• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Zinc

7 Makanan yang Mengandung Zinc yang Harus Kamu Tahu

Makanan yang Mengandung Zinc – Salah satu jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah zinc. Mineral satu ini sayangnya belum bisa diproduksi oleh tubuh. Padahal, zinc sendiri memiliki beragam manfaat untuk tubuh, mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga pembentukan sel, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga memecah karbohidrat.

Untuk memenuhi jenis mineral ini, kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan zinc. Lantas, apa saja jenis makanan yang mengandung zinc itu? Temukan jawabannya di bawah ini.

Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketahui apa saja makanan yang mengandung zinc berikut ini.

1. Kentang

Makanan yang mengandung zinc yang pertama adalah kentang. Meski umumnya jenis sayuran tidak memiliki kandungan zinc yang besar, namun beberapa sayuran seperti kentang, masih memiliki kadar zinc yang cukup. Setidaknya satu buah kentang mengandung 1 miligram zinc.

Official Store Pyfa Health

Bagi kamu yang vegetarian, kentang dan sayuran lain yang mengandung zinc juga cocok untuk memenuhi asupan zinc untuk tubuhmu. Meski demikian, sayuran adalah makanan sehat yang bisa membantu kamu untuk terus menjaga kesehatan tubuh yang optimal.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol, Apa Saja?

2. Kale

Jenis sayuran lainnya yang ternyata menyimpan kandungan zinc yang cukup adalah kale. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau ini adalah makanan yang mengandung mineral zinc yang baik untuk tubuh. Perlu diketahui, pada 100 gram kale, terdapat 3% rekomendasi asupan harian zinc yang dikandungnya.

3. Daging merah

Makanan yang mengandung zinc selanjutnya adalah daging merah. Perlu diketahui, bahwa dalam 100 gram daging merah mengandung 4,8 miligram zinc. Tak hanya itu saja, daging merah juga menjadi sumber zat besi, kreatin, dan vitamin B yang baik. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi daging merah, namun tentunya dalam batas wajar, ya!

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

4. Produk olahan susu

Produk-produk olahan susu seperti yoghurt dan keju menjadi makanan mengandung zinc yang sangat lezat. Terlebih lagi, kandungan zinc yang ada di dalam produk susu, lebih mudah diserap oleh tubuh.

Setidaknya, sekitar 100 gram keju Cheddar ternyata mengandung 28% kebutuhan harian zinc dan 1 gelas susu mengandung 9% kebutuhan harian zinc.

Kandungan dalam produk-produk olahan susu ini juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, yakni protein, kalsium, dan vitamin D.

5. Telur

Telur juga menjadi salah satu makanan yang mengandung zinc yang disukai hampir setiap orang. Pada sebuah butir telur besar mengandung 5% kebutuhan harian zinc kamu. Bahkan, tak hanya itu saja, telur juga mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak baik, hingga 77 kalori.

6. Kerang-kerangan

Makanan yang mengandung zinc selanjutnya adalah kerang. Pada sekitar 6 kerang saja sudah mengandung 32 miligram zinc.

Namun, tentunya mengonsumsi kerang tidak boleh berlebihan, ya. Untuk wanita yang sedang hamil, lebih baik memasak dulu kerang-kerang itu hingga matang sempurna. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk menghindari keracunan makanan.

7. Biji-bijian

Kamu juga bisa mengonsumsi jenis biji-bijian utuh seperti quinoa hingga nasi untuk mendapatkan asupan zinc untuk tubuh. Bukan hanya zinc saja, biji-bijian utuh juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti serat, vitamin B, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, dan selenium.

Apabila kamu mengonsumsi gandum utuh, seringkali diasosiasikan dengan umur panjang dan manfaat kesehatan lainnya, seperti berkurangnya risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi.

Nah, itulah tujuh makanan yang mengandung zinc. Penuhi juga kebutuhan mineral lainnya untuk tubuh agar selalu seimbang. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Mineral

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *