• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

5 Manfaat Labu Kuning untuk Bayi, Apa Saja?

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi – Setiap orang akan melalui proses pertumbuhan yang bertahap semasa hidupnya. Berawal dari bayi, lama kelamaan berubah menjadi dewasa. Kemampuan tubuh juga akan berkembang seiring berjalannya waktu.

Saat memproses makanan misalnya, kemampuan bayi untuk mencerna makanan itu masih terbatas. Awalnya, hanya boleh mengonsumsi ASI, butuh waktu untuk bisa memakan makanan biasa. Itu pun harus melalui proses MPASI.

Ada berbagai macam makanan bergizi yang bisa dijadikan MPASI. Salah satunya adalah labu kuning. Kamu akan mempelajari manfaat labu kuning untuk bayi, setelah mengetahui apa itu MPASI.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini.

Official Store Pyfa Health

Apa itu MPASI?

MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Bayi mulai bisa mengonsumsi makanan yang beragam jenis dan gizinya sejak diberikan MPASI. Makanan yang bergizi akan mendukung tumbuh kembang manusia.

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan energi dan nutrisi bayi, mulai melebihi apa yang disediakan oleh ASI atau susu formula penggantinya. MPASI ini disarankan diberikan ketika bayi menginjak usia 6 bulan.

MPASI yang diberikan pada bayi di usia yang terlalu dini akan beresiko buruk bagi kesehatan. Saluran cerna bayi itu belum sempurna. MPASI justru memaksa sistem pencernaan bekerja amat keras dalam mengolah makanan yang padat, akibatnya dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

Sebaliknya, jika si kecil diberikan MPASI terlalu lambat dapat menyebabkan kebutuhan gizi anak tidak terpenuhi. Hal ini berisiko mengganggu tumbuh kembangnya termasuk kecerdasannya. Pemberian yang telat juga bisa saja membuat bayi menolak MPASI karena tidak terbiasa dengan makanan padat.

Catat ya, MPASI yang diberikan pada bayi tidak boleh sembarangan. Makanan ini harus mengandung protein dan mikronutrien yang cukup untuk menghasilkan energi yang mencukupi. Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu makanan yang bisa dijadikan MPASI adalah labu kuning.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun si kecil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Manfaat Labu Kuning untuk Bayi

Buah labu kuning kaya akan nutrisi. Kamu bisa memperoleh karbohidrat kompleks, kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin E, vitamin D, vitamin C, dan vitamin A. Selain itu, ada juga kandungan air, protein, dan serat di dalamnya.

Buah ini baik dan juga aman jika dikonsumsi oleh semua orang, bahkan bayi dalam bentuk MPASI. Di bawah ini adalah beberapa manfaat labu kuning untuk bayi.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Labu kuning mengandung beragam jenis nutrisi, seperti yang disebutkan di atas. Seluruh nutrisi tadi itu akan mendukung kesehatan seseorang. Inilah manfaat labu kuning untuk bayi, meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah labu kuning dapat mendorong sel-sel kekebalan tubuh bekerja lebih maksimal. Nutrisi-nutrisi di dalamnya mampu mencegah dan menangkal infeksi saat bayi sakit atau terluka.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat labu kuning untuk bayi yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Ini didapatkan dari vitamin A yang terkandung di dalamnya. Ditambah dari manfaat beta karoten yang membuat buah labu berwarna kuning dan oranye.

Kedua nutrisi ini akan membantu mata menyerap dan memproses mata. Selanjutnya, nutrisi-nutrisi buah labu kuning akan bekerja melindungi mata dari berbagai macam penyakit.

3. Menyehatkan kulit

Kalau kesehatan kulit, utamanya didapatkan dari vitamin C. Tapi, vitamin A juga mendukungnya. Kedua nutrisi ini tersedia dalam buah labu kuning.

Manfaat labu kuning untuk bayi yang satu ini sangat diperlukan sejak dini. Labu kuning akan menghasilkan tabir surya alami pada permukaan kulit, sehingga kulit bayi pun dapat menghalau paparan sinar matahari berlebih yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Membantu bayi tidur lebih nyenyak

Banyak bayi yang tampak kurang nyenyak saat tertidur. Sering terbangun tengah malam atau hanya tertidur sebentar di siang hari. Menjadikan labu kuning sebagai MPASI, akan membantu bayi tidur lebih nyenyak.

Di dalam labu kuning, ada juga kandungan tryptophan, sejenis asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon serotonin. Hormon serotonin berfungsi mengelola suasana hati seseorang sehingga membuat kamu atau bayi tidur lebih nyenyak.

5. Memperlancar sistem pencernaan bayi

Labu kuning termasuk jenis buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Serat akan sangat membantu saluran cerna bekerja dengan baik. Mengonsumsi labu kuning dapat memperlancar sistem pencernaan bayi dan menghindari dari risiko sembelit.

Nah, itulah beberapa manfaat labu kuning untuk bayi. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat labu kuning untuk bayi lainnya. Tetapi, beberapa manfaat di atas sudah cukup menunjukkan bahwa labu kuning memiliki banyak kebaikan untuk si kecil. Jaga terus sistem imun si kecil dengan memberikannya suplemen dan vitamin untuk sistem imun. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *