• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Jus Wortel dan Tomat

5 Manfaat Jus Wortel dan Tomat untuk Kesehatan

Manfaat Jus Wortel dan Tomat – Sayuran seperti wortel dan tomat terbukti sangat baik untuk kesehatan. Selain sebagai sumber nutrisi sehari-hari, di dalam jus wortel dan tomat bisa melindungi kita dari berbagai kemungkinan penyakit. Hebatnya lagi, harga tomat dan wortel termasuk sangat terjangkau.

Manfaat Jus Wortel dan Tomat

Jus yang terbuat dari buah-buahan mungkin sudah sangat biasa untuk kamu. Akan tetapi, gabungan dari jus sayuran dan buah-buahan bisa memperkaya berbagai nutrisi di dalam tubuh. Untuk mengetahui apa saja manfaat jus wortel dan tomat pada tubuh kita, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Mencegah risiko terjadinya kanker pencernaan

Bagian pertama adalah dapat mencegah terjadinya kanker pencernaan. Seperti yang kita tahu bahwa tomat dan wortel merupakan sumber makanan yang sangat kaya dengan kandungan antioksidan. Zat yang berfungsi sebagai antioksidan itu bernama karotenoid, khususnya untuk likopen dan beta-karoten.

Likopen sendiri merupakan salah satu jenis karotenoid yang memberikan warna merah untuk tomat. Sedangkan untuk beta karoten justru memberikan warna oranye pada wortel. Dengan mengonsumsi karotenoid yang banyak, maka bisa menurunkan resiko kanker. Bahkan, karotenoid juga bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker sekaligus menghancurkannya.

Official Store Pyfa Health

2. Mencegah terjadinya katarak

Dari berbagai penelitian, penyakit mata karena katarak maupun bertambahnya usia bisa dikurangi jika berhasil meningkatkan asupan vitamin C, beta-karoten, zinc, dan tembaga. Nah, untuk meningkatkan asupan vitamin C dan beta-karoten ini bisa melalui jus wortel dan tomat.

Di dalam satu gelas jus tomat yang sebanyak 240 gram memiliki 22 miligram vitamin C. Hal tersebut bisa dikatakan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 24-29 persen. Perlu diketahui jika vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melindungi kerusakan sel serta jaringan mata. Hal tersebut juga berlaku untuk wortel sehingga kombinasi keduanya dapat mencegah terjadinya katarak.

3. Dapat menjaga kesehatan kulit

Pada jus wortel dan tomat juga bisa menjaga kulit tetap sehat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin C pada tomat mampu memenuhi kebutuhan tubuh sebanyak 24 hingga 29 persen. Nah, vitamin C tersebut bisa memberikan kestabilan struktur kolagen pada kulit.

Kolagen sendiri merupakan nutrisi yang bisa menjaga kelembaban, elastisitas dan juga kekuatan kulit. Oleh sebab itu, saat jumlah kolagen bertambah, maka hal itu bisa membuat kulit tetap kenyal dan lembab secara alami. Pada vitamin C juga bisa melindungi sel kulit dari paparan sinar matahari.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

4. Sangat membantu dalam program diet

Nah, untuk kamu yang ingin menjalankan program diet, mengonsumsi jus wortel dan tomat ini sangatlah pas. Di dalam jus tomat bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh karena kandungan likopennya. Hal tersebut menunjukan bahwa likopen merupakan salah satu kandungan yang bersifat antiatherogenic.

Untuk kamu yang belum tahu, antiatherogenic merupakan suatu zat yang mampu menurunkan kadar lemak total di dalam darah (contohnya kolesterol jahat dan trigliserida) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Mampu mengurangi kemungkinan diabetes

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar kalium yang rendah sangat berkaitan dengan risiko diabetes. Apabila tubuh memiliki kadar kalium yang rendah maka resiko diabetes pun bisa meningkat. Di sinilah mengonsumsi jus wortel dan tomat bisa mengurangi adanya diabetes.

Hal itu dikarenakan di dalam jus wortel dan tomat berguna untuk meningkatkan asupan kalium. Dengan begitu, risiko terjadinya diabetes bisa dihindari. Bisa kita lihat di dalam satu wortel seberat 72 gram memiliki 230 mg kalium. Jumlah tersebut sangat cukup untuk mengurangi terjadinya diabetes.

Demikian lima manfaat jus wortel dan tomat untuk kesehatan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin tambahan seperti di bawah ini agar kebutuhan nutrisi harian kamu tetap terjaga, lho.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Memenuhi Kebutuhan Harian

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *