• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

5 Jenis Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat – Makanan yang tidak mengandung karbohidrat dalam artikel ini bisa dijadikan menu makanan pilihan untuk mengatur pola makan atau diet untuk menghindari obesitas.

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu masalah kesehatan dimana banyak orang ingin menghindarinya. Selain mengganggu penampilan, obesitas juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit yang mengancam kesehatan, sebut saja penyakit jantung dan juga diabetes. Untuk itu, simak ulasan mengenai makanan yang tidak mengandung karbohidrat ini, yuk!

Makanan yang Tidak Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi yang digunakan sebagai sumber energi paling penting bagi makhluk hidup karena molekulnya menyediakan unsur karbon yang siap digunakan oleh sel.

Karbohidrat yang berada dalam sirkulasi darah berbentuk glukosa untuk keperluan energi, sebagian disimpan sebagai glikogen dalam hati dan jaringan otot, dan sebagian lainnya diubah menjadi lemak yang disimpan sebagai cadangan energi. Itulah mengapa seseorang yang mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan bisa memiliki berat badan yang berlebih.

Official Store Pyfa Health

Bagi yang mengidap obesitas, diet rendah karbohidrat adalah salah satu jenis diet yang dianggap paling efektif karena bisa segera menurunkan berat badan. Jenis diet yang rendah karbohidrat biasanya akan memperbanyak asupan protein dan lemak sebagai sumber gizi yang dikonsumsi harian.

Berikut ini adalah makanan yang tidak mengandung karbohidrat, atau dengan karbohidrat rendah yang biasanya dijadikan menu untuk berdiet.

1. Protein hewani

Hampir semua protein hewani tidak mengandung karbohidrat, misalnya daging sapi, ayam, bebek, dan ikan. Namun, agar diet lebih berhasil dan efektif, pilihlah daging yang tanpa lemak dan hindari mengonsumsi bagian kulit yang kaya akan kandungan lemak dan minyak.

2. Sayuran

Sayuran yang tinggi serat dan tidak mengandung karbohidrat adalah jenis makanan yang direkomendasikan bagi kamu yang sedang berdiet. Brokoli, bayam, kale, sawi dan selada adalah sayuran yang mengandung karbohidrat sangat rendah, namun tinggi serat, vitamin, dan juga antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

3. Buah-buahan

Buah-buahan yang tidak mengandung karbohidrat biasanya mengandung air yang tinggi dan juga kaya akan vitamin sehingga baik untuk memelihara daya tahan tubuh. Timun, buah berry, lemon, kiwi, dan alpukat adalah daftar buah-buahan yang harus masuk dalam daftar menu diet kamu.

4. Produk olahan tambahan

Keju dan yoghurt merupakan dua produk olahan tambahan yang tidak mengandung karbohidrat terlalu banyak. Dua produk olahan dari susu ini juga kaya akan serat dan juga kalsium yang penting bagi metabolisme tubuh. Pilih yoghurt yang plain dan tidak mengandung gula tambahan untuk menu diet rendah karbohidrat kamu, ya.

5. Air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup adalah salah satu kunci diet yang sukses. Minuman yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah ini juga sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Meski karbohidrat yang berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes maupun obesitas, namun bukan berarti tubuh kita sama sekali tidak membutuhkannya. Pilihlah makanan pengganti dengan kadar karbohidrat rendah seperti yang telah diuraikan di atas.

Penggantian beras biasa menjadi beras merah, kentang, atau roti gandum utuh adalah pilihan terbaik untuk memangkas jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tanpa menimbulkan rasa lemas, pusing dan sulit konsentrasi.

Perhatikan juga asupan air yang masuk ke dalam tubuh saat menjalankan diet, karena kondisi tubuh yang dehidrasi justru akan memicu rasa lapar palsu dalam tubuh yang bisa mengakibatkan kita makan lebih banyak, akibatnya berat badan justru akan bertambah. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *