• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil – Berbagai macam makanan sehat sangat baik dikonsumsi selama hamil. Bukan hanya dapat menyehatkan tubuh ibu, tapi makanan sehat juga akan memberikan nutrisi baik bagi janin yang dikandungnya. Salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil adalah sayur bayam.

Bayam adalah jenis sayuran yang bermanfaat untuk mencegah cacat lahir pada janin dalam kandungan. Di dalamnya ada berbagai nutrisi yaitu protein, asam folat, serat, kalsium, zat besi, vitamin K, vitamin C, hingga vitamin A. Bagaimana sebetulnya manfaat bayam untuk ibu hamil dengan nutrisi yang kaya ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Bayam menjadi pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil. Pelajari apa saja manfaat bayam untuk ibu hamil dalam artikel berikut ini.

1. Mencegah cacat lahir pada janin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat bayam untuk ibu hamil yang pertama adalah mencegah cacat lahir pada janin. Janin belum mandiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuhnya sendiri. Makanan yang dimakan oleh ibu lah yang akan memberikan nutrisi untuknya.

Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, dibutuhkan vitamin B9 atau asam folat. Kedua nutrisi ini yang mampu mengurangi resiko cacat lahir seperti anensefali dan spina bifida. Sayur bayam akan memberikan manfaat ini bagi ibu hamil.

2. Meningkatkan penglihatan

Kebanyakan orang meyakini mata yang sehat akan diperoleh dari rutinitas mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Sayur bayam memiliki kandungan vitamin ini. Tapi, ada vitamin lain yang tidak kalah penting fungsinya untuk mata yaitu vitamin B1 dan vitamin B2.

Manfaat bayam untuk ibu hamil berikutnya adalah mendukung perkembangan sistem saraf dan penglihatan janin. Di sisi lain, vitamin B2 juga akan mendorong perkembangan organ dan jaringan reproduksi dalam tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui.

3. Membantu perkembangan kognitif bayi

Perkembangan kognitif dapat meliputi proses yang mendorong kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah, mengambil keputusan, atau mengingat sesuatu. Pada bayi, hal ini berkembang sejak di masa kandungan.

Manfaat bayam untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu perkembangan kognitif bayi. Di dalam bayam, ada kandungan asam folat dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini mendukung perkembangan kognitif janin, perkembangan tulang belakang, dan bahkan mencegah keguguran.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat bayam untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh penting untuk dijaga karena ibu punya tanggung jawab lebih. Tanggung jawab terhadap kesehatan dirinya sendiri, dan dalam memberikan perlindungan bagi janin dalam kandungan.

Nutrisi seperti asam folat, zat besi, serat, vitamin K, dan vitamin B memang penting untuk kesehatan. Tapi, dalam memperkuat daya tahan tubuh, peran utamanya diberikan oleh vitamin C. vitamin C akan berusaha menangkal berbagai penyakit dan juga melawan resiko terjadinya infeksi.

5. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang baik, bagi orang dewasa pada umumnya maupun ibu hamil, adalah tekanan darah yang normal. Tidak bertekanan darah tinggi dan tidak juga rendah. Tetapi memang bayam ini terutama bermanfaat bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi.

Manfaat bayam untuk ibu hamil yang lain adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Kalau kamu memiliki tekanan darah rendah, sebaiknya jangan mengonsumsi bayam secara berlebihan. Nutrisi yang memberikan manfaatnya dalam menjaga tekanan darah adalah potassium dan nitrat.

Baca Juga: 7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

6. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Bayam adalah jenis sayur yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Manfaat bayam bagi ibu hamil di antaranya adalah mendukung kesehatan tulang dan gigi. Baik untuk ibu, maupun janin dalam kandungan.

Pasalnya, ada kandungan vitamin K di dalam sayur bayam. Nutrisi ini dapat mencegah kerusakan pada tulang dan juga memperkuatnya. Di sisi lain, sayur bayam juga makanan yang mengandung kalsium. Selain bagus untuk kesehatan tulang, sayur ini juga akan meningkatkan kekuatan otot dan saraf seseorang.

7. Sebagai sumber zat besi

Sayur bayam sering disebut sebagai makanan yang menjadi sumber dari zat besi. Zat besi juga bisa diperoleh dari makanan lain seperti buah bervitamin C, kacang polong, hingga sayur berdaun hijau lainnya.

Tapi sayur bayam termasuk jenis sayuran yang mengandung zat besi tinggi. Setidaknya dalam 100 gram bayam, terdapat 2,7 mg zat besi. Ibu hamil sendiri membutuhkan sekitar 27 mg zat besi untuk setiap harinya.

Nutrisi ini dibutuhkan bayi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak secara optimal. Di sisi lain, zat besi juga membantu ibu mengalirkan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh.

Baca Juga: Penting! Ini 7 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat bayam untuk ibu hamil. Penuhi juga kebutuhan zat besi untuk ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin berikut ini agar terhindar dari anemia.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *