• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

8 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil – Tidak semua buah aman dikonsumsi saat hamil. Buah nanas dan buah delima misalnya. Konsumsi buah-buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan keguguran.

Berbeda dengan itu, justru ada buah-buah yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Salah satu buah yang menawarkan hal tersebut dan tersedia banyak di Indonesia adalah buah naga. Buah naga adalah buah yang bagian luarnya seperti kulit bertumpuk dan di bagian dalam ada yang berwarna putih atau warna merah keunguan.

Buah naga sebetulnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Rasanya ada yang asam dan ada juga yang manis. Kalau di Indonesia, biasanya rasanya agak tawar tapi memberikan sedikit rasa manis dan menyegarkan. Tanpa berpanjang-panjang, ini beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi saat hamil. Apa saja manfaat buah naga untuk ibu hamil? Pelajari dalam artikel berikut.

Official Store Pyfa Health

1. Mencegah sembelit

Tidak hanya orang pada umumnya, ibu hamil juga bisa mengalami sembelit. Kondisi ini akan sangat mengganggu ketika seseorang sedang mengandung janin. Konsumsi buah naga secara rutin akan mencegah sembelit bagi ibu hamil.

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi 25-30 gram serat per hari. Ini bisa didapatkan dari buah naga, di mana terdapat 3 gram serat dalam setiap 100 gram buah naga. Buah naga juga akan membantu tubuh mengeluarkan racun, sembari mencegah terjadinya sembelit.

2. Mencegah anemia dan merangsang pembentukan sel darah merah

Ibu hamil perlu menjamin kesehatan dirinya sendiri dan janin yang dikandungnya. Untuk itu, jumlah sel darah merah harus selalu mencukupi. Manfaat buah naga untuk ibu hamil di antaranya mencegah anemia dan merangsang pembentukan sel darah merah.

Buah naga mengandung zat besi dan vitamin C. Zat besi merupakan zat yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Dan vitamin C akan membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik, pada saluran pencernaan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem yang melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Peningkatan sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan saat seseorang hamil, dan itu dapat diperoleh dari konsumsi buah naga secara rutin.

Kandungan dalam buah naga yang dapat memainkan peran ini adalah vitamin C. Vitamin C akan mengupayakan ibu hamil tetap terjaga kesehatannya.

4. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas berbahaya untuk kesehatan semua orang, termasuk ibu hamil. Beruntunglah, buah naga dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas. Vitamin C yang terkandung dalam buah naga yang akan melakukan fungsi ini.

Perlu diperhatikan, radikal bebas dapat menimbulkan kerusakan tubuh yang membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Risiko terburuknya, radikal bebas dapat memicu seseorang mengalami penyakit kanker dan jantung.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

5. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan otak janin

Pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan adalah masa-masa terpenting dari pembentukan manusia. Kamu tahu kan, yang membedakan manusia dan makhluk lainnya adalah otaknya yang lebih memberikan banyak fungsi.

Kamu disarankan sering mengonsumsi buah naga untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Buah naga memiliki kandungan antioksidan dan tiamin. Zat-zat ini lah yang akan memberikan manfaatnya.

6. Melindungi dan menjaga kesehatan sel tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga memberikan banyak manfaat. Ibu hamil akan terbantu untuk menjaga dan melindungi sel yang dimiliki janin. Sel-sel dalam janin belum sedewasa ibunya, sehingga masih memerlukan perlindungan.

Kandungan vitamin C juga dapat mendorong pembentukan kolagen yang dibutuhkan kulit, tulang, otot, dan pembuluh darah. Di samping juga dapat mengoptimalkan tubuh menyerap zat besi, seperti sudah disebutkan sebelumnya. Tapi kamu harus mengonsumsi buah naga secara bijak, karena vitamin C berlebih dapat meningkatkan risiko janin lahir prematur.

7. Mencegah depresi

Tidak sedikit ibu hamil yang merasa stres ketika hamil. Sebab, pada dasarnya ibu hamil tidak selalu bisa aktif beraktivitas seperti sebelum hamil. Ditambah lagi, ada rasa tanggung jawab yang semakin terbentuk mendekati kelahiran janin.

Dalam buah naga, terkandung omega-3. Omega-3 ini dapat mencegah ibu hamil mengalami depresi. Janin pun akan merasakan manfaatnya, yakni membantu perkembangan otak.

8. Mencegah cacat lahir

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang paling utama adalah mencegah cacat lahir bagi janin yang dikandungnya. Di dalam buah naga, terkandung asam folat yang berlimpah. Asam folat ini yang akan melindungi bayi dari cacat lahir seperti cacat tabung saraf.

Banyak buah yang memiliki kandungan baik untuk ibu hamil. Buah naga mungkin hanya salah satunya, tapi menawarkan banyak manfaat untuk kamu.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *