• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Zinc

5 Makanan yang Mengandung Zinc dan Mudah Ditemukan

Makanan yang Mengandung Zinc – Makanan yang mengandung zinc ternyata bisa kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Zinc merupakan salah satu senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, kita harus memenuhi kebutuhan zinc harian dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung zinc.

Apa sajakah makanan yang mengandung zinc dan bisa kita temukan dengan mudah? Simak di sini ulasannya!

Daftar Makanan yang Mengandung Zinc

Kebutuhan asupan zinc harian untuk orang dewasa adalah 11 mg/hari. Zinc atau seng merupakan senyawa yang berguna dalam pembentukan kekebalan tubuh, sehingga kekurangan zinc bisa mengakibatkan melemahnya imun tubuh.

Selain itu, zinc juga berperan dalam proses pertumbuhan sel, termasuk membantu percepatan pemulihan luka, sehingga sangat penting untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, termasuk makanan yang mengandung zinc di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan zinc.

Official Store Pyfa Health

1. Kacang-kacangan

Bagi kamu yang suka snack atau camilan, kamu bisa menggantinya dengan kacang-kacangan yang kaya akan kandungan zinc yang sangat baik bagi kesehatan. Jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan zinc harian antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kacang merah, yang merupakan sumber zinc yang juga kaya serat sehingga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang berdiet. Kacang merah bisa diolah menjadi sajian es atau sup kacang merah yang lezat dan menggugah selera.
  • Kacang tanah, yang merupakan camilan favorit bagi banyak orang ini memiliki kandungan 3,27 mg zinc. Selain itu, kacang tanah juga kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Kacang mete, yang merupakan sajian khas saat Lebaran ini juga kaya akan zinc dan juga kaya akan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit dan infeksi.

2. Biji-bijian

Tidak hanya kacang-kacangan, biji-bijian yang biasa kita jadikan camilan seperti biji waluh, dan juga biji wijen ternyata juga kaya akan kandungan zinc, lho.

Biji waluh atau labu, yang biasa dihidangkan bersama dengan daging buah labu pada sajian kolak mengandung zinc sebesar 6,6 mg dalam 64 gram biji labu. Biji labu juga bisa mencegah lonjakan kadar kolesterol jahat dalam tubuh wanita pada masa menopause karena kandungan fitoestrogen di dalamnya.

Biji wijen, yang bisa kita temukan dalam makanan onde-onde ini ternyata juga merupakan salah satu sumber zinc yang cukup tinggi, yakni sebanyak 7,8 mg zinc terkandung dalam 100 gram biji wijen.

3. Daging

Sumber protein hewani seperti daging ayam, daging ayam, daging bebek, dan daging kalkun merupakan sumber zinc yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tak hanya zinc, namun daging juga kaya akan asam amino, vitamin B complex, dan juga kalori yang berperan penting dalam metabolisme tubuh.

4. Hasil olahan laut

Hasil olahan laut atau yang dikenal sebagai seafood seperti ikan, cumi, udang, tiram, dan kepiting juga merupakan makanan yang kaya akan zinc. Namun, tetap perhatikan asupan makanan hasil laut ya, karena jika terlalu banyak bukan tidak mungkin malah memberi pengaruh yang kurang baik bagi tubuh kita.

5. Sayuran

Salah satu sayuran yang direkomendasikan sebagai sumber zinc adalah bayam. Sayuran yang berdaun gelap ini tidak hanya mengandung zinc, tapi juga kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain bayam, jamur juga merupakan bahan makanan lain yang dikenal mengandung zinc yang cukup tinggi. Selain itu, jamur juga mengandung senyawa germanium yang bisa membantu membentuk kekebalan tubuh yang baik.

Itulah beberapa makanan yang mengandung zinc yang bisa kita temukan di sekitar kita maupun di pasaran. Semoga bermanfaat, ya!

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Zinc

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *