• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Vitamin K

10 Makanan yang Mengandung Vitamin K

Makanan yang Mengandung Vitamin K –¬†Vitamin K merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Makanan yang mengandung vitamin K berperan penting untuk membantu pemulihan tubuh seperti ketika mengalami luka, pendarahan, atau cedera. Vitamin K termasuk salah satu nutrisi penting untuk menunjang kesehatan.

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit, seperti risiko osteoporosis dan penyakit jantung. Pada kondisi tertentu, kekurangan vitamin ini juga menyebabkan sejumlah tubuh bisa mengalami memar dan luka yang sulit dipulihkan. Karena vitamin ini penting, maka penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin K yang dianjurkan. Nah, berikut ini beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan yang mengandung Vitamin K

Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Inilah 10 makanan yang mengandung vitamin K yang bisa kamu konsumsi.

1. Kale

Kale mengandung 565 mcg vitamin K dalam setiap 1/2 gelasnya. Kale merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin K tinggi. Selain vitamin K, sayuran ini juga kaya akan kalsium, kalium, dan folat.

Official Store Pyfa Health

Bentuk vitamin K di dalam kale adalah K1, yang berarti bisa membantu tubuh mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Kandungan antioksidan di dalamnya, yaitu quercetin dan kaempferol juga memiliki banyak manfaat yang menguntungkan untuk membantu menjaga kesehatan.

2. Bayam

Contoh makanan yang mengandung vitamin K tinggi berikutnya adalah bayam. Bayam mengandung vitamin K sebanyak 444 mcg per 1/2 gelas. Selain bayam, sayuran ini juga memiliki vitamin A, B dan E, magnesium, folat, dan juga zat besi.

Bayam memiliki banyak senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam memiliki manfaat yang tidak kalah unik, yaitu bisa mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

3. Brokoli

Sayuran brokoli mengandung 110 mcg vitamin K per 1/2 cangkirnya. Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, besi, vitamin C, dan K1. Brokoli juga rendah akan kandungan karbohidrat, sehingga mudah dicerna namun tetap bisa memberikan serat yang cukup. Kondisi ini tentunya baik untuk membantu meningkatkan kesehatan usus.

4. Lobak

Lobak merupakan salah satu contoh sayuran yang mengandung vitamin K cukup tinggi. Sayuran lobak mengandung 425 mcg vitamin K dalam setiap 1/2 gelasnya.

Selain kaya akan vitamin K, lobak juga tinggi akan kalsium, yang berarti sayuran ini bisa membantu memperkuat tulang dan mendukung perkembangannya. Mengonsumsi cukup vitamin K dapat berperan baik untuk mendukung penyerapan kalsium, sehingga peran kalsium untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan tulang bisa lebih maksimal.

Di sisi lain, sayuran ini juga kaya akan serat dan air, sehingga baik untuk kau yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Daun parsley

Contoh makanan atau sayuran yang mengandung vitamin K berikutnya adalah daun parsley. Daun ini merupakan jenis daun yang berasal dari Mediterania yang mengandung vitamin K hingga 520 mcg / 125 ml-nya. Selain itu, mengonsumsi daun parsley secara rutin juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin A, B12, C, dan K.

Salah satu manfaat dari daun ini yaitu bisa mengontrol tekanan darah dan memenuhi kandungan asam folat, sehingga baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Di sisi lain, daun ini juga berperan untuk memperlancar sistem pencernaan dan menghambat pertumbuhan jaringan tumor.

6. Sawi hijau

Sawi hijau merupakan salah satu contoh dari makanan lainnya yang mengandung vitamin K tinggi. Sawi hijau memiliki banyak kandungan nutrisi nutrisi dan vitamin. Beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin K, karoten, flavonoid, dan antioksidan.

7. Daun bawang

Daun bawang merupakan salah satu sayuran khas Asia yang memiliki fungsi untuk memperkuat rasa dan aroma, seperti pada hidangan sup atau mie. Daun bawang memiliki ciri khas yang unik, seperti aroma yang tajam dan biasa tumbuh sepanjang musim.

Manfaat daun bawang sendiri antara lain yaitu untuk mencegah ketebalan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, serta menjaga pembuluh darah tetap sehat.

8. Asparagus

Asparagus mengandung vitamin K sebanyak 60 mcg dalam setiap 125 ml. Asparagus merupakan jenis tanaman lily yang bisa menjadi sayuran lezat. Asparagus dapat dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu.

9. Buah delima

Delima merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K cukup tinggi. Setidaknya, buah ini mengandung sekitar 20 mikrogram vitamin K pada setiap buahnya. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus atau es buah.

Selain delima, buah-buahan lain yang juga memiliki kandungan vitamin K, seperti prem, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur.

10. Kacang mete

Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang mete juga dikenal sebagai sumber vitamin K alami. Dalam setiap 30 gram-nya, kamu bisa mendapatkan asupan 10 mikrogram vitamin K. Yang berarti, kamu sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin K hingga 20%. Selain vitamin K, kacang mete juga diperkaya kandungan protein, kalsium, magnesium, dan juga serat.

Jenis kacang-kacangan lainnya yang juga mengandung vitamin K antara lain, kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

Nah, itulah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K. Konsumsi secara teratur dan penuhi kebutuhan vitamin K harian kamu agar kebutuhan nutrisi bisa tercukupi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *