin B6 tinggi

Manfaat pisang bagi ibu hamil selanjutnya adalah kandungan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin B6 sendiri merupakan vitamin yang larut dalam air. Fungsi dari vitamin B6 sendiri mampu untuk membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin.

Asupan jumlah vitamin B6 yang tepat untuk ibu hamil dapat mengurangi morning sickness. Bagi ibu hamil, jumlah asupan harian yang dibutuhkan vitamin B6 adalah 1,9 miligram. Kebutuhan itu akan terpenuhi dengan hanya mengonsumsi satu buah pisang, karena sebuah pisang berukuran sedang dapat mengandung 4 miligram vitamin B6.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Meningkatkan hemoglobin

Selanjutnya, khasiat buah pisang bagi ibu hamil lainnya adalah memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Bahkan, bukan hanya zat besi saja, pisang mengandung vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang mampu meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh.

5. Mengatasi gangguan sembelit

Ketika hamil, gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit umum terjadi. Buah pisang dapat membantu inu mengurangi perut kembung dan dapat menghaluskan gerakan usus. Jika ragu untuk mengkonsumsi suplemen buatan, ibu hamil dapat meningkatkan asupan dalam makanan ibu hamil.

Buah pisang memiliki kandungan serat yang menyebabkan buang air besar membentuk tinja. Setidaknya di dalam sebuah pisang mengandung 6 gram serat rata-rata setiap pisang.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara Menaikkan HB pada Ibu Hamil.

6. Sebagai obat diare alami

Buah pisang juga memiliki kandungan pektin dan itu menurunkan serat larut. Bagi ibu hamil, serat dapat membantu meringankan diare dengan cara mengabsorbsi atau menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi pisang dapat mengurangi gejala diare. Kandungan senyawa kalium yang terkandung di dalamnya juga akan mengatasi kram usus yang terkadang menyertai diare.

7. Mencegah anemia

Bagi ibu hamil, kondisi anemia umum terjadi, akibatnya ibu hamil jadi berisiko komplikasi selama tahap akhir kehamilan dan persalinan. Untuk mengatasinya, diperlukan asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Pada buah pisang terkandung rata-rata 3 persen zat besi dalam 225 gram pisang. Artinya, kandungan zat besi dalam pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia.

Nah, itulah deretan manfaat pisang untuk ibu hamil. Jaga terus kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *