• shopee-bigramadhansale-1920x745
Makanan yang Mengandung Protein Nabati

6 Jenis Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Makanan yang Mengandung Protein Nabati – Untuk kamu yang seorang vegetarian, maka harus menghindari makanan jenis daging-dagingan. Sebagai penggantinya, makanan yang mengandung protein nabati adalah pilihan terbaik. Sebenarnya, mengonsumsi sumber protein nabati bisa memberikan keuntungan. Contohnya seperti menurunkan resiko penyakit jantung, obesitas, dan juga diabetes.

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Nabati

Lalu, bagaimana mendapatkan protein apabila tidak mengonsumsi daging? Jawabannya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati tinggi. Contoh makanan yang memiliki sumber protein nabati tinggi adalah sebagai berikut.

1. Tempe

Tempe merupakan jenis makanan populer yang juga terkenal mengandung sumber protein nabati. Makanan yang merupakan olahan fermentasi kedelai ini mengandung banyak nutrisi. Contohnya saja dalam 100 gram tempe terkandung 201 kkal energi, 20,8 gram protein, 8,8 gram lemak, 13,5 gram karbohidrat, hingga terkandung banyak vitamin dan zat besi.

Dari sisi harganya pun terbilang cukup terjangkau. Kamu bisa berkreasi dari tempe. Mulai dari digoreng biasa, semur, atau bahkan dijadikan bakso.

Official Store Pyfa Health

2. Tahu

Setelah tempe, maka jenis makanan selanjutnya adalah tahu. Bisa dikatakan, tahu merupakan makanan yang cukup rendah kalori, yakni sekitar 70 kkal, 0% kolesterol, dan 1% sodium. Di dalam tahu juga terdapat banyak sumber lainnya seperti protein, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan juga selenium.

Kamu bisa membuat tahu dalam berbagai masakan. Contohnya seperti pepes tahu, tumisan, sayur, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, panganan tahu termasuk populer di Indonesia.

3. Bayam

Masuk ke dalam jenis sayuran, yakni bayam. Pada dasarnya, sayuran tidak memiliki kandungan protein yang cukup banyak layaknya kacang atau biji-bijian. Namun, sedikit pengecualian pada beberapa sayuran yang mempunyai nutrisi cukup banyak. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran tersebut.

Pada bayam yang jumlahnya 100 gram, terkandung 2,4 gram serat pangan dan 3 gram protein. Selain itu, di dalam bayam juga terdapat berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan juga zat besi.

4. Brokoli

Selain bayam, brokoli juga memiliki sumber nabati yang cukup banyak dan juga serat. Kandungan protein nabati pada brokoli bisa dikatakan cukup banyak. Contohnya saja di dalam 100 gram brokoli yang sudah direbus, terdapat 2 gram protein, 4 mg kalsium, 67 mcg fosfor, 31% vitamin A, dan juga 108 mcg folat. Pada brokoli juga terkandung sulforaphane yang merupakan senyawa antikanker.

5. Kentang

Kentang termasuk makanan yang mengandung protein nabati. Untuk satu buah kentang yang berukuran sedang atau sekitar 150 gram, mengandung 4 gram protein. Selain itu, di dalam kentang juga kandung nutrisi lainnya seperti kalium yang dapat membuat jantung semakin sehat.

Agar bisa mendapatkan kandungan protein nabati lebih dari kentang, maka jangan masak kentang dengan cara digoreng. Akan tetapi, ganti dengan merebus atau bisa juga dipanggang.

6. Alpukat

Pada deretan buah-buahan, ada pula alpukat. Buah yang satu ini begitu lezat dan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan protein. Untuk setengah buah alpukat segar yang memiliki ukuran sedang, terkandung lemak sebanyak 77%, karbohidrat 19%, dan juga protein sebanyak 4%.

Karena buah-buahan, kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung saat matang atau bisa juga dibuat jus. Selain itu, kamu bisa memasaknya dengan tambahan buah lain. Contohnya seperti tomat, jeruk nipis, dan berbagai buah lainnya. Selain menyegarkan, tubuhmu juga mendapatkan banyak nutrisi lebih.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang mengandung protein nabati. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *