• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Rendah Kalori

5 Makanan yang Rendah Kalori dan Cocok untuk Diet

Makanan yang Rendah Kalori – Makanan yang rendah kalori merupakan jenis makanan yang banyak dicari karena bisa digunakan sebagai menu makanan bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan dengan diet rendah kalori.

Berat badan yang berlebihan memang menjadi masalah bagi sebagian orang dan diet rendah kalori dipercaya menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk memangkas lemak yang membuat tubuh seseorang menjadi gemuk. Nah, jika kamu penasaran dengan makanan yang rendah kalori yang bisa kamu masukkan dalam menu diet rendah kalori, simak ulasannya di sini, ya!

Daftar Makanan yang Rendah Kalori

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan morbiditas dan mortalitas, serta berhubungan dengan berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes melitus, stroke, hipertensi, dan kanker.

Penurunan berat badan bisa menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2 pada obesitas dan juga gangguan homeostasis glukosa, dan merupakan target untuk mendapatkan efek penurunan faktor risiko. Untuk itu, upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet rendah kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan yang rendah kalori. Berikut ini adalah jenis makanan yang rendah kalori yang bisa digunakan untuk berdiet.

Official Store Pyfa Health

1. Kentang

Bagi yang sedang ingin berdiet, kentang rebus atau kentang panggang merupakan opsi makanan rendah kalori yang bisa dijadikan alternatif pengganti nasi. Kentang yang kaya akan karbohidrat dan juga serat ini terbukti mengenyangkan, tidak kalah dengan nasi putih yang dijadikan makanan pokok di Indonesia.

2. Dada ayam

Dada ayam tanpa lemak merupakan makanan rendah kalori yang merupakan sumber protein, niacin, selenium, dan juga vitamin B2 yang baik bagi kesehatan tubuh. Pada 85 gram dada ayam yang belum dimasak terkandung 100 kalori yang cocok untuk diet rendah kalori.

Untuk menjaga kalorinya tetap rendah, kamu bisa memasaknya menjadi sup yang bisa ditambahkan aneka sayur segar seperti brokoli, wortel, dan kacang kapri yang meningkatkan kandungan vitaminnya.

3. Sayur bayam, kale, dan brokoli

Jenis sayuran yang berdaun hijau gelap seperti bayam, kale, dan brokoli adalah jenis sayuran yang termasuk dalam super food dan kaya akan kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, dan juga serat. Kandungan serat yang tinggi dan juga kalori yang rendah menjadikan sayuran ini sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang diet rendah kalori.

4. Udang

Siapa bilang diet rendah kalori tidak bisa makan enak? Udang merupakan salah satu jenis makanan rendah kalori yang bisa kamu masukkan ke dalam menu salad sayur, yang bisa diolah dengan cara pan fried agar tak menambah kalori di dalamnya.

Dalam 4 buah udang yang berukuran sedang, hanya terkandung jumlah kalori sebesar 26 kalori. Tidak hanya rendah kalori, udang juga mengandung protein, selenium, niacin, dan vitamin B12 yang tinggi.

5. Semangka

Buah semangka adalah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk berdiet karena rendah kalori dan kaya dengan air dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan kulit dan mendukung metabolisme tubuh. Dalam 125 gram semangka, terdapat kalori sebesar 46 kalori saja, cocok sekali untuk camilan sehat saat diet.

Diet dengan membatasi asupan kalori melalui makanan yang rendah kalori memang terbukti cukup ampuh untuk bisa menurunkan berat badan. Rekomendasi asupan kalori harian adalah 1.000-1.500 kkal per hari dalam diet rendah kalori, dan tidak direkomendasikan kurang dari itu karena justru bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya.
Semoga informasi mengenai makanan yang rendah kalori di atas membantu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *