• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan – Banyak bahan alami yang dapat membuat tubuh memancarkan kecantikannya. Ada yang perlu dikonsumsi, ada pula yang dipakai untuk bahan campuran perawatan kulit dari luar. Dapat berupa masker alami, atau produk-produk perawatan kecantikan dengan brand tertentu yang mengklaim kandungan nutrisi di dalamnya itu alami.

Salah satu bahan alami yang cukup populer untuk kecantikan adalah cuka apel. Cuka apel antara lain mengandung asam asetat dan asam sitrat yang baik untuk kulit. Tapi, cuka apel juga sering dimanfaatkan untuk rambut. Mari pelajari manfaat cuka apel untuk kecantikan rambut dan kulit.

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Rambut

1. Menjadikan rambut berkilau

Rambut sering disebut mahkota manusia, karena kecantikan seseorang akan terpancar sempurna dengan rambut yang indah. Manfaat cuka apel untuk kecantikan rambut yang pertama adalah membuatnya berkilau.

Kamu bisa mencampurkan setengah sendok makan cuka apel dengan secangkir air. Balurkan cairan ini pada rambut seperti mengfungsikannya sebagai tonik. Diamkan beberapa menit saja, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhannya

Rambut yang sering rontok akan membuatnya tipis sehingga kadang mengurangi kecantikanmu. Untuk mengurangi kerontokan rambut, kamu bisa memanfaatkan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk kecantikan rambut ini juga bahkan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Rutinitas kamu merawat rambut dengan cuka apel akan membuatnya semakin sehat. Sebab, cuka apel akan menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan menangkal bakteri jahat menetap terlalu lama.

Baca Juga: 6 Kandungan Skincare untuk Wajah Agar Tampak Glowing.

3. Mengembalikan tekstur alami rambut

Sudah sewajarnya tekstur rambut menurun kualitasnya dari hari ke hari. Bisa disebabkan penggunaan produk dan alat perawatan rambut tertentu atau rasa stres terhadap lingkungan.

Nah, perawatan rambut rutin menggunakan cuka apel juga dapat mengembalikan tekstur alami rambut. Cuka apel ini mengandung asam alfa hidroksi. Zat ini akan menghaluskan helaian rambutmu.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit

4. Mengatasi jerawat

Jerawat sering disebut-sebut sebagai gangguan kulit. Keberadaan jerawat pada wajah misalnya, terasa mengurangi kecantikan seseorang. Padahal, orang itu sudah berusaha merawat kulit wajahnya.

Mungkin bahan yang digunakan untuk merawat kulit belum tepat. Ketahuilah, manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit, salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. Kandungan AHA dalam cuka apel akan membantu kulit menghilangkan sumbatan pori-pori yang biasanya menyebabkan jerawat.

5. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah situasi ketika kulit berubah warna dengan cepat karena produksi melanin berlebih. Kamu mungkin lebih paham dengan penampakan kulit yang belang, warnanya tidak merata.

Perawatan kulit menggunakan cuka apel dapat mencerahkan bagian kulit yang terlalu gelap karena hiperpigmentasi. Hal ini dapat terjadi karena adanya kandungan asam asetat dalam cuka apel.

Baca Juga: 5 Kandungan Obat Jerawat Alami untuk Anak Remaja.

6. Memudarkan bekas luka

Setiap hari selalu ada peluang kulit terluka karena gesekan yang terlalu intensif dengan benda lain. Akibatnya, ada bekas luka yang dapat mengurangi kecantikanmu. Tenang, manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit berikutnya adalah memudarkan bekas luka.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan sekitar 4 sendok makan air bersih. Basahi sebuah kapas dengan campuran cairan ini, kemudian pupuhkan pada kulit yang memiliki bekas luka. Biarkan kering dan lakukan rutin setiap malam, lama-lama bekas luka akan memudar.

7. Menyamarkan keriput

Ketika tanda penuaan seperti keriput muncul, seseorang bisa merasa kecantikannya menurun. Karena itu, banyak kan produk kecantikan yang berlabel ‘anti-aging’, karena menawarkan kulit kembali tampak seperti remaja.

Secara alami, keriput juga bisa disamarkan dengan penggunaan cuka apel secara alami. Cuka apel dapat berfungsi sebagai toner wajah, yang selain mampu menyamarkan keriput, juga berfungsi untuk mengencangkan kulit kamu. Campurkan cuka apel dengan air bersih 1:2 untuk dijadikan sebagai toner, ya.

Tidak ada salahnya mencoba merawat kesehatan kulit dan rambut dengan cuka apel. Kini, cuka apel semakin banyak tersedia baik di toko online maupun offline yang menawarkan produk kecantikan.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *