• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil – Buah kurma sering dikaitkan dengan kebaikannya bagi ibu yang ingin atau sedang hamil. Memang kurma ini manfaatnya sangat baik. Tapi, pembahasan kali ini akan lebih fokus pada manfaat kurma untuk ibu hamil.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kurma dalam jumlah tertentu secara rutin, jarang memerlukan induksi menjelang persalinan. Kurma memiliki nutrisi yang sehat seperti kalium, mangan, hingga magnesium. Untuk penjelasan manfaat kurma untuk ibu hamil selengkapnya, simak berikut ini.

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma dikenal sebagai buah yang baik dikonsumsi jika seseorang ingin atau sedang hamil. Pelajari manfaat kurma untuk ibu hamil di sini.

1. Memberikan energi dan meringankan sembelit

Kurma termasuk dalam jenis buah-buahan. Seperti buah lainnya, kurma ini mengandung serat dengan jumlah yang cukup tinggi. Kandungan serat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Jika kamu mengalami sembelit, kurma akan membantu kamu mengatasi dengan meringankannya.

Official Store Pyfa Health

Di sisi lain, ada kandungan protein baik dalam kurma yang akan membuat kamu merasa kenyang, tetapi sembari mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, serta menjaga bobot tubuhmu tetap ideal.

Memang kurma mengandung gula, tapi jika kamu mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup, gula dari kurma tidak akan meningkatkan risiko diabetes. Justru ini menjadi salah satu sumber energi dalam tubuh selama kamu hamil.

2. Mempertahankan keseimbangan air dan garam

Tubuh tidak hanya membutuhkan gula. Ada juga kebutuhan garam serta air. Jika jumlahnya masing-masing ideal, kesehatanmu akan terjaga.

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang berikutnya adalah mempertahankan keseimbangan dari air dan garam dalam tubuh. Di saat bersamaan, kurma juga dapat membantu kamu terhindar dari kram otot dan mengontrol tekanan darahmu. Ini semua didorong oleh nutrisi kalium yang terkandung dalam kurma.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil.

3. Mencegah cacat lahir

Semua ibu pasti mengharapkan anaknya lahir dengan sempurna, sehat tanpa cacat bawaan. Harapannya, anak dapat hidup dengan sehat tanpa kesulitan berarti. Semasa kehamilan, cacat lahir dapat dicegah melalui asam folat.

Buah kurma merupakan sumber asam folat alami. Kamu bisa mencegah anak cacat lahir dengan mengonsumsi kurma secukupnya. Manfaat kurma untuk ibu hamil khususnya adalah mencegah cacat bawaan yang terkait dengan sumsum tulang belakang serta otak bayi.

4. Mendorong pembentukan gigi dan tulang bayi

Sumber nutrisi janin yang ada dalam kandungan adalah nutrisi yang tersebar pada tubuh ibu yang mengandungnya. Salah satu nutrisi yang penting selalu ada dalam tubuh adalah magnesium. Buah kurma memiliki nutrisi tersebut.

Magnesium dapat mendorong pembentukan gigi dan tulang bayi. Bagi sang ibu pun ada manfaatnya. Kandungan ini turut membantu dalam mengatur tekanan dan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil.

5. Memperkuat sistem imun

Manfaat kurma untuk ibu hamil selanjutnya adalah memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Ini tidak hanya berlaku pada ibu hamil, tapi juga bagi janin yang dikandungnya. Manfaat ini dapat diperoleh karena ada kandungan zat besi dalam kurma.

Khasiat zat besi pun tidak hanya terbatas itu. Zat besi juga mampu mencegah seseorang mengalami anemia, termasuk pada ibu yang sedang hamil. Nutrisi ini bekerja untuk mempertahankan jumlah dan kualitas hemoglobin dalam tubuh.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

6. Sumber vitamin K

Buah kurma merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin K. Kandungannya dalam buah tersebut akan memenuhi kebutuhan vitamin K dalam tubuh, baik bagi ibu hamil maupun untuk janin yang terkandung di dalamnya.

Utamanya untuk janin, vitamin K adalah nutrisi yang penting selalu ada. Nutrisi ini mendukung perkembangan dan pembekuan tulang janin selama dalam kandungan. Saat sudah dilahirkan, ibu menyalurkan vitamin K juga melalui ASI yang diberikan pada bayi.

7. Mempermudah proses persalinan

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang satu ini sudah disinggung sebelumnya. Konsumsi kurma dalam jumlah tertentu secara rutin, memungkinkan ibu tak memerlukan induksi menjelang persalinan.

Kurma mengandung serotonin, tanin, dan kalsium, nutrisi-nutrisi yang membantu kontraksi otot di area rahim sehingga mempercepat proses persalinan. Buah ini juga mendorong oksitosin untuk memicu kontraksi dalam rahim hingga sensitivitasnya meningkat ke uterus.

Itulah tadi tujuh manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Untuk jumlah buah kurma yang dimakan itu berbeda-beda. Pada trimester ketiga, makan lah kurma enam buah dalam sehari.

Trimester kedua jumlahnya lebih sedikit karena pada masa ini ibu berisiko mengalami diabetes gestasional. Sedangkan trimester pertama boleh lebih banyak atau jumlahnya sedang karena dapat membantu kamu mengatasi sembelit di awal kehamilan.

Baca Juga: Gejala dan Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil.

Selain itu, jaga terus juga kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *