• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

7 Manfaat Daun Jarak untuk Bayi yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Daun Jarak untuk Bayi – Daun dari pohon jarak sudah dikenal lama memiliki khasiat kesehatan dalam ilmu pengobatan tradisional. Sudah lama digunakan sebagai tanaman herbal, maka tak heran jika jarak menjadi bagian dari tanaman apotik hidup. Daun jarak banyak dicari karena dipercaya mempunyai banyak khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Karena bahkan tidak hanya daunnya saja, jarak memiliki manfaat menyeluruh mulai dari daun, buah, sampai bijinya. Kandungan senyawa quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin, dan lain sebagainya pada daun jarak memiliki fungsi baik bagi pengobatan penyakit, terutama pada bayi. Berikut ini adalah manfaat kesehatan daun jarak untuk bayi yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

Daun jarak memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Berikut ini adalah 7 manfaat daun jarak untuk bayi yang wajib kamu tahu.

1. Obat perut kembung pada bayi

Sejak dahulu kala, daun jarak digunakan para ibu di Indonesia untuk mengobati perut kembung yang dialami bayinya. Caranya dengan memanggang daun jarak terlebih dahulu hingga layu, kemudian memberikan sedikit minyak kelapa. Lalu, ibu dapat menempelkan daun jarak tersebut di atas perut si kecil supaya perut kembungnya dapat membaik.

Official Store Pyfa Health

2. Meredakan demam pada bayi

Manfaat kesehatan daun jarak untuk si kecil selanjutnya adalah untuk mengobati demam pada bayi. Ibu bisa menggunakan daun jarak dengan menempelkan daun yang sudah dicuci bersih ke dahi dan ubun-ubun bayi yang demam. Jadikan daun jarak sebagai kompres alami hingga demam si kecil mereda.

Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Berikut Ini.

3. Obat diare pada bayi

Masalah diare pada bayi bisa disembuhkan dengan menggunakan daun jarak. Ibu dapat mengoleskan minyak kelapa ke daun jarak, lalu daun jarak yang telah diolesi minyak kelapa itu dipanggang di atas api hingga daun jarak tersebut tampak layu. Setelah daun jarak layu, ibu dapat menempelkan daun jarak pada bagian atas perut bayi hingga diare yang dialami si kecil mereda.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun si kecil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Mengatasi luka atau iritasi pada kulit bayi

Umumnya, bayi memiliki kulit yang cenderung sensitif akan mudah mengalami iritasi dan lecet, baik karena terkena gesekan dengan kain baju yang digunakan, lingkungan ataupun yang lainnya. Nah, manfaat daun jarak untuk bayi selanjutnya adalah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka atau iritasi yang dialami.

Ibu dapat menumbuk daun jarak hingga halus, lalu oleskan pada kulit bayi yang bermasalah. Hal ini dapat dilakukan secara rutin, hingga luka iritasi bayi sembuh sempurna.

5. Mengobati masuk angin yang dialami bayi

Bukan hanya orang dewasa. Bayi juga bisa mengalami masuk angin. Inu dapat memanfaatkan daun jarak untuk obat masuk angin bagi si kecil. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan membersihkan daun jarak terlebih dahulu, lalu memanggangnya di atas api hingga layu.

Setelah itu, baluri daun jarak tersebut dengan sedikit minyak kayu putih dan tempelkan daun jarak tersebut pada area punggung, perut, dan dada bayi. Cara ini akan meredakan masuk angin pada bayi.

6. Mengatasi susah BAB pada bayi

Jika si kecil mengalami sulit BAB daun jarak bisa jadi obatnya. Cukup panaskan daun jarak di atas api hingga layu, lalu oleskan minyak telon ke daun jarak yang telah dipanaskan tadi. Kemudian, letakkan daun jarak di atas perut bayi, lalu bungkus dengan menggunakan gurita atau kasa gulung.

Baca Juga: 5 Manfaat Labu Kuning untuk Bayi, Apa Saja?

7. Mengatasi lidah putih

Bayi yang masih minum ASI, bisanya lidahnya akan tampak terlihat putih lantaran. Nah, manfaat daun jarak untuk bayi yang terakhir yaitu untuk mengatasi lidah putih pada si kecil. Cara pemanfaatannya yaitu dengan cara meneteskan getahnya pada lidah bayi. Warna putih yang menempel pada lidah bayi ini biasanya akan dikeluarkan bersama sama dengan air liur yang dikeluarkan bayi.

Nah, itulah beberapa manfaat daun jarak untuk bayi. Jaga terus sistem imun si kecil dengan memberikannya suplemen dan vitamin untuk sistem imun. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *