• Banner Blog - Pyfahealth Official Store
Makanan yang Mengandung Vitamin D3

5 Makanan yang Mengandung Vitamin D3 dan Manfaatnya

Makanan yang Mengandung Vitamin D3 – Bicara tentang vitamin, memang tidak ada habisnya. Nutrisi yang merupakan sumber energi tubuh ini ada beragam jenis dan manfaatnya. Dari vitamin A, B, C, D, E, hingga vitamin K.

Pembahasan saat ini akan menguraikan informasi soal vitamin D. Vitamin D dikenal berperan penting untuk kesehatan tulang, kesehatan jantung, otak, sampai sistem kekebalan tubuh.

Nah, sama seperti vitamin B complex, vitamin D juga terbagi lagi dalam beberapa turunan. Ada dua turunan jenisnya yaitu yaitu vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). Tapi, pemanfaatan vitamin D3 lebih direkomendasikan karena lebih efektif untuk meningkatkan kadar Vitamin D secara utuh dalam darah.

Vitamin D3 (Kolekalsiferol)

Kolekalsiferol atau vitamin D3 adalah vitamin yang dapat mendorong penyerapan kalsium dan fosfor untuk tubuh. Kalsium dan fosfor itu adalah nutrisi yang dapat menguatkan tulang. Dengan kata lain, vitamin D3 memiliki andil penting dalam kesehatan tulang.

Vitamin D3 dibutuhkan untuk mencegah dan mengobati tulang keropos (osteoporosis) dengan berkolaborasi bersama kalsium. Atau, sekadar mendorong agar kalsium atau fosfat terserap lebih banyak oleh tubuh, sehingga berada dalam kondisi yang normal. Kadar vitamin D3 normal ini menekan resiko penyakit ginjal dan gangguan seperti hipoparatiroidisme dan pseudohipoparatiroidisme.

Makanan yang Mengandung Vitamin D3

Vitamin D3 sebetulnya dapat diproduksi secara alami, ketika kulit terpapar sinar matahari. Radiasi sinar matahari berbentuk UVB akan memicu senyawa 7-dehidrokolesterol yang ada pada kulit, membentuk vitamin D3. Tapi vitamin D3 juga dapat kamu peroleh dari beberapa makanan berikut.

1. Susu dan produk turunannya

Susu adalah salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin D. Nah, satu cangkir susu kira-kira bisa menyediakan 19 persen dari Recommended Dietary Allowance (RDA) yang dibutuhkan manusia dewasa sehari-hari. RDA juga disebut Indonesia Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam bahasa Indonesia.

Selain susu, produk-produk turunan atau olahan susu juga sama-sama memberikan manfaat. Keju dan yoghurt misalnya. Dengan mengonsumsi makanan seperti ini, tubuh menjalankan fungsi, sesuai dengan manfaat vitamin D3 itu sendiri.

2. Ikan laut seperti ikan salmon, tuna, dan tongkol

Ikan laut itu kaya akan nutrisi, termasuk vitamin D3. Salah satu contohnya yaitu ikan salmon. Di Jepang, ikan ini menjadi makanan favorit karena mengandung gizi tersebut. Di samping itu, rasanya juga lezat.

Kalau kamu rutin mengonsumsi ikan salmon, kamu juga akan memperoleh nutrisi lain. Ikan-ikan laut akan membantu memenuhi kebutuhan asam omega 3 yang diyakini dapat mencegah berbagai penyakit.

Ingin membeli suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin D3 untuk kesehatan tubuh? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfahealth. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Oatmeal

Kalau kamu kurang suka ikan laut, oatmeal juga baik dikonsumsi. Oatmeal akan membantu kamu memperoleh vitamin D3 tambahan untuk tubuh. Bedanya dengan ikan laut, oatmeal cenderung manis rasanya.

Selain mengandung vitamin D3, oatmeal juga memiliki serat yang tinggi. Karena itu, memilih oatmeal sebagai makananmu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kamu yang sedang menjalani diet akan mendapatkan bermacam manfaat yang baik untuk kesehatan.

4. Jamur

Jamur adalah makanan pilihan para vegetarian, yang menjadi alternatif daging. Beruntung kamu hidup di Indonesia, ada bermacam jenis jamur yang bisa kamu konsumsi. Dari jamur kuping sampai jamur tiram. Jamur-jamur ini sering diolah menjadi makanan-makanan yang menggugah selera.

Jamur mengandung vitamin D, seperti makanan lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Di dalam jamur, vitamin D berbentuk anyaman bercabang disebut miselium. Walaupun baik untuk tubuh, kamu jangan sembarangan makan jamur ya. Ada jenis-jenis jamur tertentu yang berbahaya karena mengandung racun.

5. Telur

Telur juga termasuk makanan yang mengandung vitamin D3. Tapi, ada trik tertentu agar kamu memperoleh vitamin D berjumlah besar dari telur ini. Kalau kamu ingin tahu asal usulnya, vitamin D lebih banyak tersedia pada ayam-ayam betina. Itu pun ayam dibiarkan bebas berjalan di pekarangan, bukan dikandangi.

Kalau kamu menemukan telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam liar, kemungkinan besar kandungan vitamin D-nya besar. Menurut beberapa penelitian, kuning telur dari ayam yang aktif bergerak bisa mengandung 30 persen vitamin D lebih tinggi, dibandingkan ayam yang dikurung di dalam kandang.

Beberapa pilihan makanan di atas bisa kamu konsumsi agar kamu mendapatkan vitamin D3. Tapi kamu juga bisa mendapatkannya dari suplemen tambahan. Makanan ataupun suplemen fungsinya sama, untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 dalam tubuh kamu. Simak juga suplemen dan vitamin yang mengandung vitamin D3 berikut ini.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin yang Mengandung Vitamin D3

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *