• shopee-bigramadhansale-1920x745
Manfaat Alpukat untuk Bayi

7 Manfaat Alpukat untuk Bayi, Apa Saja?

Manfaat Alpukat untuk Bayi – Makanan yang bisa dikonsumsi oleh bayi sangat terbatas, berbeda dengan orang dewasa. Masa-masa bayi dan anak-anak memang merupakan masa pertumbuhan dan adaptasi organ tubuh manusia. Seseorang baru bisa memakan berbagai jenis makanan, setelah melalui proses MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu.

MPASI seharusnya diberikan saat bayi berusia 6 bulan. Pada tahapan ini, ibu harus melakukan banyak riset, makanan apa saja yang bisa dijadikan MPASI. Kalau Pyfa Health boleh sarankan, buah alpukat bisa menjadi pilihan, lho. Di bawah ini adalah penjelasan manfaat alpukat untuk bayi.

Manfaat Alpukat untuk Bayi

Buah alpukat merupakan salah satu pilihan untuk MPASI. Pelajari di sini 7 manfaat alpukat untuk bayi yang wajib kamu tahu.

1. Memperlancar pencernaan

Sistem pencernaan bayi belum terlatih untuk memproses makanan-makanan berat. Alpukat bisa menjadi pilihan karena teksturnya yang dapat dilembutkan. Buah ini banyak tersedia di Indonesia, jadi termasuk yang sering disarankan untuk MPASI.

Official Store Pyfa Health

Buah alpukat mengandung serat yang tinggi. Karena kandungan ini, manfaat alpukat untuk bayi yang pertama adalah memperlancar sistem pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna di dalamnya. Dengan begitu, alpukat mampu mencegah kemungkinan bayi mengalami sembelit.

2. Melindungi hati dan jantung

Karena alpukat dicerna saat MPASI, bukan berarti hanya berdampak baik pada sistem pencernaan. Jika bayi yang mengonsumsi alpukat secara rutin, akan lebih terlindung organ-organ vital di dalam tubuhnya. Organ tersebut yaitu jantung dan hati.

Manfaat alpukat untuk bayi selanjutnya adalah membuat hati dan jantung menjadi lebih kuat sehingga akan terlindungi dari risiko kerusakan. Ini karena alpukat mengandung kolesterol baik yang akan membantu pembuluh jantung berkembang menjadi kuat.

Di sisi lain, alpukat mengandung antioksidan kuat yang disebut glutathione. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas dan virus yang dapat membahayakan tubuh. Artinya, alpukat dapat meringankan kerja hati dan melindunginya dari risiko penyakit seperti serangan virus hepatitis.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun si kecil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Mendukung perkembangan otak

Jika bayi mengonsumsi alpukat, akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain baik untuk sistem pencernaan, jantung, dan hati, manfaat alpukat untuk bayi dapat dirasakan pada otak. Mungkin tidak terlihat, tapi alpukat dapat membantu mendukung perkembangan organ otak manusia.

Manfaat ini dapat diperoleh berkat asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya. Otak yang berkembang baik sejak dini akan berdampak positif di masa depan. Anak akan cepat untuk belajar, bahkan ketekunannya akan membuat anak berprestasi.

4. Memelihara kesehatan mata

Pengetahuan umum yang beredar sering menyebut mata dapat terjaga kesehatannya jika seseorang rajin mengonsumsi vitamin A. Kenyataannya tidak hanya itu. Pada dasarnya, mata juga memerlukan nutrisi lain untuk mendukung kesehatannya.

Dengan mengonsumsi alpukat, bayi akan memelihara kesehatan matanya secara alami. Ada kandungan antioksidan, zeaxanthin, dan lutein yang baik untuk organ ini. Nutrisi ini juga akan mendorong perkembangan indera penglihatan bayi.

5. Meningkatkan berat badan

Peningkatan berat badan bayi sangat diperlukan, sesuai dengan pertambahan usianya. Alpukat akan membantu bayi meningkatkan berat badannya. Tidak hanya menambah berat badan, mengonsumsi alpukat juga dapat menjaga berat badan bayi tetap stabil.

Di dalam alpukat, terkandung banyak nutrisi. Ada karbohidrat, kalori, hingga lemak yang baik untuk tubuh. Seluruhnya adalah unsur-unsur gizi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan bayi.

6. Mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka

Peradangan tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada bayi. Bayi rentan mengalami peradangan di jaringan kulitnya. Beruntunglah ada makanan alami yang dapat membantu mencegah peradangan pada bayi, yaitu alpukat.

Manfaat alpukat untuk bayi ini didapatkan dari fungsi baik antioksidan. Memang alpukat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Di sisi lain, alpukat juga dapat mempercepat penyembuhan jika bayi mengalami luka.

7. Mencegah anemia dan mengatur tekanan darah

Alpukat memiliki kandungan asam folat dan kalsium di dalamnya. Nutrisi ini akan membantu tubuh mengatur tekanan darah. Tekanan darah seseorang akan cenderung normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi maupun rendah, jika mengonsumsi alpukat secara rutin sejak dini.

Alpukat juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan riboflavin. Nutrisi ini akan bekerja menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh, sehingga dapat mencegah anemia, mengoptimalkan perkembangan motorik, dan kecerdasan bayi.

Nah, itulah tadi tujuh manfaat alpukat untuk bayi yang begitu beragam. Pastikan bayi memperoleh banyak nutrisi selama masa tumbuh kembangnya, agar seluruh bagian tubuhnya dapat bekerja optimal di kemudian hari.

Selain itu, jaga terus juga sistem imun si kecil dengan memberikannya suplemen dan vitamin untuk sistem imun. Tapi, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Menjaga Sistem Imun

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *