• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

6 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil – Buah salak merupakan salah satu jenis buah yang unik dan memiliki rasa manis. Beberapa orang menganggap kalau buah yang memiliki sisik yang tajam ini sebagai biang keladi sembelit. Dengan begitu, banyak orang yang tidak mengonsumsinya.

Manfaat Buah Salak Secara Umum

Buah salak memiliki beberapa manfaat yang besar. Beberapa manfaat buah salak secara umum adalah sebagai berikut.

  • Memberikan kesehatan pada mata.
  • Menjaga daya tahan tubuh.
  • Menambah stamina.
  • Dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Menghindari tubuh dari penyakit kronis.
  • Bisa menjaga kesehatan pankreas.
  • Dapat meningkatkan memori otak.
  • Mengontrol gula darah di dalam tubuh.
  • Dapat menurunkan berat badan.
  • Menyehatkan pencernaan.

Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Selain manfaat secara umum, mengonsumsi buah salak juga penting untuk ibu hamil. Beberapa manfaat buah salak untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Dapat menjaga keseimbangan kadar asam lambung

Pada beberapa kasus, ibu hamil cukup sering mengalami mual hingga muntah pada trimester pertama. Di sinilah buah salak memiliki peran untuk menjaga keseimbangan kadar asam lambung. Salah satu penyebab terjadinya gangguan asam lambung adalah tidak adanya keseimbangan di dalam hormon tubuh. Dengan mengonsumsi salak, maka hormon tersebut bisa lebih seimbang.

Official Store Pyfa Health

Akan tetapi, ibu hamil tidak bisa banyak makan buah salak. Cukup 1 hingga 2 buah untuk perharinya. Hal ini mengurangi efek samping kebanyakan konsumsi salak.

2. Dapat menurunkan risiko anemia

Di dalam buah salak terdapat kandungan zat besi. Perlu kamu tahu bahwa zat besi sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah salak, maka bisa menurunkan risiko anemia khususnya pada ibu hamil.

Selain zat besi, di dalam salak juga terdapat tiamin. Zat tersebut juga memiliki peran yang sama dengan Zat besi sebagai pencegah terjadinya anemia. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika wanita yang mengalami menstruasi dianjurkan mengonsumsi salak.

3. Dapat membantu pembentukan tulang janin

Kandungan kalsium di dalam buah salak juga dibutuhkan oleh tubuh. Khususnya pada ibu hamil, kalsium penting karena membantu dalam pembentukan tulang janin. Ketika ibu hamil kekurangan kalsium, maka janin akan mengambil sumber kalsium dari ibunya. Akibatnya, justru calon ibu yang akan kekurangan zat kalsium sehingga tulangnya mudah rapuh di masa datang.

Calon ibu hamil sebaiknya mengonsumsi banyak nutrisi yang berhubungan dengan kalsium. Salah satunya ada di dalam buah salak. Minum produk susu khusus untuk hamil juga sebaiknya diperbanyak.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfa Health

4. Dapat menjaga kesehatan mata janin

Untuk menjaga mata janin, calon ibu harus mengonsumsi makanan yang memiliki sumber betakaroten. Betakaroten sendiri bisa didapatkan di dalam wortel dan juga buah salak. Kandungan betakaroten di dalam salak tidak hanya menyehatkan mata saja, tetapi juga dapat mencegah terjadinya infeksi di bagian mata janin selama dalam kandungan.

5. Dapat menjaga kualitas memori janin

Di dalam proses pembentukan otak janin selama kandungan, calon ibu harus mengonsumsi makanan yang tepat. Salak mengandung pektin yang merupakan komponen penting untuk pembentukan kecerdasan, daya ingat, dan juga perkembangan otak janin. Selain itu, calon ibu juga harus mengonsumsi sumber makanan lainnya untuk menyempurnakan otak janin.

6. Dapat menyehatkan jantung dan juga mencegah kegemukan

Kandungan kalium yang dimiliki buah salak memiliki manfaat lebih untuk menyehatkan jantung pada janin. Selain itu, kandungan serat di dalam salak juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kegemukan. Mengonsumsi asupan yang tinggi serat juga sangat baik untuk calon ibu yang rentan sembelit dan berat badan mudah naik.

Demikianlah enam manfaat buah salak untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Untuk ibu hamil, usahakan jangan sampai kekurangan zat besi, ya. Tentunya, agar terhindar dari anemia. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penambah darah untuk ibu hamil sebagai berikut.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *