• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil – Madu merupakan salah satu sumber makanan yang kaya manfaat. Rasanya yang manis juga dapat menjadi pengganti gula atau pemanis pada makanan. Selain rasa manisnya, madu juga merupakan sumber antioksidan yang baik, serta asam amino yang digunakan untuk tujuan pengobatan.

Bagi ibu hamil, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari madu untuk kesehatan. Tidak perlu khawatir. Karena madu juga terbilang aman jika dikonsumsi selama kehamilan, dan ibu dapat memasukkannya ke dalam makanan kehamilan sehari-hari kecuali jika dokter menyarankan sebaliknya. Nah, berikut ini adalah tujuh manfaat dari madu untuk ibu hamil! Yuk, simak selengkapnnya.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Madu memiliki banyak manfaat khususnya bagi ibu hamil. Simak penjelasan mengenai manfaat madu untuk ibu hamil berikut ini.

1. Kaya akan kalsium

Manfaat madu yang pertama bagi ibu hamil yaitu madu dapat menambah kebutuhan kalsium harian ibu. Asupan kalsium sangat penting untuk ibu hamil karena janin membutuhkan semua manfaat kalsium untuk mengoptimalkan perkembangan. Apabila Ibu mengalami kekurangan kalsium, maka stok kalsium dalam tulang akan digunakan untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

Official Store Pyfa Health

Mengutip Drhealthbenefits.com, bahwa madu juga bermanfaat bagi ibu hamil adalah fungsinya sebagai sumber penting mineral tertentu yang bagus untuk tulang terutama untuk ibu selama kehamilan. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi madu untuk asupan kalsium harian ibu hamil, ya.

2. Mengatasi alergi

Madu juga bermanfaat untuk mengatasi alergi. Uang mungkin terjadi pada ibu hamil. Perlu diketahui, bahwa madu merupakan zat alami yang aman dikonsumsi bahkan selama ibu menjalani kehamilan. Nah, apabila muncul alergi kulit yang gatal, ibu hanya perlu mengoleskan madu pada kulit.

Untuk hasil yang lebih optimal, ibu juga bisa langsung mengonsumsinya. Karena madu bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, terutama alergi pada saluran pernapasan atas seperti rhinitis yang umumnya terjadi musiman dan kerap menyerang ibu hamil.

3. Membangun sistem kekebalan tubuh

Manfaat madu selanjutnya untuk ibu hamil adalah kemampuan madu untuk bekerja dengan sangat baik dalam membangun daya tahan dan melindungi kita dari alergi musiman. Di dalam madu terkandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang berlimpah yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah komplikasi dan infeksi berbahaya. Jadi, jika Ibu rutin mengonsumsi madu setiap hari, serbuk sari dalam madu akan membantu membangun kekebalan terhadap debu dan alergi lainnya.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Melawan pilek

Khasiat madu selanjutnya adalah kemampuannya sebagai antivirus yang membantu tubuh melawan flu dan virus flu biasa. Apabila ibu ingin terhindar dari pengobatan berat atau antibiotik selama kehamilan, madu bisa menjadi obat pilihan.

Madu mampu untuk meredakan sakit tenggorokan saat diminum dengan jahe atau air lemon hangat-hangat kuku. Ibu hamil juga dapat memakai madu untuk membersihkan lendir dan meredakan nyeri tanpa mengkhawatirkan efek samping antibiotik.

5. Mencegah maag

Kondisi gastritis merupakan masalah umum selama kehamilan. Grastitis ini umumnya dapat menyebabkan sakit maag yang letaknya dekat dengan rahim dan bisa berbahaya. Nah, mengonsumsi madu pada ibu hamil bisa sangat efektif dalam melawan bisul yang dibuat oleh bakteri Helicobacter pylori ini.

Kondisi ini memang seringkali dialami oleh wanita pada selama kehamilan. Mengingat sifat madu yaitu antiinflamasi, sehingga dapat membantu meredakan gastroenteritis dan diare.

Baca Juga: Deretan Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil.

6. Mengurangi risiko stres

Masa kehamilan merupakan masa di mana banyak terjadi perubahan pada tubuh, emosi, dan kehidupan keluarga. Merasa frustasi dan stres memang merupakan hal biasa selama kehamilan karena salah satunya dipengaruhi oleh hormon. Namun, jika dibiarkan stres dapat membuat ibu menjadi tidak nyaman. Akibatnya, ibu akan sulit tidur, sakit kepala, kehilangan selera makan, atau selera makan menjadi berlebihan.

Madu bisa membantu mengurangi risiko stres jika dikonsumsi secara teratur. Namun, tentu hal ini harus dibarengi dengan dukungan orang-orang terdekat untuk menciptakan lingkungan yang baik.

7. Mengatasi nyeri ulu hati atau heartburn

Selanjutnya, manfaat madu bagi ibu hamil yang terakhir adalah untuk mengatasi nyeri ulu hati dan heartburn. Ketika masa kehamilan, ibu harus memastikan semua nutrisi penting ada dalam komposisi yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung perkembangan janin.

Tetapi, morning sickness atau mual di pagi hari dan hilangnya nafsu makan adalah alasan mengapa ada banyak kasus defisiensi selama kehamilan. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya nyeri di area ulu hati yang bisa jadi dikarenakan pengaruh hormon sehingga memicu gejala asam lambung.

Nah, mengonsumsi madu bagi ibu hamil dapat menjadi sebagai obat alami bisa menjadi solusi. Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok madu dalam segelas susu akan sangat bermanfaat bagi diare, tetapi juga nyeri pada ulu hati.

Baca Juga: Penyebab Anemia pada Ibu Hamil dan Gejalanya.

Itulah tujuh manfaat madu untuk ibu hamil. Jaga terus kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *