• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi

5 Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi

Manfaat Olahraga Rutin Bagi Tulang dan Sendi – Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang memiliki tujuan melatih tubuh sehingga sehat jasmani maupun rohani. Dengan berolahraga, maka dapat memberikan efek baik pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga yang rutin memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar. Rajin berlahraga secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga berat badan.
  • Meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.
  • Mencegah penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes.
  • Mengurangi stres dan memperbaiki mood.

Olahraga sendiri bisa dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak, bahkan lanjut usia. Beberapa olahraga yang mudah dilakukan misalnya saja berjalan, berlari, menari, berenang, ataupun yoga. Frekuensi olahraga yang tepat dan sehat adalah berolahraga dengan total 150 menit selama seminggu.

Olahraga rutin memiliki banyak manfaat bagi tulang dan kesehatan sendi. Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari berolahraga? Silahkan simak sebagai berikut ini.

Manfaat Olahraga Bagi Tulang dan Sendi

Ada banyak manfaat olahraga bagi tubuh kamu. Berikut ini adalah lima manfaat olahraga bagi tulang dan sendi.

1. Mengurangi risiko penyakit osteoporosis

Osteoporosis adalah sebuah kondisi dimana berkurangnya kepadatan tulang seseorang yang menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Apabila jarang berolahraga, maka risiko penyakit osteoporosis akan semakin tinggi. Olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membantu pembentukan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis adalah dengan jogging, lari, mengangkat beban, dan yang lainnya.

Baca Juga: Dimana Letak Sendi Pelana pada Tubuh Manusia?

2. Mengoptimalkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh

Salah satu manfaat dari olahraga adalah cepatnya penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kalsium termasuk nutrisi penting dalam pembentukan tulang dan sendi. Kebutuhan kalsium orang dewasa untuk usia 19-50 tahun adalah 1000 mg per hari. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi makanan sehat, seperti susu dan kacang-kacangan. Manfaat dari kalsium antara lain:

  • Menyehatkan tulang.
  • Mencegah kanker usus besar.
  • Mengatur kontraksi pada otot.
  • Mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

3. Mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh

Metabolisme adalah proses yang terjadi sendiri dalam tubuh dengan mengubah makanan menjadi energi. Olahraga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme untuk bekerja dengan baik. Apabila kamu jarang berolahraga, maka proses metabolisme dalam tubuh akan melambat. Kalsium dan nutrisi lainnya dapat terserap dan dimanfaatkan oleh tulang dan sendi hanya jika didukung oleh sistem metabolisme yang baik bagi tubuh. Olahraga yang dapat membuat tubuh kamu aktif bergerak misalnya saja seperti, lari, senam aerobik, bola basket, dan bulu tangkis.

Tertarik membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan tulang dan sendi? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mencegah nyeri punggung

Masalah nyeri tulang belakang atau punggung ini sering menyerang kalangan remaja, dewasa, maupun lansia. Penyebab nyeri punggung macam-macam, contohnya:

  • Mengangkat beban terlalu berat di punggung.
  • Adanya kelainan tulang belakang.
  • Gaya hidup yang tidak sehat.

Kekuatan dan ketahanan otot yang meningkat serta fleksibilitas tubuh yang didapat dari olahraga rutin dapat membantu mencegah nyeri punggung. Contoh olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri punggung adalah berenang dan yoga.

5. Meningkatkan fungsi dan pergerakan sendi

Sendi yang sehat sangat penting untuk fleksibilitas dan pergerakan tubuh. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, maka sendi rentan mengalami kerusakan sehingga fungsinya juga akan terganggu. Olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan sendi harus bertujuan untuk memperkuat otot inti dan mengurangi beban pada sendi.Olahraga yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan fungsi dan pergerakan sendi antara lain, bersepeda, jalan, berenang, mengangkat beban, dan yoga.

Itulah lima manfaat olahraga rutin bagi tulang dan sendi. Selain yang disebutkan, masih banyak jenis manfaat yang lainnya. Oleh karena itu, penting untuk berolahraga secara teratur dimulai dari sekarang. Untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, jangan lupa konsumsi suplemen atau vitamin sendi. Cek rekomendasi produknya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Kesehatan Tulang dan Sendi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *