• All-Product-Pyfahealth-1920-x-745-pxl
Makanan yang Mengandung Vitamin D

5 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Makanan yang Mengandung Vitamin D – Jenis vitamin D merupakan vitamin yang mudah larut dalam lemak. Dengan begitu, vitamin D dapat disimpan serta diambil kembali dari lemak tubuh kita. Mungkin sebagian besar sudah tahu bahwa manfaat vitamin D adalah dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta fosfor. Dengan begitu, tulang dan gigi bisa lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

Untuk bisa mendapatkan sumber vitamin D sebenarnya cukup mudah, yakni berjemur di bawah sinar matahari yang cukup. Melalui bantuan sinar matahari, tubuh kita bisa memproduksi vitamin D. Sayangnya, beberapa orang terkadang tidak bisa menerima sinar matahari karena beberapa faktor seperti cuaca.

Oleh sebab itu, kita harus mencukupi vitamin D melalui sumber makanan. Beberapa rekomendasi makanan yang mengandung vitamin D tinggi adalah sebagai berikut.

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Inilah lima makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsinya agar mendapatkan nutrisi vitamin D yang banyak.

1. Ikan sarden

Sarden adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak mengandung vitamin D. Berdasarkan Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), jika kita mengonsumsi satu ikan sarden, maka bisa memenuhi angka kebutuhan vitamin D yang jumlahnya 193 IU sehari.

Jumlah tersebut bisa dikatakan cukup tinggi dan bahkan hampir seperempatnya dari kebutuhan vitamin D sehari. Untuk mengonsumsi ikan sarden, bisa dari kalengan maupun masih segar.

Baca Juga: Perbedaan Vitamin D dan D3 yang Jarang Diketahui.

2. Ikan salmon

Sumber makanan lainnya adalah ikan salmon. Bisa dikatakan, kandungan vitamin D di dalam ikan salmon lebih banyak dibandingkan ikan sarden. Sebab, dalam 100 gram ikan salmon terkandung 526 IU vitamin D.

Bahkan, untuk jenis ikan salmon liar yang baru ditangkap memiliki jumlah vitamin D sebanyak 988 IU dalam 100 gram. Oleh karena itu, tidak salah kalau menyebut ikan salmon sebagai sumber vitamin D terbaik.

Ingin membeli suplemen dan vitamin D? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Tiram

Tiram merupakan salah satu jenis kerang yang hidup di habitat laut. Tiram sangat rendah kalori dan juga kaya akan nutrisi untuk tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung pada tiram antara lain, vitamin B12, vitamin D, protein, dan mineral yang meliputi tembaga, seng, serta asam lemak omega 3.

Untuk kandungan vitamin D di dalam tiram bisa mencapai 320 IU pada setiap 3,5 ons atau 100 gram. Bisa dikatakan, jumlah tersebut lumayan dan bisa menjadi alternatif untuk kamu yang mencari sumber vitamin D.

4. Udang

Makanan laut lainnya yang memiliki vitamin D tinggi adalah udang. Tidak hanya rasanya yang gurih dan lezat, udang juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Beberapa nutrisi tersebut meliputi vitamin D dan juga protein.

Di dalam 4 ons udang yang telah direbus, terkandung 100% selenium, 75% vitamin B12, 50% fosfor, 30% kolin, tembaga, asam lemak omega 3, yodium, serta vitamin D yang mencapai 25%. Meskipun “hanya” 25%, namun jumlah tersebut termasuk cukup untuk kebutuhan vitamin D di dalam tubuh.

5. Jamur

Selain makanan laut yang sudah mendominasi sejak poin pertama, kini ada makanan yang mungkin tidak diduga banyak orang, yakni jamur. Ternyata jamur memiliki kemampuan sintesis vitamin D ketika terkena sinar matahari. Dengan begitu, jamur pun bisa memproduksi vitamin D yang cukup banyak.

Baca Juga: Sinar Matahari Mengandung Vitamin Apa? Ini Jawabannya.

Namun, tidak semua jamur memiliki kandungan vitamin D. Hanya jenis jamur aman dikonsumsi saja yang banyak vitamin D. Untuk satu porsi jamur sekitar 100 gram mengandung 2.300 IU vitamin D. Perlu diperhatikan bahwa jamur yang dikembangbiakan dengan sinar matahari yang cukup memiliki kandungan vitamin D yang banyak dibandingkan tumbuh secara liar.

Nah, itulah lima makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin D

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *