• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Gerakan Sit Up Bertujuan untuk Melatih Otot

Manfaat Gerakan Sit Up Bertujuan untuk Melatih Otot Bagian Apa?

Manfaat Gerakan Sit Up Bertujuan untuk Melatih Otot Bagian Apa? – Olahraga dilakukan tidak hanya untuk menjaga kesehatan secara fisik saja. Di sisi lain, kegiatan ini juga bisa membantu menunjang penampilan fisik. Seperti tubuh terlihat lebih bugar, otot lebih kencang, dan berat badan yang proporsional.

Salah satu gerakan olahraga yang cukup populer adalah sit up. Meskipun gerakan ini cukup umum dilakukan, ternyata banyak yang belum tahu tentang manfaat gerakan yang satu ini, terutama untuk otot bagian perut. Pada dasarnya, manfaat gerakan sit up bertujuan untuk melatih otot perut dan mengencangkannya.

Manfaat Gerakan Sit Up dalam Melatih Otot Perut dan Membakar Kalori

Asumsi bahwa manfaat sit up dapat mengecilkan ukuran perut sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Gerakan ini memang bisa membuat perut terlihat lebih rata dan bagian otot perut tampak lebih kencang. Namun, hal itu juga harus diimbangi dengan kebiasaan pola makan dan gaya hidup yang baik.

Sit up sendiri merupakan salah satu jenis latihan atau gerakan yang digunakan untuk melatih dan mengencangkan bagian otot. Tidak hanya otot perut, sit up juga membantu mengencangkan bagian otot lainnya, seperti otot dada, panggul, pinggang bawah, dan leher. Latihan ini dilakukan untuk melatih kekuatan otot-otot tersebut, sehingga otot pun akan terlihat lebih kencang.

Official Store Pyfa Health

Manfaat sit up untuk jangka panjang yaitu membantu membakar kalori lebih banyak. Karena dengan melakukan gerakan ini secara teratur, maka sel-sel otot akan terbentuk dan secara aktif tubuh akan membakar kalori dan lemak yang tersimpan. Manfaat sit up secara teratur juga bisa membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Dengan melakukan gerakan ini secara rutin, maka otot-otot di panggul, pinggang, dan perut, akan lebih seimbang sehingga bisa menopang tubuh secara efektif saat beraktivitas. Selain itu, sit up juga secara efektif dapat membantu menjaga postur tubuh dan menekan risiko terjadinya nyeri punggung bagian bawah. Postur yang baik dapat memfasilitasi kegiatan sehari-hari dengan lebih baik.

Cara Melakukan Sit Up dengan Benar

Melakukan gerakan sit up tentu sangat penting untuk menjaga otot-otot tubuh. Namun, sit up sendiri juga bisa memiliki risiko, yaitu bisa membuat tubuh mengalami cedera. Terutama pada bagian leher dan punggung bawah. Untuk itu, kamu harus melakukannya dengan posisi dan cara yang benar.

Sit up bisa dilakukan dengan mengambil posisi berbaring terlebih dahulu. Lalu, lanjutkan dengan menekuk lutut, namun dengan posisi kaki tetap di lantai sehingga tubuh tetap stabil. Tempelkan tangan dengan posisi menyilang di dada atau meletakkannya di dekat telinga.

Angkat tubuh ke atas ke arah lutut sambil menghembuskan napas. Kemudian, turunkan tubuh kembali ke posisi berbaring seperti semula.

Bagi kamu yang baru memulai latihan ini, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Misalnya, 10 kali sit up terlebih dahulu dalam sehari. Setelah itu, naikkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat gerakan sit up yang bertujuan untuk melatih otot perut dan mengencangkannya. Tak hanya mengencangkan, gerakan ini juga dikenal baik untuk membantu membakar kalori dan lemak pada perut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *