• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil – Setiap hari tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang beragam jenisnya Tujuannya agar semua organ dan jaringan tubuh dapat bekerja optimal, kesehatan pun ikut terjaga. Kalau kamu sedang hamil, kamu harus lebih memperhatikan gizi tubuhmu.

Mengapa ibu hamil harus peduli pada gizi? Sebab, kamu bukan hanya bertanggung jawab pada kesehatan tubuh diri sendiri, tapi juga kesehatan anak yang ada dalam kandungan.

Nutrisi yang baik dapat kamu peroleh dari buah-buahan, misalnya alpukat. Berikut beberapa manfaat alpukat untuk ibu hamil yang wajib kamu tahu.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Buah alpukat banyak ditemukan di Indonesia dan gizinya sangat lengkap. Ketahui manfaat alpukat untuk ibu hamil berikut ini.

1. Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan orang dewasa pada umumnya. Baik itu protein, kalori, magnesium, asam folat, maupun vitamin C. Ini karena ada janin yang juga memerlukan nutrisi tersebut, dan memperolehnya melalui sang ibu.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Buah ini mengandung asam folat, vitamin C, hingga magnesium dalam jumlah yang tinggi. Dengan mengonsumsi setengah buah alpukat atau 100 gram buah tersebut per harinya, akan memenuhi setidaknya 14 persen dari kebutuhan ibu hamil.

2. Membantu menyerap nutrisi

Tidak hanya menyediakan nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu dalam penyerapan nutrisi dari makanan lain yang kamu konsumsi. Sebagai contoh, kamu mengonsumsi sayur berdaun hijau, antioksidan karotenoid yang ada dalamnya akan mudah terserap tubuh.

Alpukat cenderung aktif mendorong penyerapan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Buah ini akan menyerap vitamin-vitamin yang biasanya larut dalam lemak.

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil.

3. Memberikan antioksidan

Alpukat adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi. Jika dikonsumsi, buah ini akan menyalurkan antioksidan alami ke dalam tubuh. Senyawa ini penting karena bertugas melindungi sel dari kerusakan.

Jenis antioksidan yang banyak terkandung pada buah alpukat adalah lutein karotenoid. Lutein ini mampu mendukung perkembangan fungsi otak dan mata janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Antioksidan karotenoid, yaitu lutein serta beta-karoten dan zeaxanthin yang juga tersedia dalam alpukat, selanjutnya juga akan tersalurkan melalui ASI, jika bayi sudah dilahirkan.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Memberikan lemak baik

Buah alpukat sering menjadi rekomendasi makanan yang dikonsumsi selama diet karena mengandung lemak baik. Tidak hanya bagi orang-orang yang sedang menjalani diet, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga sama saja. Buah ini akan memberikan lemak baik yang bergizi untuk tubuh.

Lemak baik dan bergizi dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini akan mendorong kesehatan jantung serta mengontrol kandungan gula darah dalam tubuh. Buah ini baik dikonsumsi selama hamil, juga karena meningkatkan kualitas tidurmu.

5. Menurunkan kolesterol jahat

Buah alpukat dapat membantu ibu hamil menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuhnya. Tapi, ada cara khusus agar kamu bisa memperoleh manfaat ini dari alpukat. Konsumsi lah satu buah alpukat setiap harinya, dan lihat seberapa jauh level kolesterol jahat kamu menurun.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Ibu hamil kerap mengalami rasa sakit di bagian perut atau sembelit. Kondisi yang tidak nyaman ini dapat dihentikan jika kamu mengonsumsi cukup serat setiap hari. Beruntung, serat dalam jumlah banyak bisa kamu dapatkan dari buah alpukat.

Dalam setengah buah alpukat atau 100 gram-nya, tersedia 7 gram serat atau sebanyak 25 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan tersedia pada tubuh ibu hamil. Selain bermanfaat baik bagi sistem pencernaan, buah alpukat juga akan meminimalisir resiko ibu hamil mengalami preeklamsia dan diabetes gestasional.

7. Mengurangi risiko berat badan meningkat jauh

Ibu hamil biasanya dibayang-bayangi dengan kenaikan berat badan. Berat badan naik itu wajar, tapi yang berlebihan tidak baik juga bagi kesehatan. Untuk mengurangi resiko berat badan meningkat terlampau jauh, konsumsi buah alpukat secara rutin.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil bagian memperlancar sistem pencernaan, akan membuat berat badanmu terjaga dengan baik. Di sisi lain, buah ini juga meninggalkan rasa kenyang yang cukup lama. Jangan khawatirkan gizinya, banyak kandungan nutrisi baik dalam buah alpukat.

Buah alpukat termasuk jenis makanan yang mudah diolah kembali. Beberapa orang membuatnya menjadi jus, orang lain bisa mengubahnya menjadi makanan pelengkap salad. Apapun itu, nikmati buah alpukat sesukamu agar kamu dapat memperoleh manfaatnya, ya.

Baca Juga: Mengetahui Pentingnya Hemoglobin Normal pada Ibu Hamil.

Selain itu, jaga terus juga kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan mengonsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung zat besi. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *