• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

7 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid – Saat menjelang haid, beberapa wanita mungkin pernah mengalami nafsu makan yang tidak terkontrol. Makan saat menjelang haid itu boleh-boleh saja. Akan tetapi, harus berhati-hati saat menyantapnya. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang sebetulnya harus dihindari atau dibatasi.

Hal itu dilakukan agar perempuan yang sedang haid tidak mengalami sakit atau bahkan kembung. Perlu kamu ketahui bahwa menjelang haid tidak hanya nafsu makan saja yang meningkat, tetapi juga pola makan bisa berubah. Hal tersebut sebenarnya masih dalam taraf normal.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Haid

Beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan haid adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung garam

Jika kamu mengonsumsi makanan yang sangat tinggi kandungan garamnya, maka bisa menyebabkan retensi ataupun juga penumpukan air. Jika hal itu terjadi, maka bisa membuat perut menjadi kembung. Hal inilah yang membuat makanan dengan garam berlebih dilarang ketika haid.

Official Store Pyfa Health

Kalau memang sulit untuk menghindari makanan seperti itu, sebenarnya masih bisa mengonsumsinya. Akan tetapi, jangan banyak dan secukupnya saja. Hal ini juga berlaku untuk makanan cepat saji.

2. Makanan yang mengandung gula

Jenis makanan berikutnya yang perlu kamu hindari adalah makanan dengan kadar gula tinggi. Jika kamu mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula, maka bisa meningkatkan energi secara mendadak. Hal itu juga diikuti dengan penurunan energi yang ikut juga mendadak.

Sama halnya dengan poin sebelumnya bahwa cukup konsumsi makanan manis secukupnya saja. Kalau memang memungkinkan, ganti makanan manis dengan buah-buahan.

3. Minuman dan makanan dengan kadar kafein tinggi

Kita semua pastinya sudah tahu bahwa minuman dan makanan berkafein bisa memberikan masalah pada lambung. Namun, bukan hanya bermasalah pada lambung, minuman dan makanan berkafein tinggi seperti kopi juga bisa memberikan dampak buruk saat haid.

Solusi untuk yang satu ini bisa dengan mengurangi atau bahkan berhenti dulu konsumsi kopi ketika masa haid berlangsung. Kalau memang kamu sangat sulit dari ketergantungan pada kopi, maka bisa untuk dikurangi saja jumlahnya.

4. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas memang sangat nikmat. Akan tetapi, saat haid datang, hal tersebut justru bisa menyebabkan masalah. Contohnya seperti sakit perut dan juga diare. Jika kamu memang sangat menyukai makanan pedas, jangan konsumsi saat haid datang. Sebab, hal itu bisa memperparah dengan gejala kram perut.

5. Daging merah

Ketika haid datang, tubuh akan memproduksi hormon prostaglandin. Hal itu membuat rahim akan berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin begitu tinggi, maka bisa berefek pada kram perut.

Di dalam daging merah terkandung zat besi yang juga sekaligus mengandung prostaglandin. Maka dari itu, daging merah juga termasuk ke dalam makanan yang dilarang ketika haid datang. Dengan begitu, kram perut bisa terhindar.

6. Makanan dengan lemak trans tinggi

Siapa yang suka dengan gorengan? Meskipun makanan yang satu ini begitu enak, namun harus hati-hati, terutama bagi kamu yang sedang haid. Di dalam gorengan terkandung banyak lemak trans yag tinggi. Dengan kondisi kamu yang sedang haid, maka bisa menyebabkan sakit perut jika memakan gorengan. Selain itu, jenis camilan juga memiliki lemak trans tinggi sehingga perlu dihindari atau dikurangi.

7. Makanan dan minuman olahan dari susu

Jenis makanan yang terakhir adalah olahan susu. Jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung olahan susu, maka bisa menyebabkan kram menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam produk susu terdapat asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya kram.

Demikianlah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan saat haid. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen zat besi tambahan agar terhindar dari anemia saat haid, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *