• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

5 Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya – Ada banyak jenis sayuran di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi mungkin sayur bayam, kangkung, atau daun pepaya. Tapi, sayuran seperti daun kelor juga bisa menjadi pilihan.

Daun kelor sebetulnya adalah tanaman yang biasa tumbuh di India, tapi familiar juga di negara tropis lain sekitar Asia dan Afrika. Dibandingkan sayuran bening, daun kelor lebih dikenal sebagai obat herbal tradisional. Tapi, seperti apa sebetulnya manfaat daun kelor dan cara mengolahnya? Pelajari melalui ulasan di bawah ini.

Manfaat Daun Kelor

Selain bayam dan kangkung, daun kelor juga baik untuk dikonsumsi. Ketahui selengkapnya manfaat daun kelor dan cara mengolahnya berikut ini.

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat daun kelor yang pertama adalah menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan sel, DNA, protein, hingga selanjutnya bisa mengganggu keseimbangan pada tubuh. Oleh karena itu, radikal bebas dalam tubuh tidak boleh disepelekan.

Official Store Pyfa Health

Demi menekan risiko munculnya penyakit kronis, ada baiknya jika kamu rajin mengonsumsi daun kelor. Daun kelor ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan akan mengikat radikal bebas yang berkeliaran, sehingga tidak sempat diserap oleh tubuh.

2. Meredakan peradangan

Daun kelor tidak hanya bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Sayuran ini juga dapat berperan sebagai antiinflamasi dan meredakan peradangan yang sudah terjadi. Peradangan terjadi jika tubuhmu mengalami infeksi dari patogen, karena sebelumnya kamu mengalami cedera fisik yang menyebabkan luka.

Jika kamu mengalami peradangan, coba redakan dengan menyeduh daun kelor. Seduhlah daun kelor menggunakan air atau teh panas, sesuai yang kamu suka. Daun kelor memiliki senyawa quercetin yang mampu meredakan peradangan tersebut.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sel kanker adalah sel penyakit yang mampu mengancam nyawa seseorang. Mencegahnya akan lebih baik daripada mengobati. Kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi secara rutin daun kelor.

Daun kelor dapat memicu produksi enzim yang dapat melawan zat penyebab kanker yaitu zat karsinogen. Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak daun kelor mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker di pankreas. Walaupun masih perlu bukti ilmiah lebih banyak, tak ada salahnya kamu mencoba mengonsumsi daun kelor dengan rutin.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Makanan untuk Meningkatkan HB.

4. Menjaga gula darah

Kadar gula darah dalam tubuh perlu selalu dijaga. Kelebihan atau kekurangan gula darah dalam tubuh akan menurunkan kondisi kesehatanmu. Daun kelor memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Di dalam daun kelor, terdapat protein yang mirip dengan insulin. Kandungan antioksidan di dalam tubuh juga akan membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Senyawa-senyawa dalam daun kelor akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

5. Menurunkan kolesterol

Bukan hanya gula darah yang berbahaya bagi kesehatan. Kolesterol juga bisa menurunkan kondisi kesehatan kamu. Jika tubuhmu memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, risiko terburuk yang dapat kamu alami adalah serangan dari penyakit jantung.

Manfaat dari daun kelor lainnya adalah menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa daun kelor mampu meningkatkan kolesterol baik. Di sisi lain juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengolah Daun Kelor

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari daun kelor, lalu bagaimana cara mengolah daun kelor? Simak rekomendasinya berikut ini.

  • Menjadi olahan sayur

Cara paling mudah dan umum untuk mengonsumsi daun kelor adalah dengan mengolahnya menjadi sayuran. Untuk menjadikannya teman nasimu, daun kelor perlu diolah dengan tambahan perasa agar menjadi sayur.

Kamu bisa membuatnya menjadi sayur bening, seperti selayaknya kamu membuat sayur dengan bayam dengan jagung. Di sisi lain, kamu juga bisa menjadikannya tumis sayur, seperti kamu memasak tumis kangkung.

  • Membuat jus hijau

Daun kelor juga sama seperti daun jenis lainnya. Misalnya bayam, selain dibuat menjadi sayur bening juga kerap diolah menjadi minuman jus. Jus yang berasal dari daun biasanya disebut jus hijau atau green juice.

Pertama-tama, bersihkan dulu daun kelor yang kamu punya. Selanjutnya campurkan daun kelor, air, dan madu untuk memberikan rasa manis. Blender campuran bahan untuk membuat jus ini, untuk mengonsumsi jus daun kelor hijau dengan nikmat.

  • Membuat air rebusan

Daun kelor juga dapat dikonsumsi secara tidak langsung. Kalau kamu tidak menyukai rasa daun kelor, kamu bisa meminum sarinya. Caranya dengan merebus daun kelor dengan air putih atau teh secukupnya. Setelah itu, minum bagian airnya saja.

Baca Juga: 7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil.

Itulah tadi beberapa manfaat daun kelor dan cara mengolahnya. Kesehatan tubuh perlu dijaga dengan memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain dari makanan dan minuman, nutrisi juga bisa didapatkan dari suplemen tambahan. Pyfa Health menyediakan beragam jenis suplemen untuk kebutuhanmu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *