• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Bawang Merah untuk Bayi

5 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi dan Cara Penggunaannya

Manfaat Bawang Merah untuk Bayi – Dikenal sebagai bumbu wajib masakan Indonesia, bawang merah ternyata menyimpan manfaat lainnya, lho. Tahukah kamu bahwa bawang merah menyimpan manfaat kesehatan untuk bayi? Yup! Selain menjadi bumbu dapur, bawang merah juga seringkali digunakan sebagai obat alami untuk menangani beberapa penyakit yang diderita si kecil.

Lantas, apa saja manfaat kesehatan bawang putih untuk bayi? Yuk, ketahui selengkapnya mengenai khasiat bawang merah sebagai obat alami untuk si kecil berikut ini.

Manfaat Bawang Merah untuk Bayi

Selain sebagai bumbu dapur, berikut ini adalah deretan manfaat bawang merah untuk bayi dan cara penggunannya yang wajib kamu tahu.

1. Menurunkan demam anak

Demam menjadi salah satu kondisi yang sering menyerang si kecil. Hal Ini tentu sering mengganggu pikiran orang tua. Namun, sebelum memutuskan untuk segera pergi ke dokter, tidak ada salahnya jika orang tua memberikan si kecil obat penurun panas alami. Nah, orang tua dapat menggunakan obat herbal yang bisa ibu buat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur, yakni bawang merah.

Official Store Pyfa Health

Racikan bawang merah yang merupakan obat herbal ini telah digunakan sejak zaman dahulu dan secara turun temurun telah diwariskan sebagai peredam demam yang ampuh. Tentu hal ini juga sudah terbukti, karena bawang merah memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin, dan floroglusin yang efektif untuk menurunkan suhu tubuh. Selain itu, kandungan zat flavonoid yang terdapat pada bawang merah juga berfungsi sebagai antiradang, antibakteri, serta mampu menurunkan panas.

Cara Menggunakannya:

Untuk menggunakannya juga tidak sulit, cukup ambil 3-5 siung bawang merah, kupas, lalu cuci bersih. Kemudian, gerus atau tumbuk kasar, jangan sampai halus biarkan tekstur bawang merahnya tetap ada.

Setelah itu, campurkan beberapa tetes minyak kelapa, minyak kayu putih, atau minyak telon secukupnya. Lalu, ibu dapat membalurkan racikan tersebut ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, dada, perut, lipatan paha, lengan, dan telapak kaki. Cara inj dapat dilakukan ketika si kecil tertidur agar ia tidak terganggu dengan bau khas bawang merah yang menusuk.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun si kecil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

2. Mengobati perut kembung si kecil

Kondisi perut kembung memang kerap dialami si kecil. Tentu hal tersebut akan membuat si kecil menjadi rewel dan susah tidur. Masalah perut kembung ternyata juga bisa diatasi dengan bawang merah.

Cara meracik bawang merah untuk digunakan sebagai obat perut kembung juga sama seperti ketika membuat ramuan untuk penurun demam, ibu cukup mencampurkan bawang merah tumbuk plus minyak telon, lalu dioleskan ke perut bayi.

Setelah dioleskan ramuan bawang merah ini, si kecil akan merasa hangat. Mengoleskan ramuan bawang merah di perut bayi juga akan menimbulkan efek rileks dan perut kembung pun teratasi.

Baca Juga: 7 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Apa Saja?

3. Sebagai antibakteri dan antivirus

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah mampu menyerap bakteri dan virus. Pasalnya, bawang merah memiliki kandungan efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa ini lalu diubah oleh enzim alliinase menjadi asam piruvat, ammonia, dan alliisin sebagai antimikroba yang bersifat bakterisida.

Tak hanya itu saja, bawang merah juga bisa sebagai antivirus. Untuk mendapatkan manfaatnya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan irisan atau potongan bawang merah yang telah dikupas di pojok ruangan yang ampuh untuk menyerap virus flu yang berada di sekitar ruangan.

Umumnya, pada irisan bawang merah nantinya bakal berubah menjadi hitam di pagi harinya karena permukaan bawang telah menyerap bakteri dan virus.

Kamu bisa meletakkan irisan bawang merah di sudut ruang kamar tidur, di ruang keluarga, meja makan, dan meja tempat kerja. Kandungan arima atsiri dari bawang merah akan menyebar ke seluruh ruangan sehingga mampu mencegah si kecil dan keluarga terserang oleh virus influenza.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Selanjutnya, manfaat bawang merah untuk bayi lainnya yaitu dapat memperlancar sirkulasi darah. Ibu dapat menempelkan bawang merah di kaki bersama perban atau kaus kaki. Cara ini bisa dilakukan selama minimal 4 jam atau saat sedang tidur.

Hal ini bermanfaat karena asam fosfat dari bawang merah akan diserap melalui trans-dermal pada telapak kaki dan masuk ke pembuluh. Nah, asam fosfat yang terkandung dalam bawang merah ini mampu memurnikan dan menyerap racun dalam darah sehingga sirkulasi darah pun menjadi lancar.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Jarak untuk Bayi yang Wajib Kamu Tahu.

5. Meredakan flu dan batuk

Bawang merah ternyata juga telah terbukti mampu menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya meredakan flu dan batuk. Kandungan sulfur dan quercetin dalam bawang merah bermanfaat dalam menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah juga mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernafasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak si kecil yang terserang flu dan disertai dengan batuk.

Nah, itulah beberapa manfaat bawang merah untuk bayi. Jaga terus sistem imun si kecil dengan memberikannya suplemen dan vitamin untuk sistem imun. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *